Karnivora, Herbivora, Omnivora: Penjelasan, Ciri dan Contohnya

karnivora adalah
Ilustrasi oleh dribbble.com

Karnivora adalah kelompok hewan yang memiliki kemampuan dalam memburu mangsa untuk dimakan dagingnya. sedangakan herbivora dan omnivora akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

Tumbuhan dan hewan mempunyai beberapa klasifikasi yang mengelompokkan mereka berdasarkan kriteria dan keluarga. Salah satu pengelompokan hewan yang kita kenal adalah berdasarkan jenis makanannya, yaitu karnivora, herbivora, dan omnivora.

Berikut uraian lanjut mengenai karnivora, herbivora, dan omnivora beserta penjelasan, ciri, dan contohnya.

1. Karnivora

karnivora adalah

Pengertian Karnivora

Karnivora menurut bahasa berasal dari bahasa latin caro yang berarti daging dan vorare yang berarti makan. Sedangkan secara istilah, karnivora adalah organisme pemakan daging.

Dalam beberapa studi kasus, karnivora diidentikan sebagai kelompok hewan yang memiliki kemampuan dalam memburu mangsa untuk dimakan dagingnya. Bisa dikatakan, karnivora termasuk ke dalam binatang buas. Namun, beberapa diantaranya tidak buas, contohnya kucing.

Ciri – Ciri Hewan Karnivora

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri hewan karnivora adalah :

  • Kuku atau cakar yang tajam
  • Gigi taring yang berperan untuk merobek daging
  • Kecepatan lari yang menarik supaya bisa mengejar serta memburu mangsanya
  • Bila burung memiliki paruh yang tajam
  • Memiliki racun atau dapat untuk melemahkan mangsa korbannya

Contoh Hewan Karnivora

1. Singa

Hewan yang dikenal sebagai raja hutan ini jelas merupakan salah satu mamalia buas pemakan daging. Secara umum, singa termasuk ke dalam spesies felidae yaitu jenis kucing besar yang hidup secara berkelompok dengan 1 singa jantan dan beberapa singa betina.

Dalam habitatnya, singa betina cenderung lebih produktif dalam mencari mangsa. Walaupun demikian, sifat singa jantan yang tenah dipercaya lebih perkasa dan buas dibandingkan kucing besar lainnya.

2. Harimau

Hewan karnivora yang satu ini adalah mamalia sekaligus jenis kucing besar. Harimau mempunyai ukuran badan paling besar jika dibandingkan dengan kucing lainnya seperti singa, cheetah, macan tutul, dan sebagainya.

Harimau mempunyai kemampuan berburu yang baik dengan kecepatan geraknya dan kelincahannya dalam mengincar mangsa. Dalam hal berburu, harimau cenderung memangsa hewan berukuran besar seperti sapi, kerbau, domba, rusa, zebra, dan beberapa lainnya.

3. Macan Tutul

Macan tutul termasuk ke dalam karnivora dan mamalia serta jenis kucing besar. Dilihat sekilas, macan tutul memiliki ukuran tubuh sama besar dengan singa dan harimau yang disertai dengan bintik-bintik di sekujur badannya.

4. Cheetah

Hewan karnivora yang masih termasuk dalam jenis kucing besar dan mamalia adalah cheetah. Secara umum, cheetah merupakan hewan karnivora yang sangat dikenal sebagai hewan tercepat di dunia. Hal ini lantaran cheetah memiliki kecepatan hingga mencapai 110 km/jam.

Sekilas cheetah hampir mirip dengan macan tutul. Namun, jika dilihat lebih seksama, antara keduanya memiliki corak bintik yang berbeda. Cheetah banyak tersebar di hutan liar untuk mencari mangsanya seperti kijang, rus,a zebra, dan yang lainnya.

5. Serigala

Serigala dengan nama latin Canis lupus adalah hewan karnivora mamalia yang t ermasuk ke dalam jenis keluarga canidae (anjing). Hewan ini mempunyai kebiasaan melolong mengerikan di tengah malam. Jenis mamalia satu ini memburu mangsa dari beragam jenis mamalia lain terutama bangsa burung dan pengerat.

