Keberagaman Adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contohnya

ilustrasi oleh dribbble.com

Keberagaman adalah perihal beragam-ragam, berjenis-jenis atau suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak keberagaman mulai dari segi ras, suku, bangsa, dan agama. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai bangsa majemuk.

Meski begitu, Indonesia tetap satu kesatuan, seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika tertulis pada lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mempunyai arti berbeda-beda, tetapi tetap satu.

Apa yang Dimaksud dengan Keberagaman?

apa yang dimaksud dengan keberagamaan 1
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, keragaman berarti perihal beragam-ragam, berjenis-jenis.
  • Situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang.

Jadi apa yang dimaksud dengan keberagaman adalah suatu keadaan dimana terdapat perbedaan dalam berbagai bidang yang ada dalam lingkungan masyarakat, baik perbedaan dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, ekonomi dan lainnya.

Keragaman dalam masyarakat adalah sebuah keadaan yang menunjukkan perbedaan yang cukup banyak macam atau jenisnya dalam masyarakat.

Manfaat dan Tujuan Keberagaman

apa yang dimaksud dengan keberagamaan 2

Mengapa keberagaman budaya merupakan salah satu aset yang dapat dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia?

1. Jadi Identitas Negara

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

Adanya ribuan pulau menjadi alasan munculnya keanekaragaman budaya dari setiap daerah di Indonesia.

Hal ini menjadi identitas bagi bangsa Indonesia sehingga ketika ada yang menanyakan negara mana yang kaya akan kebudayaan kita sudah tahu dengan pasti jawabannya: Indonesia.

2. Membentuk Masyarakat yang Toleran Antar Sesama

Kemana pun kita mengunjungi suatu daerah di Indonesia, kita pasti tidak hanya akan menemukan masyarakat adat di daerah itu.

Ada juga pendatang yang akhirnya menetap di daerah tersebut atau sekedar datang untuk berwisata. Kebanyakan orang Indonesia terbiasa dengan kehadiran orang luar daerah yang memiliki budaya serta bahasa yang berbeda.

Perbedaan budaya, ras, ras, dan hal lainnya tampaknya tidak mempengaruhi keadaan penduduk Indonesia, karena kita semua adalah warga negara Indonesia.

Toleransi yang tinggi dirasakan masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Keragaman adalah kekuatan pendorong toleransi di antara masyarakat.

3. Menarik Wisatawan

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Bahkan di suatu daerah.

Kita dapat menemukan orang-orang yang berbicara dengan bahasa yang sangat berbeda dan memiliki latar belakang sejarah yang berbeda. Umumnya setiap budaya memiliki peninggalan sejarahnya masing-masing.

Tentunya situs sejarah ini akan sangat bermanfaat bagi kawasan tersebut untuk dijadikan objek wisata seperti museum, monumen dan tempat wisata lainnya.

Disadari atau tidak, wisatawan yang berkunjung ke Indonesia bukan hanya karena kekayaan alamnya yang indah, tetapi juga karena Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tidak dapat kita temukan di negara lain.

Turis asing dikejutkan dengan banyaknya budaya yang ada di negara kita, budaya tersebut begitu kuat seperti yang ada di Bali. Setiap tahun jutaan turis asing memilih tempat-tempat ini sebagai destinasi, tidak hanya untuk berwisata, tapi juga untuk menambah pengetahuan.

4. Aneka Budaya Membuat Masyarakat Kaya Akan Pengetahuan

Budaya bisa berbentuk bahasa, pakaian, tari, masakan, rumah adat, bahkan mitologi dan kepercayaan yang berbeda.

Meskipun tinggap dinegara yang sama, kadang kita juga penasaran akan budaya masyarakat di berbagai daerah lain.

Hal ini membuat masyarakat Indonesia kaya akan pengetahuan tentang daerah sekitarnya.

5.  Manfaat Keberagaman Sebagai Peluang Usaha Daerah Setempat

Manfaat yang kaya dari keanekaragaman budaya yang kita miliki dapat memberikan peluang bagi masyarakat.

Misalnya, pengrajin tenun atau pengrajin daerah bisa menjual hasil karyanya dan mengembangkan usahanya sesuai dengan budayanya sendiri.

Bisnis paling menjanjikan lainnya adalah dari segi kuliner. Kita bisa merasakan semua jenis masakan berbeda yang ditemukan di Indonesia.

Contoh Keberagaman

apa yang dimaksud dengan keberagaman 3

Berbagai penerapan mengenai keberagaman di Indonesia sangatlah lumrah kita temui. Berikut merupakan contoh keberagaman yang ada di Indonesia :

1. Keberagaman Wilayah dan Lingkungan

Indonesia memiliki 34 Provinsi yang di dalamnya terdapat kabupaten dan kota. Setiap daerah memiliki ciri khas wilayahnya masing-masing. Bisa berupa flora, fauna, ataupun kondisi lingkungan.

Misalnya, daerah Malang, Jawa Timur terkenal dengan daerah pegunungan. Salah satunya adalah Gunung Bromo.

Begitu juga dengan daerah yang menjadi tempat kita tinggal, pasti memiliki ciri khas yang menjadi ikon tersendiri.

2. Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya

Indonesia tercatat memiliki sebanyak ± 1.128 suku yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Keberagaman suku diantaranya seperti adanya Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Melayu, Suku Bugis, Suku Batak, dsb Masing-masing dari suku ini memiliki budaya yang berbeda.

Mungkin bisa terlihat dari bahasa, makanan, kesenian, dan masih banyak lagi.

3. Keberagaman Agama

Sama seperti suku dan budaya, setiap orang juga memiliki agama yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri ada lima agama yang secara sah diakui, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Berbeda agama tentunya juga memiliki cara ibadah yang berbeda-beda.

Demikianlah pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan keberagaman, semoga dapat menambah wawasan serta manfaat bagi kalian semua.

Artikel Terkait