20 Rekomendasi Film Romantis Terbaik (Korea, Indonesia, Barat, dll)

Ilustrasi oleh dribbble,com

Film romantis terbaik yang wajib ditonton antara lain Habibie dan Ainun, Ada Apa dengan Cinta, The Beauty Inside, A Moment to Remember dan selengkapnya dalam artikel ini.

Kegiatan menonton film di waktu weekend sangatlah menyenangkan. Salah satu pilihannya adalah menonton film bergenre romantis yang bisa membuat kamu baper sendiri!

Biar nggak bingung, yuk simak ulasan rekomendasi film romantis terbaik berikut!

Film Romantis Indonesia

1. Ada apa dengan cinta? (2002)

film romantis terbaik

Film AADC ini merupakan film romantis terbaik sepanjang masa yang dicintai oleh semua kalangan. Film ini berkisah tentang Cinta (Dian Sastro Wardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) semasa sekolah SMA.

Cinta yang merupakan pengurus OSIS, harus berurusan dengan Rangga. Sama-sama menyukai seni puisi, keduanya menaruh hati satu-sama lain.

Di akhir cerita, Cinta dan Rangga harus berpisah karena Rangga pindah ke Amerika Serikat bersama dengan ayahnya. Bagaimana nasib Cinta dan Rangga kemudian?

2. Heart (2006)

film romantis terbaik

Film romantis terbaik ini sudah berkali-kali ditayangkan kembali dalam bentuk film dan series melalui stasiun televisi. Heart bercerita mengenai kisah cinta Rachel (Nirina Zubir) yang bersahabat dengan Farel (Irwansyah).

Rachel yang menyukai farel, harus menerima kenyataan pahit karena Farel memilih untuk mencintai Luna (Acha Septriasa). Hal ini membuat Rachel cemburu dan membenci Luna.

Namun, tidak disangka, di akhir cerita Luna mengalami sakit keras hingga Rachel harus mendonorkan hatinya untuk menyelamatkann hidup Luna.

3. Ayat-Ayat Cinta (2008)

film romantis terbaik

Film Ayat-Ayat Cinta mengisahkan Fahri (Fedi Nuril), seorang pelajar Indonesia di Al-Azhar, Mesir. Fahri termasuk orang yang taat dalam beragama sehingga ia berkomitmen tidak berpacaran sebelum menikah.

Namun, Fahri diuji dengan pertemuan beberapa gadis, seperti Maria Girgis (Carissa Puteri) tetangga nasrani satu flat dengan Fahri.

Lalu Fahri juga bertemu dengan Nurul (Melanie Putria), anak kyai yang jatuh hati dengan Fahri. Dan ada Noura (Zaskia Adya Mecca), tetangga yang kerap disiksa ayahnya hingga mendapat empati dari Fahri.

Dan yang terakhir adalah Aisha (Rianti Cartwright), seorang wanita bercadar yang jatuh cinta dengan Fahri karena suatu peristiwa.

4. Di Bawah Lindungan Kabah (2011)

film romantis terbaik

Dikisahkan Hamid (Herjunot Ali) dan Zainab (Laudya Chynthia Bella) berasal dari keluarga dengan tingkat sosial yang berbeda. Hamid dapat bersekolah atas bantuan ayah dari Zainab. Seiring dengan seringnya bertemu, membuat Hamid dan Zainab saling jatuh cinta.

Hamid dan Zainab mengimpikan setiap manusia bisa bebas untuk mencintai dan dicintai. Keduanya menghadapi berbagai percobaan dalam mempertahankan cintanya. Hamid yang diusir warga karena berani menyentuh Zainab hingga perjodohan Zainab dengan anak saudagar kaya.

Meski menghadapi berbagai macam cobaan, Hamid dan Zainab sama-sama mempertahankan cinta mereka. Hamid yang diusir dari kampung berkelana hingga akhirnya bisa menunaikan ibadah Haji di Mekah. Sementara Zainab tetap menjaga janjinya untuk tidak menikah dengan orang yang tidak ia cintai. Hamid yang di Mekah akhirnya meninggal di hadapan Ka’bah setelah mengetahui bahwa kekasihnya, Zainab, telah meninggal.

5. Habibie dan Ainun (2012)

Film Habibie & Ainun merupakan film kisah nyata yang mengisahkan kisah cinta BJ Habibie bersama istrinya Ainun. Habibie (Reza Rahadian) merupakan seorang ahli pesawat terbang memiliki impian untuk membuat pesawat bagi negaranya.

