Interpretasi Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya [LENGKAP]

ilustrasi oleh dribbble.com

Interpretasi adalah penafsiran atau suatu proses komunikasi melalui lisan atau gerakan antara dua atau lebih pembicara.

Dalam berbagai dunia komunikasi, ilmiah maupun tidak ilmiah, kita seringkali menggunakan bantuan penjelasan lain baik melalui kalimat maupun suatu objek. Inilah yang disebut sebagai suatu interpretasi.

Nah, untuk lebih mengetahui pengertian interpretasi, yuk simak ulasan berikut.

Pengertian Interpretasi

interprestasi adalah
id.depositphotos.com

Pengertian dari interpretasi adalah suatu proses komunikasi melalui lisan atau gerakan antara dua atau lebih pembicara. Hal ini dilakukan ketika dua orang pembicara tidak dapat menggunakan simbol-simbol yang sama secara simultan atau berurutan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (kbbi) interpretasi adalah pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoritis terhadap suatu penafsiran.

Istilah dari interpretasi lebih merujuk kepada proses penafsiran yang sedang berlangsung atau hasilnya. Interpretasi tidak digunakan ketika suatu objek cukup jelas maknanya sehingga tidak memerlukan penjelasan lanjut.

Tujuan Interpretasi

Berikut beberapa dari tujuan interpretasi:

1. Meningkatkan Pemahaman Publik

Sebagaimana pengertiannya, kata interpretasi digunakan untuk menjelaskan lanjut mengenai suatu objek yang dinilai masih belum jelas.

Hal ini sangat membantu publik dalam memahami suatu objek yang dijelaskan sehingga tidak timbul ketidaksesuaian arti ataupun makna dari suatu objek tersebut.

2. Mendorong Penggunaan Data

Interpretasi digunakan dalam berbagai bidang sesuai dengan objek yang digunakan. Sedangkan data merupakan suatu objek maupun peristiwa yang diteliti untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Dengan menggunakan kata interpretasi, maka akan lebih mudah menjelaskan data kepada masyarakat umum. Selain itu, kata interpretasi juga mendorong penggunaan gagasan yang kuat berbasis data.

3. Meminimalkan Penyalahan Tafsir

Kesalahan tafsir sangat sering ditemui ketika belajar menggunakan bahasa. Oleh sebab itulah munculnya kata interpretasi memudahkan seseorang menjelaskan dengan suatu objek yang nyata dan bisa dipahami oleh khalayak umum.

Contoh Kalimat Interpretasi

Untuk lebih memahami penggunaan kata interpretasi, berikut beberapa contoh kalimat dengan kata interpetasi.

  1. Dalam peralatan optis, warna bisa berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya (merah, kuning, biru) yang digabungkan dalam komposisi tertentu.
  2. Perbedaan pandangan dalam hal pengelolaan jaminan kesehatan tersebut berkaitan dengan interpretasi pemerintah Indonesia yang menempatkan kesehatan sebagai bagian dalam hak asasi dasar manusia.
  3. Yang dimaksud dengan asas “kejelasan rumusan” adalah bahwa setiap peraturan perundang-undangan memenuhi persyaratan teknis penyusunan peraturan perundang-undangan, sistematika, dan pilihan kata atau terminologi, serta bahasa hukum yang jelas dan mudah dimengerti, sehingga tidak menimbulkan berbagai macam interpretasi dalam pelaksanaannya.

Demikian ulasan mengenai pengertian interpretasi, tujuan, dan contoh kalimat menggunakan kata interpretasi. Semoga bermanfaat.

Sumber:

maxmanroe.com

Artikel Terkait