Frontliner – Pengertian, Tugas, Jenis, Fungsi, Syarat

frontliner adalah
Ilustrasi oleh dribbble.com

Frontliner adalah jenis pekerjaan yang bertugas untuk melayani konsumen seperti misalnya customer service dan teller yang biasanya bekerja perusahaan perbankan.

Hasil gambar untuk Frontliner gambar

Pengertian Frontliner

Frontliner adalah sebuah kategori pekerjaan dalam suatu perusahaan biasanya perbankan dan jasa jasa lainnya. Secara umum frontliner bertugas untuk melayani customer secara langsung.

Yang mana tugas dari garis depan ini yaitu untuk dapat memberikan kejelasan kepada pelanggan karena itu adalah tugas yang paling penting sebagai antarmuka eksternal.

Tugas Frontliner

Frontiler mempunyai tugas yang sangat penting bagi sebuah perusahaan dalam memperkenalkan perusahaannya pada publik maupun memberikan pelayanan pada konsumen atau pelanggan.

Maka dari seorang Frontiler harus memiliki penampilan yang baik, bersikap sopan dan ramah pada pelanggan untuk memberikan kesan dan citra yang baik bagi pelanggan dan konsumen mengenai perusahaan tempatnya bekerja.

Sebagai seorang Frontiler yang baik, harus mempunyai beberapa perilaku berikut, diantaranya yaitu :

  • Murah senyum
  • Bersikap sopan
  • Ramah
  • Berkepribadian hangat
  • Lembut dan santun
  • Memperlakukan pelanggan sebagai orang yang paling penting
  • Setia dan sabar mendengarkan kebutuhan pelanggan
  • Memberikan pelayanan dengan sepenuh kati
  • Memiliki bahasa tubuh yang baik dan sopan
  • Memiliki pengetahuan yang baik mengenai perusahaan dan produk atau jasa yang diwakilinya
  • Berpenampilan baik dan berpakaian sopan

Karena tugas seorang Frontiler tidak hanya untuk memberikan informasi pada pelanggan atau konsumen, atau pun memberikan pelayanan bagi pelanggan. Tapi tugas utama seorang Frontiler yaitu menjadi barisan paling depan dari perusahaan tempatnya bekerja.

Sehingga jika melihat mereka, konsumen atau pelanggan akan langsung tertuju pada perusahaan yang diwakilinya. Ini lah yang membuat perusahaan harus memiliki seorang Frontiler yang kompeten dan mengerti dengan baik tugas yang harus diembannya.

Jenis Jabatan Frontliner

1. Customer Service

Hasil gambar untuk Customer Service

Customer service merupakan suatu aktivitas yang bertujuan untuk memberikan sebuah pelayanan atau service kepada klien, konsumen, nasabah dan lain – lainnya dalam menyelesaikan suatu masalah yang sedang dialaminya dengan tetap menjaga sebuah kenyamanan dan kepuasan.

Baca juga:  Tekanan Hidrostatis - Pengertian, Rumus, Contoh Soal [LENGKAP]

Pelayanan yang dapat diberikan oleh seorang customer service adalah dengan menerima keluhan dan masalah dari konsumen dan memberikan sebuah solusi atau jalan keluar masalah.

Tugas dan Fungsi Customer Service

Seorang customer servis harus bisa dan pandai dalam memecahkan suatu masalah atau dengan cara lain mencari sebuah jalan keluar untuk menyelesaikan sebuah masalah yang dihadapi oleh konsumen atau nasabah.

