Seni Grafis: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

seni grafis adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Seni grafis adalah salah satu cabang seni rupa yang dimana proses pembuatan ini banyak memanfaatkan teknologi komputer maupun teknik cetak.

Media yang sering digunakan untuk seni grafis ini biasanya menggunakan kertas atau kain. Seni grafis dapat kalian temukan di koran, majalah, papan reklame maupun pakaian.

seni grafis adalah

Pengertian Seni Grafis

Seni grafis atau grafika juga berasal dari bahasa yunani yaitu Graphein yang berarti menulis.

Seni grafis juga sering digunakan untuk mengungkapkan gagasan ataupun sebagai media ekspresi atau visualisaasi gagasan atau ide pada hal yang menarik perhatian.

Media yang dipakai untuk berkarya yaitu cat air, pastel minyak, cat minyak maupun pigmen padat yang larut air.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi kini justru lebih familiar dan identik dengan istilah desain grafis. Artinya, seni sekarang sudah mengalami pergeseran yang dulunya bagian dari seni rupa murni kini menjadi bagian seni rupa terapan.

Fungsi Seni Grafis

Fungsi dari seni grafis adalah sebagai berikut:

1. Menambah Nilai Keindahan

Seni grafis dapat menambah nilai keindahan sebuah media. Jila seni grafis diterapkan pada sebuah baju kaos.

Maka seni tersebut dapat menambah keindahan baju kaos itu. Sifatnya yang dua dimensi membuat seni ini dapat memperindah banyak media.

2. Menyampaikan Pesan

Jenis seni ini juga dapat digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan bagi yang melihat.

Pesan tersebut bersifat tersirat yang disematkan oleh para seniman dalam sebuah torehan seni.

3. Ungkapan Ekspresi Seni

Seniman terkadang membutuhkan suatu cara untuk mengungkapkan ekspresi seni, seni grafis ini mampu menyalurkan ekspresi seni tersebut dengan baik.

4. Menyalurkan Hobi

Seseorang yang hobi atau suka melakukan kegiatan kreatif, biasanya menyalurkan hobinya untuk membuat desain grafis.

5. Menambah Penghasilan

Fungsi yang satu ini menjadi fungsi komersil sehingga tidak dapat dihindari. Sebab, desain sudah semakin memiliki harga jual yang lumayan tinggi dan terutama untuk pembuatan sebagai media promosi atau buat keperluan cover buku.

Baca juga:  Peran dan Manfaat Adanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Jenis-Jenis Seni Grafis

1. Cetak Saring (Silkscreen)

Cetak saring dikenal dengan cetak sablon. Jenis seni grafis ini sering dipakai sehingga sangat terkenal. Tekniknya menggunakan media cetak khusus dari screen yang bersifat halus dan elastis.

Cetak saring sering ditemui untuk membuat spanduk, kaos, poster, baliho dan sebagainya. Namun teknologi cetak saring sudah berkembang, sehingga kini dapat menggunakan printer untuk sablon kain.

2. Cetak Datar (Lithography)

Litography merupakan salah satu jenis seni cetak datar yang penulisannya dilakukan di atas batu, misalnya batu kapur.

Langkah awal untuk menerapkan teknik ini yaitu dengan melukis motif di atas batu. Lalu, batu diwarnai menggunakan pewarna dan media cetakan diletakkan di atas ukiran. Biasanya media cetakan yang dipakai adalah kertas. Teknik ini diterapkan oleh para seniman seperti Odilon Redon, Pablo Picasso dan Joan Miro.

3. Cetak Tinggi (Woodcut)

Teknik cetak tinggi atau teknik woodcut disebut juga dengan cetak timbul.  Fungsi teknik ini supaya pada bagian permukaan media cetak dapat muncul gambar timbul. Contoh aplikasinya adalah pada stempel.

Pada stempel bagian bawah terdapat bagian yang dicetak timbul. Bagian itulah yang nantinya menjadi tempat tinta sehingga saat stempel ditekankan pada kertas membentuk sebuah gambar.

4. Cetak Dalam

Teknik cetak dalam dikenal dengan istilah teknik intaglio. Pembuatan desain grafis ini dengan cara menggoreskan motif ke lempengan logam memakai benda tumpul. Bahan lempengan logam yang digunakan antara lain seng, aluminium, tembaga, kuningan, besi dan lain-lain.

Terdapat empat macam sub-teknik dari cetak dalam, diantaranya sebagai berikut:

  • Engrafing

Alat yang digunakan pada teknik ini adalah burin, sedangkan medianya menggunakan logam. Langkah membuatnya yaitu, pertama ukir logam dengan burin. Kedua, oleskan cat pada permukaan logam.

Ketiga, bersihkan cat sehingga cat hanya terdapat pada sisi yang diukir. Terakhir, press ukiran pada media cetak kain atau kertas agar memperoleh motif ukirannya.

  • Etsa

Etsa dikenal dengan istilah Etching yang merupakan salah satu jenis teknik cetak dalam yang memakai media ukir berupa tembaga. Caranya yaitu pertama, tutup permukaan tembaga menggunakan lilin. Kedua, ukir permukaan lilin memakai jarum etsa sampai permukaan tembaga tampak.

Baca juga:  Algoritma: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contoh Pemanfaatannya

Ketiga, rendam permukaan tembaga yang tergores menggunakan cairan asam. Tujuannya supaya pada permukaan yang tergores terjadi korosi. Keempat, lilin dibersihkan lalu dicetak ke kertas.

  • Mezzotint

Prinsip kerja teknik ini yaitu, permukaan logam dikerok agar tampak menjadi gelap terang. Selain itu, pada beberapa sisi gambar dibuat kasar. Biasanya, teknik ini diterapkan untuk mencetak foto.

  • Drypoint

Teknik ini mempunyai kemiripan dengan engraving, yaitu dengan mengukir pada permukaan logam. Perbedaannya terletak pada alat yang digunakan untuk mengukir. Pada drypoint menggunakan alat runcing sedangkan engraving menggunakan burin.

5. Cetak foto

Teknik cetak foto merupakan teknik modern yang mana Anda dapat memperoleh gambar cetakan dengan memakai kamera. Proses pada teknik ini mencakup pencucian film dan pencetakan foto.

6. Cetak Kolagrafi

Langkah kerja pada teknik ini dimulai dengan motif cetakan diletakkan di bawah kertas. Lalu, Anda cat atau arsir kertas memakai pensil dengan penekanan.

Selanjutnya, Anda lepas kertas dari cetakan sehingga hasilnya objek gambar timbul, sedangkan sisi yang tidak bergambar menjadi cekung.

7. Cetak Stensil

Cara kerja teknik stensil yaitu dengan memotong kertas sesuai dengan motif yang diinginkan, lalu ditempel ke media cetak.

Setelah selesai ditempel, media cetak akan dicat atau disemprot dengan cat semprot. Lalu setelah cat kering, kertas tersebut akan dilepas jadi meninggalkan motif di media cetakkan.

Contoh Seni Grafis

  • Poster
  • Sablon
seni grafis adalah
seni grafis adalah

Itulah penjelasan singkat mengenai Seni Grafis adalah beserta yang ada didalamnya, yang dapat kamu ketahui dan pelajari lebih jelas. Semoga bermanfaat!

Tertarik dunia sains dan kepenulisan.

Be the first to comment

Leave a Reply