Sakit Perut Sebelah Kanan: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

penyebab sakit perut sebelah kanan
ilustrasi oleh dribbble.com

Penyebab sakit perut sebelah kanan bisa bermacam-macam bergantung pada gejala dan kondisi medis yang dialami penderita.

Didalam perut sebelah kanan terdapat berbagai macam organ seperti usus halus, ginjal kanan, hati, usus besar dan kandung empedu. Sakit perut yang diderita pada bagian perut yang sakit memiliki penyebab yang berbeda-beda dan banyak kondisi medisnya.

Oleh karena itu, dengan mengenal penyebab dan gejala sakit perut sebelah kanan akan membantu kita dalam mendapatkan penyembuhan.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

penyebab sakit perut sebelah kanan
detik.com

Kondisi berkaitan dengan sakit perut sebelah kanan biasanya disebabkan beberapa hal seperti:

1. Radang usus buntu (apendisitis)

Sakit perut sebelah kanan bawah bisa disebabkan karena adanya radang usus buntu. Sakit perut sebelah kanan bawah bisa dirasakan jika bertambah para saat batuk, bergerak tiba-tiba ataupun berjalan.

Gajala lainnya yaitu mengalami mual dan muntah, nafsu makan berkurang, demam, diare dan kondisi perut yang membengkak.

2. Batu empedu

Kondisi batu empedu tidak selalu dikeluhkan oleh para penderitanya. Nah, biasanya kondisi akan muncul gejalanya bila batu menyumbat pada saluran empedu yang bisa menyebabkan radang.

Batu empedu bisa menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas bahkan bisa sampai ke bahu, punggung dan dada. Gejala yang dialami biasanya diiringi dengan mual dan muntah.

3. Kolesistitis

Kolesistitis adalah peradangan yang terjadi pada kantong empedu dan bisa menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas.

Tidak hanya di bagian perut sebelah kanan saja, rasa sakit ini bisa juga dialami pada perut bagian tengah bahkan menjalar sampai ke bahu kanan dan punggung.

Baca juga:  17 Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar (Paling Romantis dan Menyentuh Hati)

Gejala yang dialami penderita kolesistitis seperti mual, muntah, demam dan rasa lunak di perut saat disentuh. Kondisi ini bisa semakin parah apabila tidak segera ditangani. Oleh karena itu, jika mengalami beberapa gejala diatas segera konsultasikan ke dokter.

4. Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada hati dan bisa menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas.

Gejala yang dialami penderita hepatitis seperti kurangnya nafsu makan, berat badan turun, kulit dan mata menguning, air kencing yang gelap, fases berwarna pucat dan gejala-gejala lainnya seperti flu.

5. Kanker Hati

Penderita kanker hati tidak mengalami gejala saar tahap awal kanker hati. Gejala itu akan muncul saat mengalami rasa sakit perut di bagian sebelah kanan atas.

Gejala yang dialami penderita kanker hati seperti penurunan berat badan , merasa kecapean, fases berwarna putih, mata dan kulit menguning, mual dan muntah, hilang nafsu makan den pembengkakan pada perut.

6. Cholangitis

Cholangitis adalah peradangan pada saluran empeda yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Penyakit ini dikategorikan sebagai salah satu penyakit hati.

Jika anda merasakan sakit perut pada bagian sebelah kanan dan mengalami cholangitis yang sudah cukup lama segara konsultasikan ke dokter.

7. Radang usus dua belas jari (Duodenitis)

Radang usus dua belas jari menyebabkan penderita mengalami sakit perut bagian kanan bawah dan disebabkan karena adanya infeksi bakteri H. pylori.

Gejala yang dialami penderaita seperti mual, muntah, kram perut, rasa nyeri, merasa kenyang padahal baru makan sedikit, gangguan pencenaan dan buang air besar berdarah.

Gejala Sakit Perut Sebelah Kanan

alodokter.com

Apabila mengalami kondisi sakit perut sebelah kanan, segera konsultasikan ke dokter ataupun di pusat pelayanan kesehatan terdekat karena hal ini tidak bisa di remehkan.

Baca juga:  Pengertian Strategi: Tingkat, Jenis, Bisnis, Integrasi, Umum

Gejala-gejala yang dialami seperti:

  1. Demam
  2. Fases berdarah
  3. Rasa nyeri pada dada
  4. Kulit menguning
  5. Perut membengkak
  6. Rasa nyeri saat menyentuh perut
  7. Sering mual dan muntah

Jika mengalami gejala-gejala diatas segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan, apabila tidak ditangani segera bisa menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya.

Cara mengatasinya

Upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan rasa sakit perut ini seperti makan dalam jumlah kecil, tidak mengonsumsi obat-obatan bebas seperti aspirin/ibu profen karena bisa saja memperparah kondisi perut.

Sakit perut yang semakin parah dan berkelanjutan harus segara konsultasikan ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lanjut. Jika diperlukan akan dilakukan tes CT Scan, USG ataupun Rontgen dibagian perut sebelah kanan untuk mendapatkan diagnose dan penyebab sebenaranya.

Demikian penjelasan mengenai sakit perut sebelah kanan lengkap beserta penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • hellosehat.com
  • sehatq.com
  • alodokter.com
Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.