Gambar Ilustrasi, Penjelasan, Ciri dan Contohnya [LENGKAP]

ilustrasi adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Ilustrasi adalah gambar yang digunakan untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya. Ilustrasi dapat berupa ambar, desain atau diagram untuk penjelas dan hiasan.

Nah, beberapa gambar tersebut merupakan hasil dari ilustrasi penulis atau pencipta yang disajikan kepada pembaca. Mengapa demikian?

Untuk lebih memahaminya, yuk simak ulasan berikut mengenai ilustrasi dan beberapa contoh ilustrasi.

Pengertian Ilustrasi

Ilustrasi menurut bahasa berasal dari bahasa Belanda ilustratie yang berarti suatu hiasan dengan gambar.

Sedangkan secara terminologi, ilustrasi adalah hasil hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik gambar, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya. Ilustrasi menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.

Terdapat beberapa pengertian ilustrasi menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Martha Thoma

Menurut Martha Thoma (dalam Sofyan, 1994: 171), pengertian ilustrasi adalah suatu karya seni yang mengambil inspirasi dari karya kesustraan untuk menghiasi naskah dan membantu menjelaskan cerita atau mencatat peristiwa.

2. Soedarso

Menurut Soedarso (1990:1), pengertian ilustrasi adalah seni gambar atau seni lukis yang diabadkan untuk kepentingan lain yang memberikan penjelasan atau mengiringi suatu pengertian, misalnya cerpen di majalah.

3. Rohidi

Menurut Rohidi (1984:87), arti ilustrasi adalah penggambaran suatu hal melalui elemen rupa untuk lebih menerangkan, menjelaskan, atau memperindah suatu teks sehingga pembaca dapat seolah-olah merasakan langsung sifat-sifat gerak, dan kesan cerita yang disajikan.

4. Fariz

Menurut Fariz (2009:14), pengertian ilustrasi adalah suatu ekspektasi dari ketidakmungkinan atau angan-angan yang sifatnya maya atau virtual.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI)

Menurut KBBI, arti ilustrasi adalah gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya; gambar, desain atau diagram untuk penghias (halaman sampul dan sebagainya; (penjelasan) tambahan berupa contoh, bandingan, dan sebagainya untuk memperjelas paparan (tulisan dan sebagainya).

Baca juga:  20+ Daftar Lengkap Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib dibawa Pulang

Tujuan Gambar Ilustrasi

Beberapa tujuan ilustrasi adalah sebagai berikut.

1. Menarik Perhatian Pembaca

Seorang penulis yang menempatkan ilustrasi di tulisannya akan membuat pembaca merasa penasaran sehingga tertarik untuk melanjutkan membaca.

2. Memperjelas Makna Tulisan

Selain menjadikan sebuah tulisan menjadi menarik, adanya visualisasi melalui ilustrasi membantu memperjelas makna yang penulis ingin sampaikan. Selain itu, hadirnya ilustrasi membantu pembaca dalam mengembangkan imajinasinya terhadap bacaan.

3. Ilustrasi sebagai Logo

Selain digunakan dalam media tulisan, sebuah ilustrasi juga bisa dimanfaatkan sebagai logo oleh suatu perusahaan. Logo mengandung arti penting bagi identitas perusahaan dalam mempromosikan produk mereka. Dengan ilustrasi yang baik maka promosi produk akan lebih mudah dilakukan.

4. Menciptakan Kesan Bermakna

Ilustrasi yang disajikan dengan baik akan memberikan kesan yang bermakna bagi pembaca maupun konsumen dibidang bisnis. Kemudian hal ini akan memicu pembaca mengulik lebih jauh mengenai konten yang menyajikan ilustrasi tersebut.

5. Memperlihatkan Keunikan

Ilustrasi merupakan suatu bentuk seni yang mengandung unsur keunikan. Semakin unik dan menarik suatu ilustrasi, maka akan semakin membuat orang penasaran akan konten yang dibawakan melalui ilustrasi tersebut.

