Kegiatan Ekonomi – Kegiatan Produksi, Distribusi, dan Konsumsi

kegiatan ekonomi adalah

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang mendukung sektor ekonomi, yaitu meliputi kegiatan produksi oleh produsen, kegiatan distribusi oleh distributor, dan kegiatan konsumsi oleh konsumen.

Dengan melakukan transaksi jual beli, artinya kita telah melakukan aktivitas ekonomi yang paling sederhana.

Secara ringkas, kegiatan ekonomi adalah sebagai kegiatan yang dilakukan manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dengan memakai prinsip-prinsip ekonomi. Prinsip yang dimaksud meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Selain untuk memenuhi kebutuhan, kegiatan yang dilakukan di bidang ekonomi juga bertujuan untuk memilah kualitas produk yang dibutuhkan, memilah kebutuhan yang diprioritaskan, dan sebagai pertimbangan untung dan rugi.

Pada umumnya, kegiatan ini meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Oleh karena itu, simak penjelaskan berikut baik-baik.

kegiatan ekonomi adalah

Produsen Sebagai Pelaku Kegiatan Produksi

Kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan produk berupa barang dan jasa disebut kegiatan produksi. Selain menciptakan sebuah produk, kegiatan produksi juga termasuk menambah nilai guna produk tersebut.

Misalnya, lemari yang diciptakan tukang kayu merupakan kegiatan produksi, sedangkan penerbit buku berupaya melakukan kegiatan produksi dengan menambah nilai guna kertas yang dipakai.

Produsen merupakan istilah dalam kegiatan ekonomi yang menunjukkan pelaku kegiatan produksi.

Produsen dapat berupa perorangan, perusahaan, dan badan usaha yang melakukan kegiatan produksi. Sedangkan produk yang dihasilkan, baik barang atau jasa akan didistribusikan ke konsumen agar dapat memenuhi kebutuhan mereka. Lantas, produsen akan mendapat keuntungan.

Lalu, demi menghasilkan suatu produk, dibutuhkan proses produksi, yakni input atau bahan baku dari barang mentah dan barang setengah jadi untuk menghasilkan output berupa barang setengah jadi atau barang jadi. Berhasil atau tidaknya proses produksi dipengaruhi oleh Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), modal, dan kemampuan wirausaha.

Baca juga:  Daftar Rumah Adat Jawa [LENGKAP] Penjelasan dan Contonya

Sedangkan, berdasarkan pengelolaan sumber daya produksi, kegiatan produksi dibedakan menjadi bidang usaha ekstraktif yang mengambil bahan dari alam tanpa melalui pengolahan, bidang usaha agraris yang membutuhkan pengolahan lahan, dan bidang usaha industri yang mengolah barang-barang mentah hingga barang setengah jadi. Semua bertujuan menghasilkan produk yang dibutuhkan.

Produsen Sebagai Pelaku Kegiatan Distribusi

Distributor merupakan orang yang melakukan kegiatan distribusi. Tujuannya agar produk dari produsen dapat sampai ke konsumen yang membutuhkan.

Kegiatan distribusi juga bukan kegiatan tunggal, melainkan kegiatan gabungan yang meliputi pengangkutan, pengemasan, grosir, pembelian dari produsen, penyimpanan, standarisasi mutu, dan lain-lain.

Salah satu contoh kegiatan distribusi adalah semen yang didistribusikan ke Kepulauan Seribu. Hal ini disebabkan karena wilayah ini tidak memiliki pabrik semen sama sekali. Distributor bertanggung jawab membawa produk ke lokasi tertentu sesuai rentang waktu yang ditentukan.

Dengan adanya distributor, harga semen tidak melonjak terlalu tinggi akibat biaya transportasi.

kegiatan konsumen

Konsumen Sebagai Pelaku Kegiatan Konsumsi

 Konsumsi merupakan kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk menghabiskan atau bahkan mengurangi nilai guna suatu produk, baik barang atau jasa, demi memenuhi kebutuhan.

Pelaku kegiatan ini disebut sebagai konsumen. Dalam kegiatan konsumsi, setidaknya terdapat tiga pelaku utama, yakni rumah tangga, pemerintah, dan industri.

Sebaiknya pertimbangkan beberapa hal dalam melakukan kegiatan konsumsi, seperti memprioritaskan kebutuhan pokok, menyesuaikan biaya konsumsi sesuai pendapatan, dan tidak melakukan kegiatan konsumtif.

Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukan sehingga aktivitas ekonomi tidak berjalan semestinya.


Demikian penjelasan mengenai pelaku kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Manusia tidak hanya melakukan satu aktivitas ekonomi, melainkan juga melakukan beberapa aktivitas ekonomi sekaligus.

Misalnya pabrik sebagai pelaku kegiatan produksi juga melakukan kegiatan konsumsi untuk bahan bahu pembuatan produk tertentu. Jadi, kegiatan ekonomi apa saja yang kamu lakukan?

Sedang menyelesaikan studi di Kota Bandung

Be the first to comment

Leave a Reply