A password will be e-mailed to you.

    Pada sekarang ini masyarakat di seluruh dunia sedang merasakan demam piala dunia

    Tapi bagaimana sih orang orang bisa terkena demam oleh piala dunia?

    Demam disini bukanlah arti kata demam yang sesungguhnya tetapi dapat didefinisikan sebagai antusiasme masyarakat dalam penyelenggaraan pesta sepak bola ini hingga seseorang tersebut merasakan hal yang berbeda didalam tubuhnya seperti orang yang demam

    Ternyata di balik semua itu ada faktor hormon yang bisa mempengaruhi kegiatan manusia dalam sehari-hari.

    Hormon

    Menurut KBBI hormon adalah zat yang dibentuk oleh bagian tubuh tertentu (misalnya kelenjar gondok) dalam jumlah kecil dan dibawa ke jaringan tubuh lainnya serta mempunyai pengaruh khas (merangsang dan menggiatkan kerja alat-alat tubuh). Berdasarkan pengertian tersebut ternyata hormon menyebabkan masyarakat di dunia mengalami peningkatan hormon saat ada acara yang ia senangi dalam hal ini Piala Dunia.

    Ada beberapa hormon yang mempengaruhi kegiatan masyarakat dalam hal ini:

     

    1. Dopamin

    Dopamin adalah hormon kesenangan yang dilepaskan ketika kamu berusaha menuju tujuan. Tujuan disini yaitu ketika kita bertujuan untuk menonton piala dunia yang diselenggarakan hanya 4 tahun sekali, jadi hormon ini akan meningkat ketika akan ada tujuan yang ingin kita tuju.

     

    2. Serotonin

    Serotonin adalah bahan kimia otak yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kesedihan dan depresi. Kenapa serotonin ini berpengaruh karena salah satu cara untuk meningkatkan hormon ini yaitu memikirkan hal yang bahagia salah satunya ya memikirkan piala dunia khusunya bagi yang sangat menantikannya.

     

    3. Endorphin

    Zat Endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorphin diproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitary) yaitu pada saat kita merasa bahagia dan pada saat kita istirahat yang cukup. Nah endorphin ini akan meningkat pada pecinta sepak bola sehingga mereka memiliki antusiasme tinggi terhadap pesta sepak bola 4 tahun ini.

    Baca juga:  Bahaya memakai botol bekas air minum kemasan berulang kali

    Nah itu merupakan hormon-hormon yang berpengaruh dalam hal ini ya

     

    Ternyata piala dunia itu bisa meningkatkan hormon seseorang yang diakibatkan rasa bahagia terhadap penantiannya selama 4 tahun. Dan kata demam piala dunia itu memang benar benar ada ya menurut ilmu sains.

     


    Tulisan ini adalah karya kiriman dari penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri dengan bergabung di Saintif Community


    Referensi

    • http://www.kerjanya.net/faq/5533-endorfin.html
    • https://www.google.co.id/amp/s/id.m.wikihow.com/Meningkatkan-Serotonin%3famp=1
    • http://www.artikelsiana.com/2015/03/pengertian-hormon-fungsi-hormon-pengertian.html?m=1
    • http://menurutparaahli.com/tag/dopamin-adalah/
    No more articles