Misalnya ketika menawarkan suatu produk berbahan alami, maka ilustrasi yang disajikan harus bersesuaian dengan konsep alami itu sendiri.

6. Menarik Pembaca Membaca Judul

Dalam karya tulis, hadirnya ilustrasi membantu pembaca untuk membaca judul. Dengan membaca judul maka dapat mempengaruhi minat pembaca untuk membuka isi konten tulisan tersebut.

7. Sarana Komunikasi Produk

Produsen akan semakin mudah mengenalkan produk kepada konsumen dengan bantuan ilustrasi. Misalnya kemasan produk yang menarik lebih mempengaruhi minat pembeli daripada kemasan produk yang tidak menghadirkan unsur ilustrasi di dalamnya.

Fungsi Ilustrasi

Ilustrasi memiliki beberapa fungsi penting dalam sebuah tulisan. Adapun beberapa fungsi ilustrasi adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Ilustrasi Secara Umum

  • Menarik Perhatian Pembaca; gambar ilustrasi yang terdapat pada buku, majalah, koran, dan media lainnya membuat informasi di dalam media tersebut menjadi lebih menarik untuk dibaca.
  • Memudahkan Pembaca Memahami Isi Pesan; seringkali pembaca lebih mudah memahami isi sebuah informasi bila dilengkapi dengan gambar ilustrasi.
  • Dapat Menggambarkan Sesuatu; gambar ilustrasi dapat membuat pembaca memahami suatu informasi tanpa harus membaca keseluruhan isi informasi tersebut.
  • Memudahkan dalam Mengungkap Kejadian; suatu peristiwa akan menjadi lebih mudah dipahami orang lain bila dijelaskan dengan ilustrasi tanpa harus diceritakan secara rinci.
  • Mengandung Nilai Estetika; informasi dalam bentuk teks yang mungkin membosankan bisa menjadi lebih menarik bila dilengkapi dengan gambar ilustrasi karena mengandung nilai estetika.
Baca juga:  Panduan Cara Mengecilkan Lengan Secara Cepat dan Cara Perawatannya

2. Fungsi Ilustrasi Secara Khusus

  • Deksriptif; dalam hal ini, gambar ilustrasi dapat memberikan penjelasan ringkas suatu tulisan sehingga lebih cepat dipahami pembacanya.
  • Ekspresif; menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk gambar merupakan fungsi ekspresif dari ilustrasi.
  • Kualitatif; penyampaian informasi penting dapat dilakukan dengan ilustrasi dalam bentuk grafik, tabel, simbol, dan lain-lain.
  • Analitis; dalam proses analitis, suatu ilustrasi dapat digunakan untuk menjelaskan bagian-bagian suatu benda secara rinci.

Contoh Ilustrasi

Berikut contoh dari beberapa ilustrasi.

1. Gambar Kartun

yaitu ilustrasi berupa gambar lucu dari manusia, hewan, tumbuhan, dan benda mati, yang digunakan untuk melengkapi suatu cerita. Beberapa contoh gambar kartun, yaitu; komik strip, gambar kartun, dan kartun editorial.

2. Gambar Karikatur

gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata Italia “caricare” yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan.

3. Ilustrasi Naturalis

yaitu gambar ilustrasi yang bentuk dan warnanya sesuai dengan kenyataan yang ada di alam tanpa penambahan dan pengurangan.Contoh Ilustrasi Naturalis

4. Ilustrasi Dekoratif

yaitu gambar ilustrasi dengan bentuk yang dilebih-lebihkan atau disederhanakan untuk menghiasi sesuatu.

5. Ilustrasi Khayalan

yaitu gambar ilustrasi yang dihasilkan dari imajinasi pembuatnya. Jenis ilustrasi ini banyak digunakan pada novel, komik, dan roman.

6. Ilustrasi Cergam

cergam atau cerita bergambar merupakan jenis komik yang berisi gambar dan teks dengan sudut pandang yang menarik.


Demikian ulasan mengenai ilustrasi dan beberapa contohnya. Semoga bermanfaat ya.

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Leave a Reply