Pada saat di Bandung, Habibie bertemu dengan teman SMP-nya yaitu Ainun (Bunga Citra Lestari). Dahulu, Ainun yang sempat diejek oleh Habibie justru telah membuatnya jatuh hati. Habibie dan Ainun akhirnya menikah dan pindah ke Jerman.

Habibie dan Ainun membangun cinta dalam perjuangan mewujudkan mimpi. Bagi Habibie, Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Hingga akhir kisah, Ainun mengalami sakit hingga meninggal. Namun, Habibie tidak pernah sekalipun melupakan istri yang dicintainya tersebut.

6. Dilan 1990 (2018)

Film romantis Dilan sangat populer karena banyak diperbincangkan oleh semua kalangan. Mengangkat kisah romansa anak SMA, dikisahkan Dilan (Iqbal Ramadhan) jatuh hati dengan Milea (vanesha Prescilla) dengan latar tahun 1990.

Milea yang awalnya cuek dengan Dilan, akhirnya mengenal keunikan Dilan yang baik, pintar, dan romantis. Dilan memiliki cara yang unik dibanding dengan laki-laki yang lain.

Namun, kisah mereka mengalami berbagai cobaan. Milea ternnyata mempunyai pacar di Jakarta yang bernama Beni (Brandon Salim). Pertemuan Beni dan Dilan membuat keduanya bertengkar dan akhirnya Milea putus dengan Beni.

Film ini terdiri dari beberapa sekuel yang ceritanya masih berlanjut. Diantaranya yaitu  Dilan 1991 (2019) dan Milea: Suara dari Dilan (2020).

Film Romantis Korea

Industri perfilman Korea Selatan kini tengah menjadi salah satu perhatian dunia. Film Korea dikenal apik dengan berbagai macam genre, termasuk genre romantis. Berikut adalah rekomendasi beberapa film romantis Korea Sselatan.

1. A Moment to Remember (2004)

A Moment to Remember bercerita tentang seorang wanita bernama Su Jin (Son Ye Jin) yang tak sengaja bertemu Chul Soo (Jung Woo Sung). Mereka sempat mengalami salah paham ketika Su Jin salah mengambil minuman kaleng di minimarket.

Berikutnya mereka bertemu lagi karena Chul Soo merupakan pekerja bangunan ayahnya. Karena kejadian tukar minuman, Chul Soo membalas perbuatan tersebut lagi, dan karena salah paham inilah kisah romantis dimulai.

Akhirnya mereka menikah, tapi lambat-laun penyakit Alzheimer Su Jin semakin terlihat. Chul Soo berusaha membantu istrinya untuk kembali dengan berbagai cara. Bagaimana akhir kisah mereka? Coba tonton aja!

2. A Werewolf Boy (2012)

film romantis terbaik

Film ini menceritakan tentang seorang manusia serigala jadi-jadian yang mendiami salah satu rumah di pedesaan di Korea. Rumah itu akhirnya ditinggali oleh Soon Yi (Park Bo Young) beserta ibu dan adik perempuannya. Mereka terpaksa tinggal di sana karena ada Ji Tae (Yoo Yeon Seok), pria muda anak konglomerat yang mau mendekati Soon Yi.

Di malam pertama tinggal di sana adalah pertemuan pertama Soon Yi dan keluarganya dengan manusia serigala jadian-jadian yang akhirnya diberi nama Cheol Soo (Song Joong Ki). Cheol Soo diajari banyak hal dengan Soon Yi. Makan, duduk, dan manner lainnya. Itu yang membuat Cheol Soo selalu setia dengan Soon Yi.

Suatu ketika, Ji Tae ingin sekali mengusir Cheol Soo dari keluarganya Soon Yi. Dia menuduh dan memprovokasi Cheol Soo supaya menyakiti Soon Yi. Karena sama-sama sayang, Soon Yi pun menyuruh Cheol Soo untuk menjauhi dirinya sekaligus menunggunya. Hingga akhirnya Soon Yi pun menua dan tinggal di luar negeri.

3. The Beauty Inside (2015)

Diceritakan, Woo-jin, pada usia ke-18 tiba-tiba mengalami kejadian aneh. Ketika ia bangun di pagi hari, ia melihat wajahnya berubah menjadi orang lain. Besoknya ketika ia bangun lagi, wajahnya berubah lagi menjadi orang yang lain lagi. Demikian seterusnya.

