15+ Kerajinan Unik dari Stik Es Krim beserta Tutorialnya

kerajinan dari stik es krim
ilustrasi oleh dribbble.com

Kerajinan dari stik es krim dapat dibuat menjadi kerajinan vas bunga, bingkai foto dan masih banyak lagi. Berikut contoh kerajinan dan tutorial membuatnya.

Jika kamu ingin membuat suatu kerajinan dari stik es krim, jangan khawatir ya. Kerajinan dari bahan stik es krim sangat mudah dibuat dirumah dan menghasilkan beragam bentuk yang unik dan menarik.

Berikut beberapa bentuk bangun kerajinan dari stik es krim yang bisa untuk kamu praktikkan dirumah.

1. Vas Bunga

Bentuk kerajinan yang satu ini termasuk sangat mudah dan dijamin aman untuk dikerjakan bersama si kecil. Berikut adalah tutorial vas bunga berbentuk tabung dari stik es krim.

kerajinan dari stik es krim

Susunlan batang stik es krim dan kaitkan satu sama lain menggunakan lem membentuk tabung sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Setelah stik membentuk tabung, selanjutnya adalah memasang alas vas bunga. Kamu bisa mengikuti bentuk melingkar dari tabung atau dibiarkan memanjang seperti pada gambar.

Mudah sekali bukan? vas bunga sudah jadi deh. Dapat pula menambah kreativitas lain seperti memberi warna pada stik es krim atau menambahkan bentuk lainnya seperti guntingan pita dan sebagainya.

2. Bingkai Foto

Jika kamu suka mengabadikan moment dalam bentuk foto, bentuk kerajinan bingkai foto dari stik es krim bisa menjadi pilihan yang tepat.

Membuat bingkai foto sangatlah mudah, sesuaikan ukuran bingkai dengan foto yang akan dipasang. Tentukan pola bingkai foto terlebih dahulu. Setelah itu bentuk bingkai foto sesuai pola lalu susun stik bersama dengan lem.

Setelah bingkai foto jadi, kamu bisa memasang karton maupun bahan penutup lainnya dibagian belakang. Bingkai foto siap dipakai!

3. Tempat Pensil

Kamu ingin membuat wadah tempat pensil dari stik es krim? Bisa banget!

Pertama tentukan dulu pola dan bentuk kotak pensil yang akan dibuat. Berbenutk tabung atau balok kah. Nah selanjutnya susun stik es krim mengikuti bentuk pola tersebut.

Bisa juga menambahkan aksesoris lain seperti mewarnai stik maupun menambah pernak-pernik seperti pita, kerang, dedaunan kering, dan lain sebagainya.

4. Pembatas Buku

Jenis kerajinan yang satu ini amat sangat mudah karena hanya membutuhkan beberapa stik es krim untuk membuatnya.

Ragam pembatas buku akan semakin variatif jika kamu membuat pola lukisan tertentu di stik es krim. kamu bisa menggunakan hanya satu stik es krim atau lebih, lalu lukis sekreatif mungkin seperti gambar diatas.

5. Tempat Tisu

kerajinan dari stik es krim

Membuat kerajinan kotak tisu dari stik sangatlah mudah. Hasilnya pun sangat cantik.

Baca juga:  Tips dan Trik Cara Menghemat Listrik di Rumah

Jika kamu ingin mewarnai stik es krim, warnai terlebih dahulu lalu tinggu hingga kering. Kemudian buatlah alas tisu dengan menyusun stik es krim dengan lem secara mendatar sesuai dengan ukuran tisu.

Setelah terbentuk alas, susunlah stik es krim secara mendatar sebagaimana menyusun batu bata hingga mencapai ketinggian ukuran tisu. Jika dinding wadah tisu sudah jadi.

Selanjutnya buatlah tutup tisu yang besarnya sama dengan alas dengan menyisakan lubang di tengah untuk tempat tisu. Untuk menghasilkan bentuk kotak tisu yang praktis dan elegan, cukup rekatnkan magnet di tepi kanan dan kotak tisu.

6. Box Penyimpanan

Stik es krim sangat multifungsi diubah ke dalam berbagai bentuk. Jika ingin membuat sendiri kotak penyimpanan, maka cara yang mudah adalah membuatnya dari stik es krim. Selain mudah, hasil kotak yang dihasilkan pun sangat aesthetic.

Buatlah pola box terlebih dahulu, susun dan rangkai sesuai pola. Sama halnya dengan membuat wadah tempat tisu, tinggal menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran box yang hendak dibuat.

Berikut contoh gambaran box dari stik es krim dengan berbagai pola.

Kamu juga bisa memvariasikan box dengan pita yang memutar, stiker, mengecat, maupun dalam beragam bentuk box seperti box bangun ruang segi enam, dan berbagai kreativitas lainnya.

7. Tatakan Minum

Kreativitas selanjutnya yang sangat mudah dibuat dari stik es krim adalah tatakan minum. Hasil yang diperoleh dari kerajinan stik es krim ini pun terkesan lebih menarik sesuai dengan sentuhan kreasinya.

