7 Fungsi Protein untuk Tubuh [Penjelasan Lengkap]

ilustrasi oleh dribbble.com

Fungsi protein sangat bermanfaat bagi tubuh kita mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, serta pemeliharaan jaringan tubuh melalui berbagai reaksi kimia.

Seperti yang kita ketahui, tubuh kita membutuhkan berbagai macam asupan nutrisi agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satu dari asupan nutrisi untuk tubuh tersebut adalah protein.

Tentunya, protein sudah tak asing lagi bagi kita. Namun, banyak sebagian dari kita yang masih belum mengetahui manfaat dari protein bagi tubuh kita. Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai fungsi dari protein untuk tubuh pada artikel kali ini.

Protein sangat penting karena berfungsi untuk menggantikan sel dan jaringan tubuh yang rusak. Tidak hanya itu, beberapa fungsi protein yang lainnya akan dijelaskan lebih lengkap sebagai berikut

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

fungsi protein kekebalan tubuh

Protein berperan dalam pembentukan imunoglobulin atau antibodi, yang berguna untuk melawan infeksi. Dengan cara ini, kita terlindungi dari segala macam benda asing yang menyebabkan penyakit, termasuk bakteri dan virus.

Ketika tubuh menghasilkan antibodi, maka ketika bakteri atau virus yang sama menyerang lagi di lain waktu, sel tubuh kita akan merespons dengan cepat. Ini terjadi karena tubuh memiliki kekebalan terhadap penyakit yang pernah terpapar sebelumnya.

2. Alat pengangkut dan penyimpan zat gizi

Protein adalah elemen utama dalam mengangkut zat gizi dalam tubuh. Melalui aliran darah, protein mengangkut zat gizi seperti vitamin, mineral, gula darah, kolesterol hingga oksigen ke seluruh tubuh.

Protein juga digunakan untuk menyimpan zat tertentu, seperti ferritin. Ferritin adalah protein yang dikombinasikan dengan zat besi. Zat besi adalah zat yang disimpan di hati (liver).

Jika tubuh manusia kekurangan atau kelebihan zat besi, maka ferritin akan bertindak sebagai penyangga.

3. Menjaga keseimbangan asam dan basa pada tubuh

Protein menjadi salah satu pengatur tingkat keasamaan cairan di tubuh. Tingkat keasaman diukur menggunakan skala pH.

Misalnya, hemoglobin dalam darah juga mengikat asam dalam porsi kecil, yang dapat menjaga kestabilan derajat keasaman di darah.

4. Membentuk struktur tubuh

Beberapa protein juga dapat membantu sel dan jaringan dalam tubuh menjadi lebih kuat.

Protein yang berperan dalam struktur tubuh kita adalah keratin, kolagen dan elastin. Protein-protein ini berperan dalam pembentukan kerangka struktur tertentu agar saling berkait.

Keratin ditemukan di kulit, rambut dan kuku. Kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh manusia dan mendukung struktur tulang, tendon, ligamen, dan kulit yang sehat. Sememtara elastin ditemukan di rahim, paru-paru, dan pembuluh darah.

5. Pembentukan hormon

Protein terlibat dalam pebentukan beberapa jenis hormon.

Zat ini membantu tubuh mengontrol fungsi-fungsi tubuh yang melibatkan interaksi berbagai organ. Insulin adalah bentuk lain dari protein yang mengatur gula darah.

Hormon diproduksi dan dikeluarkan oleh kelenjar endokrin, lalu diangkut ke jaringan atau organ yang menjadi target melalui aliran darah.

6. Mempercepat reaksi kimia dalam tubuh

fungsi protein kimia

Protein berperan dalam proses pembentukan enzim. Enzim ini merupakan protein yang dapat meningkatkan laju reaksi kimia dalam tubuh.

Faktanya, sebagian besar reaksi kimia dalam tubuh kita tidak akan berjalan lancar tanpa enzim. Selain itu, beberapa enzim juga bekerja sama dengan vitamin dan mineral.

Sebagai contoh, suatu enzim berfungsi membantu mencerna protein, karbohidrat, dan lemak dari molekul yang besar ke molekul yang lebih kecil, sementara enzim yang lainnya membantu pembentukan DNA.

7. Pemeliharaan jaringan tubuh

Protein berperan menjadi pondasi bagi pemeliharaan jaringan tubuh manusia. Tidak hanya pemeliharaan, namun juga pengembangan dan perbaikan jaringan tubuh seperti kulit, mata, otot, rambut dan semua organ yang terbuat dari protein.

Oleh karena itu anak-anak dan wanita hamil sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi agar pertumbuhan mereka dan janin bisa berjalan dengan baik.

Nah, itulah beberapa fungsi protein bagi kita. Ternyata protein itu sangat penting ya!

Kita juga bisa mendapatkan protein ini dengan mudah seperti pada telur, daging ayam, oats, udang, susu, beberapa sayuran dan banyak lagi.

Jadi tetap sayangi tubuhmu salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan berprotein yang cukup.