Berikut merupakan fungsi hutan, kecuali [Jawaban + Pembahasan]

Berikut ini merupakan fungsi hutan, kecuali (d) Menghasilkan bahan kebutuhan pokok penduduk. Pembahasan selengkapnya dalam artikel ini.

Pertanyaan

Berikut ini merupakan fungsi hutan, kecuali

A. Menyimpan air hujan
B. Mencegah terjadinya erosi
C. Menghasilkan oksigen
D. Menghasilkan bahan kebutuhan pokok penduduk

Jawaban

Berikut ini merupakan fungsi hutan, kecuali (d) Menghasilkan bahan kebutuhan pokok penduduk.

Pembahasan Fungsi Hutan

Fungsi hutan secara umum meliputi penyimpanan air hujan, pencegahan erosi, dan produksi oksigen melalui proses fotosintesis.

Meskipun hutan dapat menyediakan sumber daya bagi penduduk seperti kayu dan produk non-kayu lainnya, istilah “menghasilkan bahan kebutuhan pokok penduduk” tidak secara spesifik merujuk pada fungsi ekologis hutan, melainkan pada manfaat ekonomi yang mungkin diperoleh dari hutan.

Fungsi hutan lebih kepada manfaat lingkungan dan ekosistem secara keseluruhan. Lebih lanjut tentang fungsi hutan, simak materinya di bawah ini.

Sehingga jawaban dari pertayaaan “Berikut ini bukan merupakan fungsi hutan adalah…” adalah (d). Menghasilkan bahan kebutuhan pokok penduduk

Materi Hutan dan Fungsinya

Apa itu hutan?

Hutan adalah suatu area yang luas dan ditumbuhi secara dominan oleh pohon-pohon serta berbagai jenis tumbuhan lainnya.

Hutan merupakan ekosistem yang kompleks yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Hutan menyediakan habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna.

Fungsi hutan

Beberapa dari fungsi utama hutan adalah sebagai berikut:

  • Penyediaan Oksigen: Melalui proses fotosintesis, tumbuhan di hutan menghasilkan oksigen yang esensial bagi kehidupan hampir semua makhluk hidup.
  • Penyerap Karbon Dioksida: Hutan berperan sebagai penyerap karbon, yang membantu mengurangi jumlah gas karbon dioksida di atmosfer dan berperan dalam mitigasi perubahan iklim.
  • Konservasi Air: Hutan memainkan peran penting dalam siklus hidrologi, menyimpan air hujan dan melepaskannya secara perlahan, yang membantu dalam ketersediaan air bersih.
  • Pencegah Erosi Tanah: Akar pohon dan vegetasi lainnya membantu menahan tanah, mencegah erosi yang bisa disebabkan oleh angin atau air.

Selain memiliki fungsi utama tersebut, hutan juga memiliki fungsi lainnya seperti:

  • Keanekaragaman Hayati: Hutan adalah rumah bagi sejumlah besar spesies flora dan fauna, beberapa di antaranya tidak ditemukan di tempat lain di bumi.
  • Sumber Daya Alam: Hutan menyediakan berbagai sumber daya, termasuk kayu, resin, getah, dan tanaman obat, yang penting bagi ekonomi dan kebudayaan manusia.
  • Wisata Alam dan Rekreasi: Hutan juga menyediakan tempat untuk rekreasi dan wisata alam, yang penting untuk kesehatan mental dan fisik manusia.
  • Sumber Pangan: Hutan juga bisa menjadi sumber pangan melalui buah-buahan, kacang-kacangan, dan sumber protein dari hewan liar.

Hutan bisa dibagi menjadi beberapa tipe berdasarkan iklim dan geografi, seperti hutan hujan tropis, hutan gugur, hutan boreal, dan lainnya, masing-masing dengan ciri khas dan fungsi ekologisnya sendiri.

Artikel Terkait