Pengambilan Keputusan : Pengertian, Faktor, Proses dan Dampaknya

pengambilan keputusan adalah
Ilustrasi oleh dribbble.com

Pengambilan keputusan adalah suatu hasil dari proses mental atau kognitif menuju pemilihan dari beberapa pilihan yang ada.

Manusia selalu dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Hal inilah yang membawa manusia mengambil keputusan. Lalu apa itu pengambilan keputusan?

Berikut adalah ulasan lanjut mengenai pengertian, faktor, proses dan dampak pengambilan keputusan.

Pengertian Pengambilan Keputusan

Pengertian dari pengambilan keputusan adalah suatu hasil dari proses mental atau kognitif menuju pemilihan dari beberapa pilihan yang ada.

Sederhananya, jika Anda dihadapkan dengan berbagai pilihan saat ini, maka Anda harus memilih, pilihan mana yang akan Anda ambil. Pilihan final Anda inilah yang disbeut sebagai keputusan Anda.

Output dari pengambilan keputusan bisa berupa tindakan maupun sebuah opini terhadap suatu pilihan.

Pengertian Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya dalam definisi pengambilan keputusan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menurut Suharnan “2005”

Pengambilan keputusan merupakan proses memilih atau menentukan berbagai kemungkinan diantara situasi-situasi yang tidak pasti.

  • Menurut Baron Dan Byre “2008”

Pengambilan keputusan ialah suatu proses melalui kombinasi individu atau kelompok dan mengintegrasikan informasi yang ada dengan tujuan memilih satu dari berbagai kemungkinan tidankan.

  • Menurut Simon “1993”

Merupakan suatu bentuk pemilihan dari berbagai alternatif tindakan yang mungkin dipilih yang prosesnya melalui mekanisme tertentu dengan harapan akan menghasilkan suatu keputusan yang terbaik.

  • Menurut Terry “2003”

Yaitu pemilihan alternatif perilaku dari dua alternatif atau lebih tindakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi melalui pemilihan satu diantara alternatif-alternatif yang memungkinkan.

  • Menurut Wang Dan Ruhe “2007”

Merupakan suatu proses yang memilih pilihan yang lebih disukai atau suatu tindakan dari antara alternatif atas dasar kriteria atau strategi yang diberikan.

  • Menurut Dermawan “2004”

Pengambilan keputusan ialah suatu proses yang dipengaruhi oleh banyak kekuatan termasuk lingkungan organisasi dan pengetahuan, kecakapan dan motivasi. Pengambilan keputusan merupakan ilmu dan seni pemilihan alternatif solusi atau tindakan dari sejumlah alternatif solusi dan tindakan yang berguna menyelesaikan masalah.

  • Menurut Kamus Besar Ilmu Pengetahuan
Baca juga:  Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi [LENGKAP]

Pengambilan keputusan adalah pemilihan keputusan atau kebijakan yang didasarkan atas kriteria tertentu, proses ini meliputi dua atau lebih, alternatif karena seandainya hanya ada satu alternatif tidak ada keputusan yang diambil.

Faktor Pengambilan Keputusan

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengambilan keputusan.

  • Detail wujud

Anda harus memperhatikan detail dari keputusan. Apakah merupakan hal berwujud maupun tidak berwujud. Perhatikan aspek emosional dan rasional dalam proses pengambilan keputusan

  • Fokus pada tujuan

Setiap pengambilan keputusan hendaknya mengingat kembali tujuan bersama. Hal ini akan sangat membantu sinkronisasi keputusan yang di ambil dengan fokus tujuan.

  • Berorientasi untuk kepentingan bersama

Keputusan yang diambil dalam suatu kelompok hendaknya mengedepankan kepentingan bersama. Dengan demikian, hasil dari pengambilan keputusan akan lebih diterima bersama.

  • Menciptakan alternatif

Setiap keputusan penting membawa dampak dan resiko tersendiri bagi kelompok. Untuk mengantisipasi hal ini, maka ciptakanlah pilihan alternatif dalam setiap pengambilan keputusan.

  • Melibatkan tindakan mental dan fisik

Pengambilan keputusan dapat melibatkan secara langsung maupun tidak langsung mental dan fisik. Antisipasi hal ini sehingga tidak terjadi tumpang tindih yang berdampak bagi kepentingan bersama.

  • Keputusan praktis

Diperlukan solusi praktis dalam pengambilan keputusan. Hal ini untuk mendapatkan keputusan praktis dan efisien.

  • Konfirmasi keputusan

Pengambilan keputusan kelompok harus selalu dikonfirmasikan ke semua pihak. Hendaknya setiap keputusan juga dilembagakan sehingga dapat dikonfirmasi bahwa pengambilan keputusan telah dilakukan dengan benar.

Proses Pengambilan Keputusan

Proses pengambilan keputusan menurut Herbert A. Simon meliputi empat tahapan, yaitu:

  • Intelligence

Merupakan tahap awal, yaitu pengumpulan informasi yang diperlukan untuk mengidentifikasi permasalahan.

  • Design

Merancang solusi dalam bentuk alternatif problem solving (pemecahan masalah).

  • Choice

Memilih pihan akhir atau solusi dari alternatif-alternatif pihan yang telah dibuat.

  • Implementation

Melaksanakan keputusan akhir dan melaporkan hasilnya.

Dampak Pengambilan Keputusan

Dalam suatu organisasi atau kelompok, keputusan seorang pemimpin sangatlah penting. Oleh sebab itu, jika Anda seorang pemimpin, maka penting untuk mempertimbangkan secara matang keputusan yang akhirnya akan diambil.

Baca juga:  Arah Mata Angin LENGKAP + Cara Menentukan dan Manfaatnya

Dampak dari mengambil keputusan tergantung dengan hasil keputusan yang diambil apakah selaras dan baik untuk kepentingan bersama. Beberapa diantaranya bisa dijabarkan sebagai berikut.

  • Menguji kapabilitas

Sebagai seorang pemimpin yang berwenang dalam pengambilan keputusan, maka akan diuji kemampuan Anda. Apakah Anda sudah cukup layak dan baik dalam mengambil keputusan. Termasuk apakah keputusan sudah cukup efisien untuk kepentingan bersama.

Jika pengambilan keputusan untuk diri Anda sendiri, maka melalui ini Anda bisa mengukur kemampuan diri Anda dalam menghasilkan keputusan. Apakah keputusan yang Anda hasilkan menguntungkan atau tidak.

  • Menentukan nasib

Manusia selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan untuk menentukan nasibnya di masa sekarang maupun masa mendatang. Keputusan yang baik atau buruk akan mempengaruhi nasib Anda. Oleh sebab itulah, berhati-hatilah ketika hendak membuat suatu keputusan. Pahami segala resiko yang mungkin akan Anda terima jika telah mengambil suatu keputusan.

  • Pihak yang diuntungkan

Untuk siapa saja keputusan yang dibuat menguntungkan. Apakah cukup menguntungkan diri sendiri dalam individu maupun dapat digunakan untuk kepentingan bersama dalam kelompok. Jangan sekali-kali menggunakan kepentingan bersama untuk kepentingan diri sendiri.

  • Tindakan mental dan fisik

Keputusan yang telah dibuat mempengaruhi perubahan tindakan mental dan fisik. Langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan baik secara mental maupun fisik harus diperhatikan dengan baik.

  • Menghadapi masalah

Semakin dewasa maka semakin banyak masalah atau persoalan yang dihadapi. Semakin banyak pula pilihan dan keputusan yang harus diambil dengan bijak. Maka lakukanlah pengambilan keputusan dengan kondisi emosional yang stabil, tenang, dengan kepala dingin sehingga menghasilkan keputusan yang baik dan tepat.


Terimakasih telah membaca artikel Saintif mengenai pengambilan keputusan. Semoga bermanfaat ya!

Referensi:

  • dosenpendidikan.co.id
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material