Ide Pokok Adalah – Jenis dan Cara Menentukan Ide Pokok [LENGKAP]

ide pokok adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Ide pokok adalah topik yang menjadi pokok pengembangan paragraf, maka dari itu bentuk kalimatnya selalu umum. ide pokok dibagi menjadi 3 yang dijelaskan dalam artikel ini.

Sebelumnya telah dibahas tentang kalimat utama, nah ide pokok adalah inti atau maksud baik tersurat maupun tersirat dalam kalimat utama tersebut.

Dengan memahami ide pokok, maka mengetahui isi yang terkandung dalam sebuah tulisan jadi jauh lebih mudah dimengerti.

Dalam perkembangannya, ide pokok dikenal juga sebagai: gagasan pokok, gagasan utama, atau pikiran utama. Ide pokok dalam satu paragraf sering bersifat tersurat.

Sedangkan ide pokok dalam satu tulisan penuh, akan dapat diketahui secara tersirat setelah mengumpulkan semua ide pokok masing-masing paragraf.

Maka dari itu, ide pokok disebut juga sebagai simpulan dan pikiran utama.

Pengertian Ide Pokok Adalah

Ide pokok merupakan sebuah topik yang menjadi pokok pengembangan paragraf, maka dari itu bentuk kalimatnya selalu umum. Sebab setelah atau sebelum ide pokok dalam kalimat utama, terdapat penjelas yang disebut kalimat penjelas.

Guna menentukan ide pokok suatu paragraf, kamu perlu memahami dulu di mana saja letak ide pokok tersebut.

Secara umum letaknya mengikuti kalimat utama, yaitu di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), dan campuran keduanya. Bagaimana bisa campuran? Langsung saja tengok contoh menentukan ide pokok di bawah.

Cara Menentukan Ide Pokok Adalah

Syarat pertama adalah tidak malas membaca. Tidak ada sesuatu terselesaikan jika kita malas membaca.

Baca juga:  Rumah Adat Papua : Nama, Struktur, Fungsi, beserta Gambarnya

Dalam konteks lebih luas, membaca di sini bisa diartikan sebagai membaca keadaan, situasi, maupun kondisi. Kalau dalam cara menentukan ide pokok, maka kamu harus membaca tulisannya.

1. Menentukan Kalimat Utama

Cara pertama yang bisa kamu pakai untuk menentukan ide pokok adalah tahu mana kalimat utama. Sebagaimana telah pada pembahasan kalimat utama, ciri yang paling menonjol adalah bersifat umum.

Lepaskan kalimat penjelas dan fokus pada kalimat utama. Itulah ide pokok paragraf yang sedang kamu baca.

2. Fokus Membaca

Kemudian cara kedua adalah langsung membaca satu tulisan penuh dengan fokus yang tidak pecah.

Atau lebih mudahnya, sebagai latihan, kamu bisa membaca satu paragraf dengan seksama dan fokus penuh. Dengan begitu suatu ide atau inti tulisan yang kamu baca, yang bersifat umum itulah ide pokoknya.

3. Kesimpulan Paragraf

Kamu bisa menulis beberapa hal penting. Misalnya dalam buku ilmiah yang sedang kamu baca, satu paragrafnya gendut-gendut.

Nah, pada paragraf yang gendut itu, kemungkinan besar memiliki lebih dari satu ide pokok. Catatlah poin umum yang kamu temui, beberapa catatan tersebut merujuk pada ide pokok yang sedang dicari.

Contoh Menentukan Ide Pokok

Bagi beberapa orang, memahami ide pokok jauh lebih mudah menggunakan contoh daripada teori.

Maka dari itu, langsung simak penjelasan di bawah.

1. Contoh Ide Pokok dalam Paragraf Deduktif

Cara membuat diri bahagia ada banyak dan mudah dilakukan. Kamu bisa mulai dengan hal paling sederhana: tersenyum. Kemudian carilah udara segar yang membantu membuat rileks otak. Ingatlah bahwa ada banyak orang yang mempedulikanmu, serta yang paling penting, hargai dirimu sendiri secara wajar.

Ide pokok: cara bahagia.

Kalimat utama: cara membuat diri bahagia ada banyak dan mudah dilakukan (deduktif).

Baca juga:  Penjelasan Kutipan Langsung dan Tidak Langsung beserta Contohnya

Kalimat penjelas: Kamu bisa mulai dengan hal paling sederhana: tersenyum. Kemudian carilah udara segar yang membantu membuat rileks otak. Ingatlah bahwa ada banyak orang yang mempedulikanmu, serta yang paling penting, hargai dirimu sendiri secara wajar.

2. Contoh Ide Pokok dalam Paragraf Induktif

Terlalu memikirkan masalah akan membuat kamu semakin sedih. Selain itu, alangkah lebih baik untuk fokus untuk menyelesaikan. Tidak perlu menggerutu yang berlebihan. Tetap semangat dan mintalah bantuan kepada orang terpercaya jika diperlukan. Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah.

Ide pokok: cara mengatasi kesedihan.

Kalimat utama: Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah (induktif).

Kalimat penjelas: Terlalu memikirkan masalah akan membuat kamu semakin sedih. Selain itu, alangkah lebih baik untuk fokus untuk menyelesaikan. Tidak perlu menggerutu yang berlebihan. Tetap semangat dan mintalah bantuan kepada orang terpercaya jika diperlukan.


Bagaimana? Sudah paham dengan ide pokok sampai cara menentukannya? Ide pokok adalah sesuatu yang bersifat tersurat atau perlu pemaknaan.

Namun bisa juga, kalimat utama juga dipakai sebagai ide pokok asal ringkas dan umum.

Referensi: dosenpendidikan.co.id

Sedang menyelesaikan studi di Kota Bandung

Be the first to comment

Leave a Reply