Terkadang ia berubah menjadi seorang pria, wanita, terkadang tua, muda, memiliki penglihatan buruk, kadang fisiknya prima, kadang fisiknya lemah. Keadaan ini membuat Woo-jin beradaptasi dengan mengumpulkan pakaian, sepatu, kacamata dalam berbagai jenis ukuran supaya cocok dengan tubuh dan wajahnya.

Woo-jin akhirnya bertemu dengan Yi-soo yang bekerja di sebuah toko furnitur. Yi-soo sangat ramah dan sikapnya tetap sama meski selau datang dengan wajah yang berbeda setiap harinya.

4. On Your Wedding Day (2018)

Film ini menceritakan tentang kisah cinta Seung Hee (Park Bo Young) dan Woo Yeon (Kim Young Kwang) yang meskipun pada awalnya hanya berpura-pura pacaran, tapi kemudian hubungan mereka berubah menjadi sungguhan.

Kisah cinta mereka pun semakin asyik diikuti berkat selipan beberapa unsur humor sepanjang film. Maka jika kamu sedang butuh tontonan film komedi romantis terbaik 2020 yang bikin kamu mudah jatuh hati, film romantis terbaik ini bisa menjadi salah satu rekomendasi.

5. Tune In for Love (2019)

Film ini dibintangi oleh Kim Go Eun dan cukup sukses. Tune in for Love berfokus tentang kisah pada tahun 1994-2005. Pemilihan latar waktu ini membuat film Tune in for Love memiliki nuansa retro yang kental. Misalnya, mengenai fashion para tokohnya, suasana sepanjang film, hingga sinematografi yang bikin nostalgia dengan masa lalu.

Bagi kamu yang menikmati masa kecil atau remaja selama latar waktu yang digunakan dalam film Tune in for Love, pasti bisa menjadi ajang untuk bernostalgia. Tak hanya bercerita tentang perjalanan kisah cinta Mi Soo dan Hyun Woo selama sebelas tahun, Tune In For Love mengibaratkan cerita mereka dengan sebuah siaran program radio bernama ‘Music Album’ yang saat itu sedang hit.

Film Romantis Barat

Berikut adalah beberapa rekomendasi film romanti barat pilihan yang bisa menemani hari santai Anda.

1. Titanic (1997)

Titanic bercerita tentang Rose (Kate Winslet) ysng telah bertunangan pada usia 17 tahun. Meski sudah bertunangan, Rose tidak mencintai tunangannya. Saat hendak menuju New York bersama ibu dan tunangannya, Rose menaiki kapal pesiar mewah RMS Titanic. Dan di kapal inilah Rose berencana untuk bunuh diri. Ketika hendak bunuh diri, Rose diselamatkan oleh Jack (Leonardo DiCaprio). Sejak saat itu, Rose dan Jack menjadi akrab dan saling mencintai.

Namun, naas tragedi menimpa kapal Titanic. Kapal menabrak gunung es dan mengakibatkan kapal hancur. Seluruh penumpang kapal harus segera menyelamatkan diri. Akhir cerita Jack meninggal karena hipotermia di laut. Sedangkan Rose, selamat dan hidup menua dengan kenangannya bersama Jack.

2. P.S. I Love You (2007)

Film ini bercerita mengenai Gerry Kennedy yang sangat mencintai istrinya Holly Kennedy. Menyadari bahwa istrinya akan bersedih jika ia tiada, Gerry membuat sekumpulan surat untuk istrinya. Gerry menyetting surat yang ia tulis semasa hidup untuk dikirim kepada Holly secara berkala. Sehingga, setelah Gerry tiada, Holly masih bisa menerima surat darinya. Uniknya, setiap akhir surat selalu terselipkan pesan “P.s I Love You.” Di surat terakhirnya Gerry menuliskan “P.S. I Will Always Love You.”

3. UP (2009)

Film ini menjadi salah satu film animasi yang paling romantis. Mengisahkan mengenai perjalanan cinta dan cita-cita dua anak kecil Carl Fredricksen dan Ellie. Carl orang yang pendiam, sebaliknya Ellie sangat bawel.

Saat dewasa mereka berdua menikah dan menempati rumah pertemuan mereka semasa kecil. Hal yang menyedihkan yaitu ketika Ellie divonis dokter tidak bisa hamil. Hal ini membuat Ellie cukup terpuruk. Sebagai suami yang baik, carl mengajak Ellie mengunjungi impian waktu kecil mereka untuk pergi ke “Paradise Fall”.

4. (500) Days of Summer (2009)

Film yang dibintangi oleh Zooey Deschanel (Summer) dan Joseph Gordon-Levitt (Tom) ini merupakan film drama romantis yang dikemas secara menarik dengan alur maju mundur.