Tugas seorang customer service ialah memberikan sebuah pelayanan yang baik dan menjaga hubungan baik dengan nasabah, klien, atau pelanggan. Customer service juga berfungsi untuk :

  • Penerima Tamu
  • Komunikator, dengan cara memberikan sebuah informasi dan kemudahan kepada nasabah yang membutuhkan pertolongan
  • Memberikan sebuah Informasi produk Bank
  • Bertugas untuk Melayani pembukuan dan penutupan rekening nasabah
  • Handling complaint, untuk melayani segala bentuk complain dari nasabah
  • Bertugas untuk melayani nasabah dalam hal pelayanan jasa atau produk ,(transfer, inkaso, pemindahan buku tabungan, dan lain – lain
  • Melaksanakan tugas yang dberikan oleh atasan

2. Teller

Hasil gambar untuk teller

Teller merupakan salah satu petugas bank yang tugas dari pekerjaan sehari-harinya adalah melayani nasabah, untuk semua transaksi keuangan perbankan oleh nasabah. Misalnya menabung, transfer, dan berbagai jenis transaksi lainnya.

Tugasnya secara umum adalah membantu, menangani dan memberikan solusi untuk semua nasabah yang ingin melakukan transaksi perbankan dan memberi sebuah jasa layanan uang tunai maupun non tunai.

Tugas dan Fungsi Teller

Teller memiliki tugas yaitu memberi pelayanan perbankan bagi nasabah dan calon nasabah di sebuah bank. Fungsinya menjadi sangat krusial, karena setiap harinya mereka langsung berhadalan dengan nasabah.

Seorang teller dituntut untuk berpenampilan sempurna setiap saat, untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada nasabahnya. Berikut tugas lainnya dari teller :

  • Wajib datang tepat waktu sesuai dengan jam masuk, dan pastikan seluruh perlengkapan berfungsi dengan baik. Misalnya alat hitung, komputer dan perlengkapan yang lainnya.
  • Bersikap rama pada setiap nasabah, selalu memberi salam dan memberi ucapan terima kasih saat tugasnya sudah selesai.
  • Menjaga penampilan sesuai dengan standar bank misalnya dalam cara berpakaian, rambut rapi, dan menggunakan ID card Bank dan lain sebagainya.
  • Setiap melakukan setor atau tarik tunai teller juga wajib melakukan perhitungan uang nasabah tersebut.
  • Melakukan transaksi pembayaran tunai atau non tunai, kepada setiap nasabah yang bertransaksi dan melakukan update data transaksi di sistem komputer.
  • Memiliki tanggung jawab atas kesesuaian antara jumlah kas dengan yang diperoleh.
Baca juga:  Metamorfosis Belalang (Gambar + Penjelasan) LENGKAP

Kedua posisi jabatan tersebut di atas adalah bagian dari frontliner karena fungsinya adalah menjadi garda depan, dari perbankan atau pelayanan jasa keuangan yang berkaitan langsung dengan nasabah/calon nasabah.

Seorang frontliner juga wajib memberi kesan yang baik setiap waktu dan dituntut untuk memberi kesan terbaik bagi pelanggannya, memiliki kemampuan yang inovatif terhadap nasabah, berpenampilan menarik, dapat bekerjasama dengan tim atau bekerja sendiri, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan jelas.

Syarat Frontliner

Bagi frontliner memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya adalah:

  1. Harus Menarik dari segi wajah dan penampilan
  2. Mempunyai tinggi dan berat badan yang profesional
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Mempunyai mental yang kuat dalam hal melayani nasabah
  5. Memiliki rasa humor dan rasa ingin tahu yang tinggi
  6. Energik dan cekatan dalam bekerja
  7. Mampu untuk mengendalikan diri
  8. Tidak mudah terpancing emosi dan berkata – kata kasar
  9. Mempunyai jiwa sosial yang tinggi
  10. Bijaksana
  11. Mempunyai budi pekerti yang tinggi
  12. Pandai bergaul dan besosialisasi dengan lingkungan
  13. Mampu bekerja sama serta berkomitmen dengan berbagai macam pihak

Demikian pembahasan tentang frontliner baik dari pengertian, jenis, tugas, fungsi dan syaratnya sebagai frontliner. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • gurupendidikan.co.id
  • webschool.id
Tertarik dunia sains dan kepenulisan.

Be the first to comment

Leave a Reply