6. Buaya

Buaya dikenal sebagai hewan buas pemakan daging yang hidup di lingkungan perairan. Hewan karnivora satu ini termasuk dalam kelompok hewan reptile yang secara umum memiliki tulang belakang dan berkembang biak secara ovovivipar.

Populasi buaya tersebar di beberapa perairan tawar seperti sungai, rawa, lahan basah, dan perairan lainnya. Terdapat pula beberapa buaya yang hidup di perairan payau atau danau.

7. Hiu

Hewan karnivora yang hidup di perairan selanjutnya adalah hiu. Ikan hiu termasuk ke dalam kelompok Superordo Selachimorpha yaitu ikan dengan kerangka tulang rawan lengkap.

Dalam habitatnya, ikan hiu memangsa ikan – ikan kecil yang ada di hadapannya. Bahkan beberapa peristiwa mencatat bahwa manusia pun tak luput dari mangsa seekor hiu.

8. Elang

Dalam bahasa Inggris, elang dikenal dengan nama eagle yang merujuk pada makna burung pemangsa yang berukuran besar. Makanan utama dari elang diantaranya adalah ayam, ikan, kadal, tikus, tupai dan beberapa jenis serangga.

Burung elang tidak mempunyai gerigi, tetapi elang memiliki paruh runcing yang sanggup jika digunakan mengoyak daging mangsa. Selain itu, elang juga dilengkapi dengan sepasang kaki dengan kuku melengkung yang kuat dan tajam untuk mencengkeram mangsa. Tidak hanya itu, burung elang mempunyai kemampuan penglihatan yang tajam dalam membidik mangsa.

9. Burung Hantu

Burung hantu dikenal sebagai burung malam yang persebarannya dalam mencari makan pada malam hari. Binatang yang menjadi mangsa burung hantu diantaranya termasuk serangga, kodok, tikus, dan beberapa hewan lainnya. Yang paling unik dari burung hantu adalah memiliki mata besar yang menghadap ke depan serta kemampuannya untuk memutar kepalanya 180 derajat ke belakang.

10. Musang

Bidadari

Musang dikenal sebagai kelompok karnivora dari jenis viverridae. Seperti burung hantu, musang termasuk sebagai hewan nokturnal yang mencari makan pada malam hari.

Baca juga:  7 Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia + Penjelasannya

Keunikan yang dikenal dari musang adalah kemampuannya mengecoh musuh. Jika musuh mendekat, maka musang akan berpura-pura dalam keadaan mati hingga musuh menjauh darinya.

11. Anjing

Anjing termasuk dalam salah satu hewan karnivora terbanyak didunia karena persebarannya yang luas sebagai hewan peliharaan. Binatang pemakan daging ini termasuk ke dalam kelompok mamalia dengan kemampuan kecerdasan yang baik jika dilatih dengan baik.

12. Kucing

Seperti anjing, kucing merupakan hewan karnivora pemakan daging yang sangat luas mengalami persebaran di seluruh dunia. Kucing termasuk ke dalam hewan peliharaan yang banyak ditemukan di rumah-rumah. Hal ini lantaran kucing mempunyai sifat manja dan menggemaskan sehingga tidak jarang banyak di pelihara oleh manusia.

13. Komodo

Komodo termasuk ke dalam spesies kadal terbesar di dunia yang mempunyai panjang mencapai 3 meter. Habitat asli komodo yaitu di kepulauan Flores, Indonesia. Komodo berkembang biak secara ovovivipar dengan memangsa beberapa hewan disekitarnya seperti rusa, kambing, kerbau.

2. Herbivora

Pengertian Herbivora

Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan. Kelompok herbivora tidak memakan daging ataupun hewan lain. Hewan herbivora biasanya mencari makanan berupa tumbuh-tumbuhan di sekitar mereka. Karena pemakan tumbuhan, herbivora memiliki gigi geraham yang berguna mengunyah fungsi tanaman hijau menjadi lembut serta gigi seri untuk memotong tanaman hijau sebelum dikunyah.