Mengisahkan tentang Summer (Zooey Deschanel) yang dipuja banyak lelaki dengan Tom (Gordon-Levitt), seseorang melankolis yang bisa menaklukkan hati Summer. Film ini mengusung genre komedi romantis yang membuat Anda mengerti makna cinta dari perjalanan Tom dan Summer.

5. The Vow (2012)

Terinspirasi dari kisah nyata, The Vow menceritakan tentang kisah pasangan Leo (Channing Tatum) dan Paige (Rachel McAdams) yang baru menikah. Namun, beberapa minggu setelah menikah mereka mengalami musibah. Leo dan Paige mengalami kecelakaan.

Peristiwa kecelakaan itu membuat Paige kehilangan sebagian memori di otaknya. Leo berusaha mengingatkan Paige tentang kenangan mereka berdua. Namun, kenyataannya tak semudah itu, Paige masih tidak habis pikir mengapa ia bisa putus dengan Jeremy dan mengambil keputusan untuk berhenti dari sekolah hukum.

Keadaan kian memburuk ketika orang tua Paige datang, itu adalah pertemuan pertama antara orang tua Paige dan Leo. Orang tua Paige tak pernah merestui pernikahan Leo dan Paige menikah. Bahkan, mereka bersikukuh untuk membawa Paige pulang.

6. La la land (2016)

Film romantis terbaik ini bercerita tentang Mia (Emma Stone), seseorang yang terobsesi menjadi aktris. Walaupun seringkali mengikuti audisi, dia selalu gagal. Sembari berlatih dan mencari audisi lain, Mia bekerja sebagai barista di salah satu studio.

Sementara itu, Sebastian (Ryan Gosling), pianis jazz yang bekerja di salah satu kafe. Dia selalu mendapat pergolakan batin antara mengikuti idealismenya, dengan tetap bermain jazz, atau mengikuti permintaan pemilik kafe untuk bermain lagu pop.

7. Crazy rich asian (2018)

Seorang profesor ekonomi, Rachel Chu (Constance Wu) diajak kekasihnya yang bernama Nick Young (Henry Golding) ke Singapura. Kekasihnya menyatakan untuk datang dalam pernikahan sahabatnya sekaligus mengenalkan Rachel kepada beberapa orang.

Namun, selama ini Rachel Chu tak menyadari bahwa kekasihnya adalah orang kaya raya di Asia yang diinginkan oleh banyak wanita. Semuanya mulai rumit ketika ibu dari kekasihnya (Michelle Yeoh) seolah tak setuju dengan pernikahan tersebut.

8. Little Women (2019)

film romantis terbaik

Little Women mengisahkan tentang empat bersaudara yang hidup dengan mimpinya masing-masing. Meg March (Emma Watson) menikah dan membangun keluarga dengan guru sekolah, John (James Norton).

Jo March (Saoirse Ronan) merantau dan merintis karirnya sebagai penulis di New York. Amy March (Florence Pugh) belajar menjadi seniman di Paris, dan Beth March (Eliza Scanlen) yang suka bermain piano.

Pada suatu pesta, Jo bertemu dengan Laurie (Timothée Chalamet) yang merupakan bangsawan keluarga Laurence yang tinggal berseberangan dengannya. Laurie tahu bahwa ia mencintai Jo sejak pertama kali mereka bertemu, namun enggan mengatakannya.

Film ini mengandung kisah cinta yang rumit. Jo menolak cinta Laurie, lalu memutuskan untuk pergi ke New York dan menjadi penulis. Laurie yang putus asa kemudian berlibur di Paris dan bertemu dengan Amy.

Tak berselang lama, mereka pun menikah. Pada akhirnya, Jo yang patah hati menemukan cintanya, yaitu Friedrich (Louis Garel), seorang profesor yang tinggal di kos yang sama saat mereka berada di New York.

9. Five five apart (2019)

film romantis terbaik

Stella Grant (Haley Lu Richardson) merupakan gadis berusia 17 tahun dengan penyakit langka, cystic fibrosis.

Sama halnya dengan remaja lainnya, Stella menyukai media sosial dan berbagi kisahnya, yang sebagian besar tentang kehidupannya di rumah sakit.

Stella bertemu seorang pasiean cystic fibrosis lainnya, Will Newman (Cole Sprouse). Pertemuan dan interaksi yang intensif membawa keduanya ke hubungan asmara. Keduanya berjuang menjalin hubungan cinta di atas penyakit yang mereka derita.

Artikel Terkait