Listrik Statis Pengertian dan Fenomena dalam Kehidupan Sehari-hari

listrik statis

Listrik statis adalah suatu fenomena kelistrikan yang sering terjadi di mana partikel bermuatan ditransfer atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Contohnya adalah saat kita menyisir rambut, tanpa terasa rambut akan terangkat mengikuti arah sisiran. Peristiwa ini ternyata merupakan fenomena listrik statis.

Bagimanakah bisa terjadi listrik statis perhatikan penjelasan berikut

Pengertian Listrik Statis

Sebelum mempelajari pengertian listrik statis. Kita perlu tahu sebuah benda tersusun atas atom yang bermuatan. Muatan positif, muatan negatif dan netral.

struktur atom
  • Muatan positif disebut proton (terletak di inti atom)
  • Muatan negatif dinamakan elektron (terletak di kulit atom)
  • Muatan netral dikenal neutron (berada di inti atom)

Muatan-muatan ini disebut muatan listrik. Muatan listrik adalah muatan dasar yang pada suatu benda, hingga dapat mengalami gaya pada benda lain yang juga memiliki muatan listrik pada suatu jarak berdekatan. Muatan listrik disimbolkan “q “ dengan satuan C (Coulomb).

Misalkan, saat kita menggosok mistar ke rambut. Awalnya rambut muatan netral. Saat digosok ke rambut, elektron rambut beripindah ke mistar sehingga muatan mistar menjadi negatif. Perpindahan elektron ini menyebabkan perbedaan muatan rambut dan sisir sehingga tidak seimbang.

Rumus listrik statis

Dalam konteks ini, listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik  di dalam atau pada permukaan benda .

Hukum yang menjelaskan interaksi dua benda yang bermuatan listrik dikenal dengan hukum Couloumb. Hukum ini menyatakan bahwa


“Ketika ada dua benda bermuatan listrik sejenis atau beda jenis, muatan q1 dan q2 yang terpisahkan jarak r, maka akan terjadi gaya tarik menarik atau gaya tolak-menolak”

Jika kedua benda bermuatan sejenis maka terjadi gaya tolak menolak. Jika kedua benda bermuatan beda jenis maka akan terjadi gaya tarik menarik. Berikut adalah rumusnya:

Baca juga:  Pluralitas: Pengertian, Pembahasan, dan Contohnya
rumus listik statis

Fenomena Listrik Statis dalam Sehari-hari

Berikut contoh-contoh fenomena listrik statis yang dapat kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

1. Terbentuknya petir saat hujan.

Pada saat akan hujan, kumpulan awan membentuk awan besar sehingga terjadi pergesekan antara awan satu dengan awan lainnya.

Pergesakan ini mengakibatkan elektron bergerak bebas hingga membentuk gesekan muatan listrik yang turun dari awan ke dataran bumi untuk dinetralkan.

2. Gosokan kain sutra dengan kaca.

Kain sutra yang digosok-gosokkkan dengan batang kaca. Maka akan terjadi reaksi tarik-menarik antara dua benda tersebut.

Hal ini karena elektron dari batang kaca akan berpindah ke kain sutera sehingga batang kaca akan memiliki muatan positif dan batang kaca akan memiliki muatan negatif.

3. Gosokan batang plastik dengan kain wol.

Kedua benda tersebut memiliki muatan netral, tetapi saat dua benda tersebut digesekkan maka akan terjadi perpindahan elektron dari kain woll ke penggaris plastik, yang menyebabkan penggaris plastik memiliki muatan negatif dan kain woll memiliki muatan positif.

4. Tangan didekatkan dengan layar Televisi.

Ketika tangan didekatkan ke layar TV yang baru saja dimatikan. Maka rambut halus yang ada di tangan akan berdiri.

5. Mesin Fotokopi.

Mesin foto kopi memiliki komponen pelat logam berlapiskan selenium yang terletak dibagian tengah dan terdapat baki pengembang dengan toner (bubuk hitam halus) didalamnya.

Prinsip kerja mesin foto kopi adalah pelat  bermuatan postif dan akan menarik partikel bermuatan negatif dari toner. Pola toner kemudian dipindahkan keatas kertas kosong dan dipanggang diatasnya

6. Percikan api pada ban truk dengan jalan raya.

Adanya gesekan antara ban mobil atau truk dengan jalan menghasilkan muatanlistrik  yang negatif sedangkan bagian badan logam mobil atau truk yang berdekatan dengan ban menjadi bermuatan positif karena adanya induksi.

Baca juga:  Cara Menghitung Persentase beserta Penjelasan dan Contohnya

Hal ini dapat berakibat pada munculnya percikan api dan berakibat bahaya yaitu dapat membakar muatan mobil yang mudah terbakar sepeti bensin.

7. Cat Semprot.

Metode dari cat semprot yaitu adanya gesekan antara butiran cat dari aerosol dengan mulut pipa semprot dan udara sehingga menghasilkan muatan. Bila benda yang akan di cat di beri muatan yang berlawanan, maka butiran cata akan tertarik ke badan benda.

About Rifqi Aulia Rahman 20 Articles
S1 Matematika FMIPA ULM

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*