Asimilasi [Lengkap]: Pengertian, Syarat, dan Contoh Lengkap

contoh asimilasi

Contoh asimilasi dalam kehidupan sehari-hari adalah masyarakat Indonesia yaitu mengikuti budaya turis asing yang mengenakan pakaian bikini di Pantai.


Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

Proses asimilasi dapat ditandai sebagai upaya mengurangi perbedaan antar kelompok dengan tujuan untuk mempererat kesatuan tindakan, perasaan, pemikiran dan sikap dengan mempertimbangkan kepentingan dan tujuan bersama kelompok tersebut.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, terdapat perbedaan pengertian asimilasi yang dipaparkan oleh para ahli, seperti:

  • Alvin L Bertrand
    Asimilasi adalah Proses tingkatan sosial lanjutan yang terbentuk karena tiap kelompok atau golongan yang berbeda budayanya saling melakukan interaksi sosial secara langsung dalam kurun waktu lama, kemudian menghasilkan kebudayaan baru akibat perubahan budaya tiap-tiap kelompok baik dari unsur maupun secara keseluruhan.
  • James Danandjaja
    Asimilasi adalah proses menyesuaikan diri masing-masing kelompok yang berbeda kebudayaanya (identitas dan karakteristik khas) yang seiringnya waktu masing-masing kebudayaan kelompok mengalami kemunduran dan akhirnya menghadirkan kebudayaan baru.
  • Milton M. Gordon
    Asimilasi merupakan tahapan yang bisa menjadi bagian dari akulturasi, yang mana harus terjadi akulturasi terlebih dahulu supaya bisa menghasilkan asimilasi.
  • Ogburn dan Nimkoff 
    Asimilasi yaitu hasil dari percampuran dari interaksi antara individu atau kelompok yang memiliki kesamaan dalam hal sejarah, atau sikap. Selain itu, asimilasi juga merupakan proses masuknya pengaruh budaya menuju budaya lain.
Sebagian besar budaya di Indonesia merupakan hasil dari asimilasi

Syarat terjadinya asimilasi

Proses asimilasi dapat terjadi melalui syarat-syarat berikut ini.

  • Adanya kelompok yang memiliki kebudayaan yang berbeda
  • Terjadi hubungan yang intensif dan konsisten antar masing-masing individu dan kelompok dalam waktu yang cukup lama
  • Masing masing kebudayaan tiap kelompok tersebut dapat menyesuaikan dan berubah satu sama lain.

Jika syarat tersebut telah terpenuhi maka akan terjadi asimilasi dalam suatu masyarakat. Asimilasi tersebut dapat terjadi dalam bidang agama, budaya, sosial bahkan politik.

Contoh asimilasi

  • Munculnya musik dangdut, yang merupakan hasil perpaduan antara musik tradisional daerah dengan musik india.
  • Adanya budaya zina/hubungan pra nikah berkedok pacaran yang notabene bukan kebudayaan Indonesia.
  • Masyarakat Indonesia yang ikut-ikutan turis asing mengenakan pakaian bikini di Pantai.
  • Adanya pembangunan gereja katedral (pengaruh Eropa Barat karena memperkenalkan agama Katolik)
  • Agama Hindu di Bali, merupakan hasil dari perpaduan budaya kepercayaan animisme tradisional dengan agama Hindu yang dibawa dari India.
Tertarik dengan apapun yang berkaitan dengan sains dan pendidikan. Menyelesaikan studi di bidang fisika material Universitas Diponegoro

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*