Beberapa dari hewan herbivora termasuk ke dalam jenis hewan ternak. Bagian yang dimanfaatkan dari hewan herbivora diantaranya adalah daging, kulit seperti sapi, kambing, domba.

Ciri – Ciri Hewan Herbivora

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri hewan herbivora, terdiri atas:

  • Makanan intinya yaitu rumput atau dedaunan yang lain.
  • Biasanya mereka berkembang biak dengan vivipar (beranak) .
  • Umumnya kelompok hewan mamalia atau hewan menyusui.
  • Hidup lewat cara berkelompok.
  • Beberapa hewan herbivora hidup di darat, karna sumber makan mereka ada di darat.
  • Termasuk juga dalam kelompok hewan yang berdarah panas
  • Mempunyai gigi geraham yang lebar.
  • Beberapa herbivora berkaki empat.
  • Termasuk juga dalam kelompok hewan yang mempunyai tulang belakang.
  • Mempunyai banyak faedah untuk manusia.
  • Beberapa hewan herbivora yaitu mangsa dari hewan karnivora.

Contoh Hewan Herbivora

1. Kambing

Hewan pemakan tumbuh-tumbuhan yang satu ini termasuk ke dalam golongan mamalia dengan ukuran badan tengah, artinya tidak terlalu besar maupun kecil. Pada umumnya kambing termasuk ke dalam hewan ternak karena dapat dimanfaatkan daging, susu, serta kulitnya.

2. Domba

Domba adalah jenis hewan ruminansia dengan rambut tebal. Banyak peternak domba memanfaatkan kulitnya sebagai bahan kain wol, daging, dan susunya. Seperti kambing, domba merupakan pemakan berbagai macam tumbuhan seperti rumput, dedaunan. Tak heran seringkali terlihat kerumunan domba di suatu ladang.

3. Sapi

Sapi merupakan hewan herbivora yang termasuk hewan ternak dari suku bovidae serta anak suku bovinae. Sebagaimana kambing, sapi merupakan hewan pemakan tumbuhan yang banyak diternakkan oleh manusia.

Beberapa kegunaan sapi selain dagingnya adalah tenaganya yang digunakan untuk membawa barang, membajak sawah, serta kotorannya yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk dan biogas.

4. Kerbau

Kerbau merupakan hewan pemakan tumbuhan berupa rumput sebagaimana sapi. Hewan ini merupakan salah satu hewan yang biasa diternak oleh manusia sebagai pengangkut barang, pembajak sawah, serta dimanfaatkan dagingnya sebagai olahan masakan.

5. Kuda

Mamalia sekaligus hewan pemakan tumbuhan ini merupakan salah satu hewan populer. Oleh manusia, kuda lebih dimanfaatkan dari sisi tenanga. Beberapa diantaranya digunakan sebagai hewan pengangkat beban, alat transportasi seperti kereta atau dokar, hingga sebagai kegiatan olahraga pacuan kuda.

6. Keledai

Keledai dikenal sebagai hewan jinak yang digunakan manusia sebagai alat transportasi atau kereta barang. Karena sedikit memiliki kemiripan fisik dengan kuda, keledai sering disebut sebagai kelompok keluarga kuda. Jika dibandingkan dengan kuda, keledai memiliki fisik yang lebih kecil dan pendek.

7. Gajah

Satwa raksasa ini termasuk ke dalam golongan pemakan tumbuh-tumbuhan, lebih tepatnya adalah pemakan rumput. Gajah merupakan hewan kelompok keluarga elephantidae serta proboscidae yang berasal dari benua Afrika.

Gajah jantan memiliki tinggi mencapai 4 meter dengan berat 7 ton. Belalai di samping kanan kiri yang ada pada tubuh gajah digunakan untuk bernafas. Selain itu gajah memiliki sepasang gigi taring (gading) dan telinga yang sangat besar yang sangat bermanfaat untuk menghindari musuh dari jauh.