Kamu pun bisa membuat bentuk tatakan bermacam-macam seperti pada gambar diatas, dengan pola segi enam, segitiga dan lain sebagainya.

8. Tatakan Gadget

kerajinan dari stik es krim

Seringkali ketika menonton suatu konten di layar hape, kita membutuhkan suatu tatakan supaya nyaman dalam menonton. Kamu bisa lho membuat tatakan hape sendiri dari stik es krim.

Caranya sangat mudah, buatlah pola tatakan gadget. Untuk hape, besar tatakan yang akan dibuat cenderung kecil jika dibandingkan dengan tablet. Kamu hanya akan membutuhkan beberapa bilah stik yang disusun dan rekatkan dengan lem untuk menghasilkan tatakan hape.

Untuk lebih memahaminya, coba perhatikan bentuk pola dari tatakan hape seperti gambar di bawah ini.

kerajinan dari stik es krim

Bentuk pola dari tatakan hape pun beragam sesuai dengan kreatifitas. Bisa berbentuk segitiga sederhana atau jaring kotak seperti pada gambar di atas.

9. Lampu Hias

Jenis kerajinan yang satu ini sangat marak karena bentuknya yang beragam dan mempunyai keunikan masing-masing.

Kamu bisa membuat lampu hias dengan berbagai model menggunakan stik es krim, seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk tutorial yaitu pertama siapkan stik, lem dan perangkat lampu. Buatlah tatakan tempat lampu direkatkan terlebih dahulu. Selanjutnya susun stik sesuai dengan pola yang ingin bentuk.

Baca juga:  Rumus Rubik 3×3 : Penjelasan Langkah-Langkah dan Gambarnya [LENGKAP]

Mudah bukan membuat kreasi lampu hias sendiri dari stik es krim? Jika dilakukan anak-anak harap didampingi dengan bimbingan orang tua untuk alasan keamanan.

10. Jam Dinding

Memanfaatkan beberapa stik es krim, kamu bisa membuat jam dinding yang unik lho!

Buatlah pola jam dinding dan susun sesuai pola dengan lem. Untuk posisi angka di jarum jam, bisa menyesuaikan dengan kreatifitas mu sendiri. Berikut beberapa contoh bentuk kerajinan jam dinding dari stik es krim.

kerajinan dari stik es krim

Cukup murah dan sangat modis jika ditaruh di dinding. Membuat dinding terlihat lebih terlihat elegan dan unik.    

11. Hiasan Dinding

Hiasan dinding sangat beragam bentuknya. Apalagi dengan bahan stik es krim, kamu bisa bebas mengekspresikan kreatifitas.

Berikut beberapa contoh hiasan dinding yang bisa dibuat dari stik es krim.

Tentukan pola dari hiasan dinding yang akan dibuat. Siapkan bahan-bahannya, yaitu stik es krim, lem, gunting, dan aksesoris yang diperlukan. Susun stik es krim sesuai pola dan rapikan.

12. Miniatur Rumah

Jika kamu menyukai kerajinan berbentuk miniatur, maka membuatnya dengan stik es krim sangat mudah dilakukan.

Karena bahan dasar stik es krim dari kayu, maka miniatur rumah akan tampak seperti rumah nyata. Berikut beberapa gambaran kerajinan rumah dari stik es krim.

13. Miniatur Kursi dan Meja

Sama halnya dengan membuat miniatur rumah, membuat miniatur kursi dan meja dari stik sangatlah mudah.

Bentuk meja dan kursi sangatlah beragam. Kamu bisa mengamati beberapa gambar berikut untuk membuat pola miniatur kursi dan meja.

Setelah memutuskan bentuk pola, siapkan stik es krim, lem, gunting, dan pewarna jika ingin menambahkan. Lalu susun stik es krim dan rekatkan menggunakan lem.

14. Miniatur Pesawat

Dengan stik es krim, membuat beragam miniatur tidak lagi sulit. Kamu bisa membuat miniatur esawat yang lucu ini dari stik es krim lho.

Cara sangat mudah, sediakan beberapa stik es krim, lem, dan gunting. Susun stik es krim dengan lem dan potong bagian stik es krim untuk membentuk ujung ekor pesawat yang pendek. Tambahkan beberapa hiasan atau warna untuk membuatnya menjadi lebih menarik.

15. Miniatur Jembatan

Dapat merancang jembatan sendiri dapat dilakukan dengan sangat menyenangkan. Hanya dengan beberapa bilah stik es krim, kamu bisa membuat jembatan impian mu.

kerajinan dari stik es krim
kerajinan dari stik es krim

Berikut beberapa gambar yang bisa dijadikan contoh dalam merancang bangun minatur jembatan dari stik es krim.


Itulah beragam bentuk kerajinan dari stik es krim. Menarik bukan? Semoga bermanfaat ya.

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply