15+ Oleh-Oleh Khas Makassar yang Paling Populer untuk Dibawa Pulang

ilustrasi oleh dribbble.com

Oleh-oleh khas makasar rekomended antara lain kopi toraja, otak-otak tenggiri, kue kurma, bannang-bannang, kain tenun dan sarung khas bugis, kain sutra sengkang,… dan masih banyak lagi dalam artikel ini.

Sebagai salah satu kota terbesar di kawasan Indonesia bagian timur, Makassar memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan mengunjungi kota ini. Mulai dari wisatawan lokal sampai wisatawan asing terpesona dengan keindahan kota Makassar.

Tidak hanya keindahan alamnya yang membuat jatuh cinta, berbagai macam oleh-oleh khasnya pun ternyata banyak diminati oleh para wisatawan.

Mulai dari makanan hingga souvenir, beberapa oleh-oleh ini sangat disayangkan jika tidak Kamu bawa pulang saat berkunjung ke Makassar.

Berikut oleh-oleh khas makasar yang wajib kamu bawa pulang.

1. Kopi Toraja

Bagi pecinta kopi, oleh-oleh yang satu ini wajib untuk dibawa pulang. Pasalnya, kopi Toraja ini memiliki cita rasa khas yang tidak akan didapatkan dari jenis kopi lain.

Ada tiga jenis kopi yang bisa dipilih untuk Kamu bawa pulang, yaitu kopi Arabica, Robusta, dan Special Blend.

2. Otak-otak Ikan Tenggiri

Mungkin makanan yang satu ini sudah tidak asing karena bisa ditemukan di daerah lain selain Makassar. Namun, otak-otak ikan khas Makassar ini memiliki ciri khas yang berbeda, yakni bahan dasarnya yang menggunakan ikan tenggiri.

Untuk mendapatkan oleh-oleh ini, Kamu bisa mendapatkannya di sepanjang Pantai Losari, dan jika ingin lebih mudah Kamu bisa mengunjungi otak-otak Ibu Elly atau otak-otak Ibu Sanny yang terkenal dengan rasa otak-otaknya yang enak.

Oiya, pilih otak-otak yang masih fresh ya jika jarak tempuhnya jauh.

3. Kue Kurma

Meskipun bernama kue kurma, camilan yang satu ini nyatanya bukan terbuat dari kurma. Kue kurma dibuat dari campuran bahan mentega, telur, maizena dan tepung terigu yang dibalur karamel sehingga menyerupai kurma.

Rasa khas dari kue kurma cenderung gurih manis karena perpaduan karamel dan kacang pada permukaannya.

4. Bannang-bannang

Kue yang menyerupai benang kusut ini merupakan kue khas Makassar yang biasanya disajikan pada saat pesta pernikahan.

Hingga saat ini Bannang-bannang masih diproduksi secara tradisional sehingga cita rasa aslinya yang legit manis masih tetap terjaga.

5. Kain Tenun dan Sarung Khas Bugis

Jika Kamu mencari oleh-oleh yang tidak mudah basi, kain tenun dan sarung khas Bugis bisa dijadikan opsi untuk kamu bawa pulang. Kain tenun dan sarung khas Bugis memiliki corak yang cerah, unik, dan menarik.

Oleh-oleh ini bisa didapatkan mulai dari harga 20 ribuan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis bahan yang Kamu pilih.

6. Kain Sutra Sengkang

Masih seputar kain, kain sutra sengkang juga merupakan salah satu oleh-oleh yang cukup diminati wisatawan.

Kain ini terbuat dari sutra asli sehingga harganya bisa mencapai jutaan. Namun ada juga kain semi-sutra yang harganya cenderung lebih murah dibandingkan sutra asli.

7. Kacang Disco Makassar

Oleh-oleh khas yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh andalan dari Makassar. Cita rasanya yang gurih dan renyah membuat camilan ini banyak dicari oleh wisatawan.

Kacang Disco Makassar cukup mudah ditemukan di toko oleh-oleh dengan harga yang ditawarkan mulai dari 20 ribuan.

8. Abon Raos

oleh oleh khas makasar

Lauk yang berbahan dasar daging sapi ini sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat.

Meskipun berbahan dasar daging sapi, abon raos memiliki tekstur dan cita rasa yang berbeda dibandingkan abon pada umumnya. Untuk mendapatkan Abon raos, Kamu bisa membelinya di toko pusat oleh-oleh khas Makassar.

9. Kerupuk Jintan

oleh oleh khas makasar

Camilan yang satu ini sangat sayang jika terlewatkan. Meskipun memiliki bentuk seperti kue kering, Kerupuk Jintan memiliki tekstur renyah seperti kerupuk sehingga dinamakan Kerupuk Jintan.

Keunikan dari Kerupuk Jintan adalah campuran Jintan hitam pada adonan yang memberikan rasa khas tersendiri.

10. Dangke

oleh oleh khas makasar

Makanan yang berasal dari olahan susu kerbau fermentasi bercita rasa unik ini sangat cocok disajikan dengan sepiring nasi hangat dan sambal khas Makassar.

Selain rasanya yang unik, Dangke juga hanya bisa Kamu temukan di daerah Enrekang, yakni daerah yang dikenal dengan penghasil susu kerbau.

11. Handicraft Toraja

oleh oleh khas makasar

Handicraft Toraja adalah cenderamata khas Makassar, seperti ukiran kayu, gantungan kunci, tempat tisu, baju khas Toraja, dan lain-lain.

Selain unik, harga yang ditawarkan untuk oleh-oleh ini pun beragam, tergantung jenis bahan dan kerumitan cenderamata yang Kamu pilih.

12. Sirup Markisa

oleh oleh khas makasar

Tidak hanya di kota Medan, Kamu juga bisa menemukan Sirup Markisa di kota Makassar.

Sirup ini terbuat dari buah markisa asli sehingga rasa yang dihasilkan berbeda dengan sirup-sirup yang banyak beredar di pasaran. Sirup Markisa bisa Kamu temukan di pusat oleh-oleh khas Makassar.

13. Sirup DHT

oleh oleh khas makasar

Selain sirup markisa, Kamu juga bisa menemukan sirup DHT di Makassar. Sirup yang memiliki rasa menyerupai pisang Ambon ini merupakan salah satu andalan buah tangan dari Makassar.

Uniknya, kemasan dari sirup ini tidak pernah mengalami perubahan dari zaman dahulu.

14. Kacang Sembunyi

oleh oleh khas makasar

Seperti namanya, jajanan khas Makassar ini terbuat dari kacang tanah yang dibalut tepung sehingga menghasilkan rasa yang gurih.

Camilan ini cocok untuk teman berbagai suasana. Untuk mendapatkan camilan ini, kamu bisa mengunjungi pasar tradisional di Makassar, atau pusat oleh-oleh.

15. Baruasa

oleh oleh khas makasar

Baruasa adalah kue berbentuk bulat yang terbuat dari kelapa parut, tepung beras, dan telur. Biasanya kue ini disajikan saat acara-acara penting seperti lebaran dan pernikahan.

Kue Baruasa ini cukup murah dan bisa Kamu temukan dengan mudah di seluruh kota Makassar.


Demikian rangkuman oleh oleh khas makasar, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait