Hujan Meteor Geminid – Proses dan Jadwal Terjadinya

Hujan meteor geminid bisa diamati pada sekitar tanggal 14 Desember di tahun ini. Adapun waktu optimalnya mulai sekitar pukul 21.00 malam hari

Hujan meteor adalah fenomena alam yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar dilangit malam.

Hujan meteor menjadi fenomena alam yang sudah biasa terjadi dimuka bumi, tentu saja kita terpukau dan terpesona dengan fenomena hujan meteor ini.

Hujan meteor tercipta dari sejumlah meteor yang  memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi. Karena ukuran meteor-meteor tidaklah besar menyebabkan meteor hancur ketika memasuki atmosfer bumi sehingga menimbulkan efek seperti hujan.

Hujan Meteor Geminid

Hujan meteor geminid

Terdapat beberapa macam jenis hujan meteorr seperti Orionid, Quadrantid, Perseid, Geminid dan masih banyak lagi.

Salah satu hujan meteor yang sering terjadi setiap tahun terutama pada bulan desember yaitu hujan meteor Geminid.

Hujan meteor Geminidd adalah hujan meteor yang sumbernya seolah-olah berasal dari arah rasi bintang gemini.

Hujan meteor geminid rasi gemini
letak rasi bintang Gemini

Dari pengamatan arah rasi bintang gemini inilah kita dapat mengamati hujann meteor Geminid.

Rasi bintang gemini terletak di langit belahan utara dan posisinya berada di utara rasi orion yang sangat mudah dikenali. Ketika ingin melihat rasi bintang gemini, mula-mula kita mengamati rasi orion terletak di langit belahan selatan, kemudian lihat ke atas dan ke arah kiri rasi orion sehingga kita akan menemukan rasi bintang Gemini.

Kemudian, bagaimana proses terjadinya hujan meteor ini? Mari simak penjelasan berikut.

Proses Terjadinya Hujan Meteor Geminid

Asteroid 3200 Phaethon yang menghantam atmosfer bumi

Hujan metor Geminid disebabkan karena serpihan yang berasal dari asteroid. Asteroid yang menabrak bumi ini bernama asteroid 3200 Phaethon.

Baca juga:  Asal-usul kamera: mulai dari penemu muslim sampai kamera canggih masa kini

Asteroid ini berasal dari tabrakan dengan objek lain di ruang angkasa, kemudian meninggalkan serpihan benda langit dan melintasi orbit bumi.

Jadi terdapat serpihan yang terbawa angin matahari dan ada juga sisa serpihan asteroid yang tertinggal pada orbit bumi, serpihan ini akan tertarik oleh gaya gravitasi bumi hingga pada akhirnya akan menciptakan hujan meteor. Proses terjadinya hujan meteor ini meliputi beberapa proses seperti

Proses terjadinya hujan meteor Geminid

Proses diatas merupakan tahapan terjadinya hujan meteor geminnid yang arahnya berasal dari rasi bintang gemini, Nah bagaimana ciri-ciri hujan meteor gemini? Berikut penjelasannya,

Ciri-ciri Hujan Geminid

Kilatan cahaya dari hujan meteor Geminid

Fenomena hujan meteor geminid menghasilkan warna langit yang menakjubkan berupa kilatan-kilatan cahaya putih dan berwarna kuning, biru, merah maupun hijau.

Meteorid Geminid menghantam atmosfer Bumi dengan kecepatan 35 km/s, benturan yang disebabkan meteorid geminid ini sepintas terlihat sangat cepat. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan kecepatan meteor lainnya hujan meteor Geminis cenderung paling lambat daripada yang lain.

Sejak ditemukannya di awal abad ke 19, Intensitas hujan meteor ini relatif lemah. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, hujan meteor ini menjadi hujan tahunan terkuat dengan tingkat intensitas sekitar 120 meteor per jam.

Ciri-ciri yang membedakan hujan meteor Geminid dengan mmeteor yang lain adalah sebagai poin berikut.

  • Meteor berasal dari benda-benda langit yang melintasi obit bumi dan menghantam atmosfer bumi
  • Hujan meteor ini berasal dari rasi bintang Gemini
  • Hujan meteor ini menghasilkan kilatan-kilatan cahaya seperti warna kuning, merah, biru dan hijau
  • Pengamatan hujan meteor Gemiinid dapat dilakukan hampir diseluruh wilayah bumi

Cara Melihat Hujan Meteor Geminid

Pengamatan terbaik untuk melihat hujan meteor ini adalah dalam rentang waktu malam hari sampai waktu fajar. Pada tahun ini diperkirakan hujan meteor Geminid terjadi pada tanggal 14 Desember 2019.

Baca juga:  Lebah raksasa ditemukan di Indonesia setelah hilang 40 tahun lamanya

Agar pengamatan bisa dilakukan dengan jelas, temukan langit terbuka untuk mengamati hujan meteor ini. Meskipun arah datang meteor berasal dari rasi bintang Gemini, pengamat dapat melihat lintasan hujan meteor geminidd disemua arah.

Kondisi optimal pengamatan hujan meteor Geminiid dapat diamati lebih awal sekitar pukul 21.00 malam hari. Menurut para ahli Astronomi pengamatan paling baik bisa dilakukan pada waktu tengah malam sampai fajar, dengan puncaknya sekitar pukul 02.00 Dini hari.

Selain dapat dilihat menggunakan mata telanjang, pengamatan hujan meteor bisa lebih afdol bila menggunakan alat bantu seperti teleskop atau teropong. Dengan bantuan alat tersebut, pengamat bisa melihat lebih banyak meteor dan kilatan cahaya yang lebih jelas di langit.

Referensi

Geminid Meteor Shower – Space.com

About Muhammad Mirza 83 Articles
Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*