Ayo Berkontribusi

Kita jarang bertemu dengan konten sains populer di Indonesia.

Media-media mainstream jarang menyentuh topik ini, pun sepertinya tak berniat mempopulerkannya.

Maka dari itu Saintif hadir untuk mengisi kekosongan ini.

Tapi, kami tidak bisa sendirian.

Kami butuh bantuanmu untuk ikut berkontribusi membuat konten sains populer di Indonesia… untuk hasil dan manfaat yang lebih besar.

Ayo publikasikan tulisanmu di Saintif!

 

Tulisan di Saintif memiliki tiga kategori:

Peristiwa

Kategori Peristiwa membahas topik yang sedang ramai dari sudut pandang sains secara menyeluruh (indepth) sampai tuntas. Bukan sekedar menyampaikan berita. Maka dari itu, tulisannya panjang dan untuk beberapa topik dibuat berseri.

Ingat, tulisan panjang bukan berarti tulisannya bertele-tele, tidak jelas, dan membosankan ya.

Kiat

Kategori Kiat bersifat ringan, menampilkan tulisan sederhana yang berkaitan dengan sains untuk membantu atau menghibur orang.

Tanya

Kategori Tanya menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang sains. Jawaban diberikan secara ringkas dan langsung menjawab pokok permasalahan yang diberikan.

Community

Kategori Community ditujukan sebagai wadah untuk mempublikasikan tulisan-tulisan sains (bebas) berkualitas buatan kontributor yang topiknya di luar ketiga kategori di atas.

 

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat pola tulisan dari setiap kategori di website Saintif. Tulisan seperti itulah yang kami harapkan.

Secara beturut-turut, seleksi tulisan paling mudah adalah communitytanya, kiat, lalu yang paling ketat yaitu peristiwa.

 


 

Reward

(Update 16/05/2018)

Untuk tulisan yang kami publikasikan, kami akan memberikan sedikit reward. Tidak banyak memang, karena kami pun belum punya banyak uang.

Peristiwa: 15 poin
Kiat: 10 poin
Tanya: 2 poin
Community: 0 poin

1 poin setara dengan Rp 1.000,-

Poin tersebut dapat ditukarkan (minimal 10 poin) menjadi reward dalam bentuk pulsa atau transfer uang, kamu bisa memilihnya. Tapi, karena nilainya yang tak seberapa, kami lebih menyarankan agar reward diberikan dalam bentuk pulsa saja.

 

Selain itu, kesempatan untuk didengar oleh ribuan pembaca setia Saintif adalah imbalan yang akan kamu dapatkan.

Perhatikan setiap tulisan di website dan media sosial Saintif, selalu ramai dan mendapat ratusan sampai ribuan share.

Itulah imbalan yang akan kamu dapatkan.

Lalu jika nantinya Saintif ada rezeki, kami akan mengirimkan bingkisan-bingkisan menarik di Saintif Store buat kamu.

Atau ada yang ingin membantu kami buat jadi sponsor? Yuk bantu kami

 

Kriteria Tulisan

  • Topik tulisan diutamakan yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari atau topik yang banyak orang tertarik, agar banyak yang mau baca dan banyak yang mau nge-share. Topiknya harus ditulis dengan sudut pandang sains.
  • Contoh: “Ini yang terjadi pada otakmu ketika kesurupan”, “Tutorial menjatuhkan satelit tepat di gedung DPR”, dan lain sebagainya.
  • Jangan membuat tulisan yang membosankan. Tidak perlu terlalu banyak basa-basi, njlimet, atau keribetan lainnya, langsung intinya saja.
  • Untuk kategori peristiwa, topiknya harus terkini, tulisannya membahas topik secara menyeluruh sampai tuntas (tulisannya panjang)
  • Untuk kategori kiat, pastikan tulisannya ringan, dapat menghibur atau membantu orang.
  • Untuk kategori tanya, berikan jawaban secara ringkas dan jelas.
  • Penggunaan bahasa santai semi-formal dan mudah dipahami
  • Sertakan gambar pendukung
  • Sertakan referensi di akhir tulisan

 

Panduan Menulis

Buat tulisanmu di Microsoft Word, Google Doc, atau platform sejenis. Formatnya bebas, sertakan nama dan profil singkat kamu, boleh juga menyantumkan link blog atau media sosial kamu.

Sertakan juga bentuk reward yang kamu inginkan. Kalau pulsa ya kasih nomor HP, kalau transfer ya kasih nomor ATM. Atau kalau tak mau rewardnya pun tak apa-apa.

Kalau sudah final, kirimkan file tulisanmu lewat email ke community@saintif.com.

Jika lolos, tulisanmu akan kami edit secukupnya untuk menyesuaikan karakter Saintif, lalu kami publish dan kami konfirmasikan kembali lewat email.

Adapun jika kami tidak membalas emailmu dalam selang waktu satu minggu, atau membalas tapi dengan catatan-catatan tertentu, itu berarti tulisanmu belum dapat kami publikasikan.

Kalau ada pertanyaan sampaikan saja ya, kami tunggu karyamu!