Seminar: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya [Lengkap]

seminar adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Seminar adalah kegiatan yang dapat dilakukan sebagai proses untuk memecahkan suatu masalah, atau proses menemukan solusi yang biasanya diangkat dari hasil sebuah penelitian atau literature.

Akhir-akhir kata seminar menjadi sangat umum di masyarakat, hal ini diarenakan karena perkembangan masyarakat yang semakin cepat serta didukung oleh perkembangan Pendidikan yang semakin luas. Seminar memiliki banyak jenis, biasanya dikaitkan dengan pertemuan formal yang memiliki tujuan menyelesaikan suatu masalah.

Dari segi etimologi kata, istilah seminar berasal dari bahasa Latin, yaitu seminarium yang artinya adalah tanah tempat menanan benih.

Kalimat tersebut tidak untuk dipahami secara harafiah, melainkan sebuah bentuk kalimat konotasi, dimana artinya lebih kepada bentuk pengajaran akademis maupun pembentukan diri yang dilaksanakan oleh suatu komunitas maupun organisasi pendidikan.

Definisi seminar menurut ahli

Webster’s Dictionary of Unabridged

Seminar ialah sekelompok mahasiswa yang dibimbing untuk melakukan suatu penelitian atau pembelajaran secara mendalam

Oxford Advanced Dictionary

Seminar merupakan suatu bentuk pembelajaran di sekolah atau universitas yang dilakukan dengan cara mengkaji permasalahan dan mendiskusikannya dengan seorang profesor atau orang yang ahli di bidangnya.

Rusland Ahmadi

Seminar yakni salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sebagai proses untuk memecahkan suatu masalah, atau proses menemukan solusi yang biasanya diangkat dari hasil sebuah penelitian atau literature.

Disimpulkan dari beberapa pengertian diatas, tentunya seminar tergolong pada acara  yang formal.

Pada umumnya acara  formal cenderung terstruktur dan diadakan dengan rencana yang matang.

Ciri-Ciri Seminar

  • Berbentuk forum ialah pada umumnya kegiatan seminar berbentuk forum interaksi yang melibatkan sejumlah audiens sehingga terjadi komunikasi dua arah terhadap materi yang disampaikan.
  • Mengacu pada makalah yaitu pembahasan materi seminar mengacu pada makalah atau kerta kerja yang telah disusun dan disajikan oleh para pembicara.
  • Membahas isu ilmiah yakni setiap kegiatan seminar selalu mengangkat isu ilmiah yang aktual sebagai bahan untuk didiskusikan.
  • Adanya komunikasi dua arah yang memungkinkan adanya feedback dari peserta dan penyedia acara sehingga munculah solusi.

Tujuan Seminar

Seperti pada definisinya, seminar adalah pertemuan untuk menyelesaikan masalah dan menemukan solusi.

Tentunya terdapat tujuan yang lebih terperici dari diadakanya suatu seminar, yaitu antara lain:

  • Menyampaikan aspirasi dan ide kepada peserta  seminar sehingga peserta seminar mendapatkan informasi dan informasi yang disampaikan tersebar kepada khalayak yang lebih luas.Fungsi seminar secara umum adalah sebagai media untuk menyampaikan.
  • Dalam seminar biasanya terdapat kesimpulan dan solusi dari permasalahan yang dibahas. Solusi dari seminar tersebut diharapkan dapat diaplikasikan oleh peserta dalam kehidupanya.
  • Seminar juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, sehingga tidak jarang kita menemui seminar bersertifikat. Tujuanya adalah menambah kualifikasi peserta karena telah mendapatkan suatu ilmu dan pengetauhan baru.

Terlepas dari tujuan seminar yang lebih mengarah pada tujuan pembuatan acara, fungsi seminar justru lebih mengarah pada peserta seminar.  Berikut ini merupakan fungsi dari seminar:

Baca juga:  Analisis Adalah – Pengertian, Jenis, dan Tujuan [LENGKAP]

Fungsi Seminar

  • Untuk menyampaikan suatu pokok gagasan atau sesuatu hal baru kepada khalayak umum atau para peserta seminar.
  • Diharapkan para peserta yang mengikutinya dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan baru yang nantinya dapat dikembangkan lagi untuk menyelesaikan masalah.
  • Sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat yang ditujukan untuk mendapatkan suatu pengakuan atau kualifikasi dalam pekerjaan.
  • Tempat mencari ilmu.
  • Tempat menambah relasi, teman, network.
  • Menambah fortofolio.
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Salah satu cara bersosialisai dalam forum resmi.

Dalam mengadakan seminar perlu beberapa unsur yang harus dipenuhi agar seminar tersebut bisa berjalan lancar, diantaranya seperti  pembicara hingga perhitungan waktu harus di organisir agar seminar maksimal. Dibawah ini penjelasan mengenai unsur-unsur seminar.

Unsur-Unsur Seminar

1. Materi yang Dibahas

Suatu seminar tidak bisa berjalan tanpa  adanya  pembahasan. Materi ini merupakan inti dari diadakannya seminar.

Materi ini bisa berupa  informasi  hingga rumusan masalah yang akan diselesaikan dalam seminar.

2. Ada pihak yang terlibat

Penyelenggaraan seminar memerlukan beberapa pihak yang terlibat yaitu

  • Pembawa Acara
    Pembawa acara atau master of ceremony adalah pihak yang membuka seminar, memperkenalkan pembicara, moderator hingga notulen dan menutup kegiatan seminar.
  •  Moderator
    Moderator adalah pihak yang bertanggungjawab terhadap proses berjalannya seminar dan mengatur agar seminar berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.
  • Pembicara
    Pembicara atau pemateri adalah pihak yang menyajikan materi seminar yang sesuai dengan keahliannya.
  • Audiens
    Peserta seminar adalah pihak yang menerima presentasi materi seminar dan memberikan tanggapan mengenai isi materi tersebut.
  • Notulen
    Notulen adalah pihak yang bertanggungjawab untuk mencatat dan merangkum hal-hal penting dalam pembahasan materi seminar.