8. Jerapah

Jerapah dikenal dengan hewan dengan leher yang sangat panjang. Dengan leher panjang, jerapah dapat menjangkau makanan yang berada di ketinggian hingga pucuk pohon. Umumnya, tinggi jerapah bisa mencapai 4 meter dengan berat 1 ton. Jerapah masih memiliki kerabat dekat dengan beberapa hewan herbivora lain seperti rusa, sapi.

9. Zebra

Memiliki bentuk menyerupai kuda, ternyata zebra masih memiliki hubungan kerabat dekat dengan kuda. Populasi zebra menyebar di daerah benua Afrika.

Ciri khas dari zebra adalah corak belang yang menyelimuti seluruh tubuhnya. Ternyata warna belang zebra sangat membantu zebra untuk melarikan diri dari musuh. Warna belang pada zebra dapat mengelabui penglihatan musuh jika zebra berada di sekumpulan zebra lain.

10. Badak

Badak termasuk dalam hewan dari keluarga rhinocerotidae dari ordo perissodactyla. Hewan ini memiliki ukurnan tubuh yang besar dengan tanduk di kepalanya. Habitat badak menyebar di benua Afrika dan Asia.

Baca juga:  15+ Akibat Rotasi Bumi Beserta Penyebab dan Penjelasannya

11. Kanguru

Hewan herbivora berkantung satu ini hanya akan ditemukan di Australia. Tidak heran kanguru menjadi simbol dari benua Australia itu sendiri.

Kanguru memiliki sepasang kaki belakang kuat yang digunakan untuk melompat. Dalam hal melompat, kanguru bisa melompat dengan kecepatan mencapai 20-25 km/jam.

12. Rusa

Rusa termasuk ke dalam hewan herbivora yang berasal dari keluarga cervidae. Berat satu ekor rusa bisa mencapai 30 hingga 250 kg. Dalam alam liar, rusa termasuk hewan yang sangat sering dijadikan mangsa bagi para hewan pemakan daging.

Ciri khas unik pada rusa yaitu bentuk tanduk yang menonjol. Tiap jenis rusa bisa memiliki bentuk tanduk yang berbeda. Selain itu, rusa ternyata hewan yang memiliki kemampuan renang yang baik. Hal ini dimanfaatkan rusa untuk menghindari musuh.

13. Kelinci

Kelinci yaitu semacam hewan mamalia bertubuh kecil dari kelompok leporidae, yang hidup di semua sisi bumi. Hewan ini berkembang biak dengan jalan beranak atau Vivipar. Hewan ini seringkali jadikan beberapa manusia untuk hewan peliharaan bahkan juga untuk hewan ternak.

Dengan maksud untuk digunakan dagingnnya, namun tidak semuanya type kelinci dapat digunakan dagingnya, cuma sebagian type kelinci saja. Dari type bulunya kelinci dibagi jadi dua type yakni kelinci yang berbulu pendek serta kelinci yang berbulu panjang.

3. Omnivora

omnivora adalah
.

Pengertian Omnivora

Omnivora adalah jenis hewan pemakan segala. Artinya, organisme omnivora bisa memakan tumbuhan maupun daging atau hewan lainnya. Manusia sendiri termasuk ke dalam jenis omnivora karena mempunyai kemampuan makan segala jenis tumbuhan maupun daging.

Ciri – Ciri Hewan Omnivora

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri hewan omnovora, terdiri atas:

  1. Menelan tumbuhan serta daging.
  2. Pencernaan yang kompleks
  3. Gigi yang tajam di bagian depan
  4. Gigi yang datar di bagian belakang

Contoh Hewan Omnivora

1. Gorilla

Dikenal sebagai primata terbesar, gorilla merupakan hewan pemakan segala yang meliputi sayur-sayuran dan serangga. Gorilla termasuk hewan yang berasal dari hutan tropis di Afrika.

2. Monyet

Monyet termasuk ke dalam hewan pemakan segala, mulai dari biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga beberapa hewan kecil dan serangga. Jika ditelusuri, monyet termasuk ke dalam salah satu anggota keluarga primata yang bukan prosimia (“pra-kera) atau kera baik di Dunia Lama atau Dunia Baru. Meskipun demikian, beberapa jenis monyet disebut juga sebagai kera.

3. Orang Utan

Orang utan termasuk ke dalam jenis kera berukuran besar berbulu merah kecoklatan dengan lengan yang panjang. Hewan pemakan segala ini berada di hutan tropis Indonesia dan Malaysia, khususnya Pulau Kalimantan dan Sumatera.

Pada umumnya orang utan memakan kulit pohon, bunga, dedaunan, jamur, madu, buah-buahan dan beberapa serangga. Dalam hal minum, orang utan hanya perlu mengambil air yang telah terkumpul di lubang-lubang cabang pepohonan.

4. Simpanse

Sama halnya dengan beberapa jenis primata lainnya, simpanse memakan segala jenis makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, bunga dan serangga seperti semut dan rayap. Simpanse termasuk dalam primata keluarga Hominidae bersama dengan gorilla dan orang utan.

Dalam habitatnya, simpanse hidup dalam hierarki sosial yang tinggi sebagai suatu komunitas. Terdapat satu individu atau lebih yang mampu mendominasi anggota lainnya dari tingkat yang lebih rendah.

5. Beruang

Beberapa beruang termasuk ke dalam jenis karnivora, beberapa lainnya termasuk pemakan segala seperti madu, tumbuh-tumbuhan, dan beberapa serangga kecil.

6. Luwak

BALI, INDONESIA -JANUARY 16: A Luwak snacks on coffee berries inside its cage January 16, 2011 in Bali, Indonesia. The Luwak coffee is known as the most expensive coffee in the world because of the way the beans are processed and the limited supply. The Luwak is an Asian palm civet, which looks like a cross between a cat and a ferret. The civet climbs the coffee trees to find the best berries, eats them, and eventually the coffee beans come out in its stools as a complete bean. Coffee farmers then harvest the civet droppings and take the beans to a processing plant. Luwak coffee is produced mainly on the islands of Sumatra, Java, Bali and Sulawesi in the Indonesian Archipelago, and also in the Philippines. (Photo by Paula Bronstein /Getty Images)

Hewan luwak atau disebut juga sebagai musang merupakan hewan omnivora yang hidup di pepohonan. Di alam habitatnya, luwak kerap mamakan buah-buahan, serangga, cacing, kadal dan beberapa hewan kecil lainnya.

7. Babi

Babi merupakan hewan pemakan segala yang berasal dari daerah Eurasia. Disebut sebagai hewan omnivora, babi mengonsumsi daging dan tumbuh-tumbuhan.

8. Flamingo

Burung flamingo termasuk ke dalma hewan pemakan segala yang makanan utamanya adalah udang dan alga. Bentuk paruh yang melengkung ke bawah membuat flamingo dapat beradaptasi menyaring air dan lumpur untuk mendapat makanan. Warna merah mudah cerah flamingo dihasilkan dari kandungan beta karoten dari udang dan alga.

9. Jalak

Burung jalak merupakan jenis burung pemakan segala dengan paruh yang kuat, tajam, dan lurus, serta memiliki kaki yang panjang setara tubuhnya. Dalam mencari makanan, burung jalak memakan beberapa serangga dan buah-buahan seperti pisang.

10. Kasuari

Burung bertanduk ini termasuk dalam jenis pemakan segala. Burung kasuari memiliki kaki yang kuat dengan kuku tajam. Jenis burung kasuari mengonsumsi beberapa jenis buah dan serangga.

11. Paus

Selain dikenal sebagai mamalia laut, Paus juga termasuk ke dalam hewan pemakan segala. Paus sering memakan cumi-cumi, jenis crustacea, dan beberapa jenis lainnya.

12. Lumba-Lumba

Sama halnya paus, lumba-lumba juga termasuk mamalia sekaligus pemakan segala yang hidup di laut lepas. Beberapa diantaranya makanan lumba-lumba adalah cumi-cumi, ikan kecil, dan plankton.


Demikian ulasan mengenai karnivora adalah, herbivora, dan omnivora. Semoga bermanfaat.

Referensi: cerdika.com

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply