Public Relations: Pengertian, Tugas, Contoh LENGKAP

Public Relations atau yang sering disingkat PR merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam dunia bisnis dan pemasaran.

PR bertujuan untuk membangun hubungan baik antara perusahaan dengan publiknya, baik itu konsumen, investor, media, atau masyarakat umum.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai tujuan, tugas, tantangan, jenis, serta contoh PR yang baik dan buruk.

Tujuan Public Relations

  1. Membangun citra positif perusahaan
    Tujuan utama dari public relations/PR adalah untuk membangun citra positif perusahaan di mata publik. Dengan citra yang baik, perusahaan dapat menarik lebih banyak konsumen, investor, dan karyawan yang berkualitas.
  2. Meningkatkan kesadaran merek
    PR juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek perusahaan. Dengan meningkatkan kesadaran merek, perusahaan dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan.
  3. Membangun hubungan baik dengan media
    PR juga bertujuan untuk membangun hubungan baik dengan media. Dengan hubungan yang baik, perusahaan dapat memperoleh liputan media yang positif dan meningkatkan visibilitas merek.
  4. Meningkatkan kepercayaan publik
    PR juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan. Dengan kepercayaan yang tinggi, perusahaan dapat mempertahankan pelanggan dan menarik lebih banyak investor.

Tugas dan Tantangan

Tugas public relations

  1. Membuat strategi PR
    Tugas utama public relations / PR adalah membuat strategi PR yang efektif untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi PR harus mencakup berbagai taktik, seperti event, kampanye sosial media, dan hubungan media.
  2. Menjalin hubungan dengan media
    PR juga bertugas menjalin hubungan dengan media. Hal ini meliputi mengirimkan siaran pers, mengatur wawancara, dan memastikan bahwa liputan media tentang perusahaan selalu positif.
  3. Mengelola krisis
    PR juga bertugas mengelola krisis yang mungkin terjadi. Hal ini meliputi merespon kritik dari publik, mengatasi masalah produk, dan memperbaiki citra perusahaan setelah terjadi skandal.
  4. Membuat konten PR
    PR juga bertugas membuat konten PR yang menarik dan informatif. Konten PR dapat berupa artikel, video, atau infografis yang dapat dibagikan di media sosial atau situs web perusahaan.

Tantangan Public Relations

  1. Menjaga citra perusahaan
    Salah satu tantangan terbesar PR adalah menjaga citra perusahaan tetap positif di mata publik. Hal ini dapat menjadi sulit jika terjadi skandal atau krisis yang dapat merusak citra perusahaan.
  2. Menjalin hubungan dengan media
    Menjalin hubungan dengan media juga dapat menjadi tantangan bagi PR. Beberapa media mungkin memiliki pandangan yang berbeda dengan perusahaan, sehingga PR harus dapat menyesuaikan diri dengan berbagai media yang berbeda.
  3. Menangani kritik dari publik
    PR juga harus dapat menangani kritik dari publik dengan bijak. Hal ini meliputi merespon kritik dengan cepat dan efektif, serta memperbaiki citra perusahaan setelah terjadi skandal.
  4. Mengukur efektivitas PR
    PR juga harus dapat mengukur efektivitas kampanye PR yang dilakukan. Hal ini meliputi mengukur jumlah liputan media, meningkatnya kesadaran merek, dan meningkatnya kepercayaan publik.
public relations adalah

Jenis Public Relations

  1. Media Relations
    Media Relations adalah jenis PR yang bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan media. Hal ini meliputi mengirimkan siaran pers, mengatur wawancara, dan memastikan bahwa liputan media tentang perusahaan selalu positif.
  2. Crisis Management
    Crisis Management adalah jenis PR yang bertujuan untuk mengelola krisis yang mungkin terjadi. Hal ini meliputi merespon kritik dari publik, mengatasi masalah produk, dan memperbaiki citra perusahaan setelah terjadi skandal.
  3. Corporate Social Responsibility
    Corporate Social Responsibility adalah jenis PR yang bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan melalui kegiatan sosial. Hal ini meliputi donasi, kampanye sosial, dan kegiatan lingkungan.

Contoh Public Relations yang Baik

  • Coca-Cola
    Coca-Cola adalah salah satu contoh perusahaan yang memiliki PR yang sangat baik. Coca-Cola selalu berusaha untuk membangun hubungan baik dengan publiknya melalui kampanye sosial dan event yang menarik. Selain itu, Coca-Cola juga selalu merespon kritik dari publik dengan cepat dan efektif.
  • Apple
    Apple juga merupakan contoh perusahaan yang memiliki PR yang sangat baik. Apple selalu berusaha untuk membangun citra merek yang positif melalui kampanye iklan yang kreatif dan inovatif. Selain itu, Apple juga selalu merespon kritik dari publik dengan bijak dan efektif.

Contoh Public Relations yang Buruk

  • United Airlines
    United Airlines adalah salah satu contoh perusahaan yang memiliki PR yang buruk. United Airlines sering kali terlibat dalam skandal yang merusak citra perusahaan, seperti kasus penumpang yang dipaksa keluar dari pesawat. Selain itu, United Airlines juga sering kali merespon kritik dari publik dengan lambat dan tidak efektif.
  • BP
    BP juga merupakan contoh perusahaan yang memiliki PR yang buruk. BP terlibat dalam skandal besar pada tahun 2010 ketika terjadi ledakan di rig minyak Deepwater Horizon. BP tidak hanya gagal mengatasi krisis dengan baik, tetapi juga gagal memperbaiki citra perusahaan setelah terjadi skandal.

Artikel Terkait