 3. Ada Solusi

Solusi adalah jawaban yang akan Kamu dapatkan usia mengikuti seminar ini. Kesimpulan yang Kamu dapatkan bisa menjadi ilmu pengetahuan baru.

4. Ada Sertifikat

Ini adalah bukti bahwa kamu pernah mengikuti seminar. Selain itu, tujuan dari sertifikat ini adalah bukti bahwa Kamu telah memiliki ilmu baru.

Ilmu ini akan menjadi tambahan kualifikasi profesi Kamu. Untuk mahasiswa bisa dijadikan tambahan kualifikasi kompetensi dalam melamar pekerjaan.

Jenis-Jenis Seminar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa seminar ini memiliki banyak jenis. Seminar-seminar tersebut ditentukan berdasarkan maksud dan tujuan tertentu.

Agar dapat membedakannya dengan lebih cermat lagi, berikut ini adalah jenis-jenis seminar yang penting untuk diketahui.

Seminar Parenting

seminar parenting ini merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi mereka yang telah memiliki peran sebagai orang tua atau orang-orang yang membutuhkan informasi mengenai peran orang tua.

Seminar Nasional

Seminar nasional merupakan seminar berskala nasional yang dilaksanakan oleh lembaga tertentu.

Selain itu, dapat menjalin kerja sama dengan pihak lainnya. Biasanya seminar ini dihadiri oleh banyak pihak seperti peneliti lain hingga masyarakat umum.

Seminar Internasional

Seminar internasional merupakan seminar yang dilaksanakan oleh lembaga tertentu dengan skala internasional.

Lembaga ini dapat menjalin kerja sama dengan sejumlah instansi dalam menyelenggarakan seminar internasional.

Baca juga:  20 Rekomendasi Film Romantis Terbaik (Korea, Indonesia, Barat, dll)

Kegiatan tersebut dapat dihadiri oleh para peneliti dari lingkungan lembaga itu sendiri, instansi dalam maupun luar negeri, dan juga masyarakat umum.

Seminar Skripsi

Ini merupakan seminar yang dilakukan untuk menyampaikan hasil penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing dan dosen penguji.

Seminar ini merupakan syarat untuk menentukan kelulusan.

Seminar Teknologi

Merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan berbasis teknologi.

Dimana sumber informasi yang disampaikan ini dapat meningkatkan wawasan serta pengetahuan seseorang secara luas di bidang pengetahuan dan teknologi.

Seminar Matematika

Seminar matematika merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk memberikan informasi terkait ilmu tentang kuantitas, ruang, struktur, serta perubahan.

Di dalam seminar ini para peserta dapat belajar untuk menemukan pola, merumuskan dugaan baru, serta membangun kebenaran melalui metode yang telah disampaikan.

Seminar Budaya

Seminar budaya merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk memberikan informasi terkait ilmu maupun aspek penting mengenai ilmu budaya.

Selain itu, juga memiliki tujuan untuk mengajak para peserta melestarikan budaya tersebut.

Seminar Pendidikan

Seminar pendidikan merupakan suatu kegiatan untuk menyampaikan karya ilmiah mengenai pendidikan yang telah direncanakan.

Kemudian dipresentasikan sumber atau peneliti di dalam mengambil kesimpulan serta tujuan.

Seminar Keperawatan

Seminar keperawatan merupakan kegiatan pembelajaran maupun pelatihan yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan bekal serta ilmu seputar keperawatan.

Sehingga para peserta yang hadir memiliki kesiapan serta memahami kode etik menjadi seorang perawat.

Seminar Kefarmasian

Seminar kefarmasian merupakan kegiatan pembelajaran maupun pelatihan yang dilakukan untuk menyampaikan ilmu seputar dunia farmasi. Seperti halnya mempelajari cara membuat, mencampur, dan meracik formulasi obat.

Seminar Kesehatan

Seminar kesehatan merupakan kegiatan pembelajaran maupun pelatihan yang dilakukan untuk menyampaikan ilmu seputar bidang kesehatan.

Ilmu yang disampaikan ini mengenai disiplin ilmu terapan untuk menangani kesehatan manusia serta hewan.

Seminar Kewirausahaan

Seminar kewirausahaan merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk menyampaikan informasi seputar peluang usaha, maupun bisnis.

Di dalam seminar ini para peserta dapat mempelajari nilai kemampuan serta perilaku seseorang di dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang usaha.

Tentunya dengan cara untuk menghadapi berbagai resiko yang mungkin dihadapi.

Seminar Nasional Pendidikan

Seminar nasional pendidikan merupakan kegiatan yang dilakukan dengan skala nasional untuk membahas topik maupun disiplin ilmu seputar pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh lembaga tertentu, misalnya saja dinas pendidikan, pusat penelitian, dan lembaga lainnya.

Selain itu, juga dapat menjalin sebuah kerja sama dengan lembaga lainnya.

Seminar Proposal

Merupakan seminar yang dilakukan untuk menyampaikan rencana penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing.

Seminar ini dapat dihadiri oleh dosen-dosen lain serta mahasiswa dari prodi yang sama atau prodi lain. Seminar ini dilakukan sebagai syarat kelulusan.