7 Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia + Penjelasannya

manfaat tumbuhan bagi manusia
ilustrasi oleh dribbble.com

Manfaat tumbuhan bagi manusia sangatlah banyak, mulai dari sumber makanan bahkan penyedia oksigen bagi kebutuhan setiap makhluk hidup di bumi.

Makhluk hidup diciptakan dengan kegunaannya masing-masing. Seperti halnya hewan, tumbuhan memiliki peran sangat penting sebagai sumber kehidupan.

Pada umumnya tumbuhan memiliki  akar, batang, daun, buah dan biji. Masing-masing bagian memiliki manfaatnya tersendiri bagi manusia. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai manfaat tumbuhan bagi manusia.

Seperti yang kita ketahui, tumbuhan memiliki beragam manfaat bagi manusia. Bahkan, manusia mungkin tidak dapat hidup ketika tidak ada tumbuhan di muka bumi ini. Berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan antara lain :

1. Sumber Makanan

manfaat tumbuhan bagi manusia padi

Beberapa bagian tumbuhan bisa dikonsumsi baik daun, buah, batang, akar maupun bijinya. Seperti tanaman padi yang apabila diolah menjadi beras,. Beras menjadi sumber bahan makanan pokok di Indonesia.

Dari beras kemudian dimasak menjadi nasi, bubur atau makanan lainnya. Selain itu tanaman ubi juga bisa kita manfaatkan daunnya sebagai sayur, dan akar (umbi) sebagai sumber karbohidrat.

Tumbuhan mengandung nutrisi yang kita butuhkan seperti karbohidrat, vitamin, serat, dan lemak. Dengan mengkonsumsi tumbuhan-tumbuhan tersebut bisa juga membuat kulit jadi lebih sehat, kuat dan menjadi anak yang pintar.

2. Sumber Obat-Obatan

manfaat tumbuhan bagi manusia 2

Kandungan pada tumbuhan juga ada yang berkhasiat sebagai bahan untuk obat-obatan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Beberapa tumbuhan yang biasa dimanfaatkan untuk obat-obatan di antaranya adalah sirih, kunyit, brotowali, kumis kucing, jahe, temulawak, dan lain sebagainya.

Seperti jahe apabila diolah menjadi minuman bisa membantu mengatasi masuk angin.

3. Sumber Sandang

manfaat tumbuhan bagi manusia 4

Sejak jaman nenek moyang kita telah memanfaatkan tumbuhan sebagai pakaian yang berguna untuk melindungi tubuh.

Seperti daun yang dianyam membentuk baju. Namun jaman semakin modern.

Misalnya, kapas yang digunakan untuk bahan dasar berbagai kain, kapuk yang digunakan sebagai pemgganti kapas, dan getah karet yang digunakan untuk berbagai sandang berbahan karet seperti sepatu.

4. Sumber Oksigen

oksigen

Manusia memerlukan oksigen untuk bernafas. Sebagaimana kita ketahui, tumbuhan menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang terbentuk dari proses fotosintesis.

Berkat tumbuhan, hawa di sekitar menjadi sejuk dan udara yang dihirup makhluk hidup kualitasnya bersih dan juga segar.

Itulah kenapa, kita tidak boleh sembarangan menebang pohon karena sesungguhnya pohon adalah sumber oksigen bagi kita.

5. Bahan Perabotan Rumah

manfaat tumbuhan bagi manusia perabotan

Lemari yang ada di rumah mu bisa jadi terbuat dari kayu yang berasal dari pohon jati. Perabotan rumah lainnya seperti bangku, meja, hingga bahan bangunan juga tidak lepas dari tumbuhan.

Selain itu, peralatan memasask, ada centong nasi dari batok kelapa. Alas makan dari daun pisang, dan masih banyak lagi benda-benda disekeliling kita.

6. Sumber Bahan Bakar

bahan bakar

Saat ini bahan bakar hasil tambang ketersediaannya semakin menipis karena tidak dapat diperbaharui.

Maka dari itu ilmuwan berlomba-lomba membuat bahan bakar yang bisa diperbaharui sehingga lebih ramah lingkungan, salah satunya dari tumbuhan.

Seperti biodiesel, yang diolah dari buah jarak, dan dapat digunakan untuk bahan bakar kendaraan.

7. Penyejuk Lingkungan

lingkungan

Pada saat siang hari matahari bersinar terik membuat cuaca akan terasa panas sekali. Cahaya matahari memang berguna dan baik bagi tubuh tetapi ketika siang hari berbeda dan dapat membuat kulit menjadi panas.

Tumbuhan yang besar dan berdaun rindang dapat mengurangi pancaran cahaya matahari membuat lingkungan menjadi teduh.

Maka, rajin-rajinlah menanam tumbuhan di berbagai pekarangan rumah selain sebagai sumber oksigen, warnanya yang identik hijau akan menyejukkan mata kita.

Nah, itulah beberapa manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia. Tumbuhan sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan di bumi ini. Maka kita harus terus menjaga kelestarian tumbuhan agar kita semua dapat hidup sejahtera.

About Sukma Aditya 110 Articles
Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*