Globalisasi- Pengertian, Ciri-Ciri, beserta Contohnya [LENGKAP]

globalisasi adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak ada batas-batas yang mengikat secara nyata antar negara.

Globalisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti adanya perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, transportasi, telekomunikasi yang mana berpengaruh pada perubahan berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat.

Contohnya globalisasi dalam aspek ekonomi adalah terciptanya pasar bebas yang membuat perdagangan antara negara dapat dilakukan dengan bebas.

Pengertian Globalisasi

globalisasi adalah

Globalisasi berasal dari kata Globalization. Global yang artinya dunia dan lization artinya proses, sehingga secara bahasa Globalisasi adalah proses yang mendunia membuat manusia saling bergantung satu sama lain tanpa adanya batasan yang mengikat.

Beberapa para ahli berpendapat mengenai pengertian globalisasi diantaranya

  • Anthony Giddens
    Globalisasi adalah suatu hubungan sosial yang mendunia yang kemudian terhubung satu sama lain sehingga antara kejadian dari tempat yang berbeda bisa berdampak juga bagi tempat yang lain.
  • Selo Soemardjan
    Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluru dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.
  • The American Heritage Dictionary
    Globalisasi adalah tindakan dari suatu proses atau pengambilan kebijakan yang menjadikan sesuatu mendunia, baik dalam lingkupnya ataupun aplikasinya.

Ciri-Ciri Globalisasi

globalisasi adalah

Adapun beberapa ciri-ciri globalisasi antara lain

  • Terjadi perubahan konsep jarak ruang dan waktu

Didukung dengan adanya teknologi internet, handphone, televise sehingga informasi bisa menyebar sangat cepat dari belahan dunia satu ke belahan dunia lainnya.

Dengan adanya kemajuan transportasi membuat kita dapat menempuh jarak ratusan kilometer hanya beberapa jam saja.

  • Adanya saling ketergantungan dalam bidang ekonomi dan perdagangan

Ketergantungan dalam bidang ekonomi terjadi karena adanya perdagangan yang sangat masif dan bebas antar negara, hal ini juga berkat adanya dominasi WTO (World Trade Organization) yang mengatur perdagangan dunia.

  • Adanya peningkatan interkasi kultural
Baca juga:  20+ Manfaat dan Kandungan Buah Plum bagi Kesehatan

Media sosial, internet dan televisi bisa membuat kita tahu akan keaneragaman budaya yang ada di dunia luar dan menambah pengetahuan baru tentang wawasan global.

  • Meningkatnya masalah bersama

Di era globalisasi sekarang ini apapun masalah yang ada dalam suatu negara bisa menjadi perhatian dunia internasional atau perhatian bersama.

Contoh Globalisasi

Globalisasi mencakup keseluruhan bidang seperti ekonomi, sosial, IPTEK dan lain-lain. Berikut adalah contoh-contoh dari globalisasi di masing-masing bidang.

Contoh Globalisasi dalam Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi sangat erat hubungan dengan kehidupan bernegara, interaksi antar negara melalui kerja sama ekonomi dilakukan untuk mewujudkan kepentingan bersama. Adapun contoh globalisasi dalam bidang ekonomi antara lain:

  • Kegiatan Ekspor dan Impor

Kegiatan ekspor dan impor memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian negara, karena bisa meningkatkan hubungan antar kedua negara, selain itu bisa menambah pemasukan negara (devisa).

  • Masyarakat Ekonomi ASEAN

Masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA memiliki peranan penting dalam perdagangan internasonal di wilayah asia tenggara. Dengan adanya MEA, pedagang kecil bisa menjual produknya ke luar negeri dengan sangat mudah.

Contoh Globalisasi Bidang IPTEK

Ada banyak contoh teknologi yang kita rasakan dan sudah digunakan di era globalisasi ini salah satunya adalah kemudahan mendapatkan informasi dan kemudahan dalam transaksi jual beli.

Masyarakat mudah mengakses informasi yang ada di semua belahan dunia berkat hadirinya teknologi infrormasi sekarang ini.

Selain itu, transaksi jual beli semakin mudah melalui E-commerce bahkan masyarakat bisa melakukan transaksi luar negeri dengan sangat cepat dan mudah.

Contoh Globalisasi Bidang Sosial

Globalisasi di bidang sosial dipengaruhi karena adanya dorongan dari luar negera lain yang menyebabkan kehidupan sosial kita semakin berkembang.

Baca juga:  20+ Daftar Film Korea Komedi Romantis Terbaik

Contohnya yaitu masyarakat yang tidak lagi homogen karena terjadinya perubahan struktur masyarakat yang cukup luas.

Masyarakat sekarang tidak hanya ditempati oleh suku tertentu saja, akan tetapi sudah bercampur dengan suku lain dan tidak ada lagi diskriminasi sosial.

Efek sosial dalam globalisasi tidak hanya membawa dampak positif saja, akan tetapi adapula dampak negatifnya yaitu menghilangnya kegiatan gotong-royong. Masyarakat sekarang cenderung individualis dan tidak peduli dengan orang disekitarnya.

Contoh Globalisasi bidang politik

globalisasi adalah

Adapun dampak globalisasi akibat kerjasama politik antar negara atau secara internasioal sehingga berkembang menjadi lebih baik contohnya terbentuknya organisasi internasioal seperti ASEAN, PBB dan masih banyak lagi.

Terbentuknya organisasi intenasional akan menambah hubungan politik antar negara semakin baik baik dari segi ekonomi, politik, sosial dan bidang lainnya.

Selain itu, melakukan kerja sama internasioal baik secara bilateral ataupun multilateral akan membuat hubungan antar negara menjadi kuat dan stabil dalam bidang politik.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Globalisasi, ciri-ciri dan contohnya. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply