Panduan Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

cara menghilangkan kutu rambut
ilustrasi oleh dribbble.com

Cara menghilangkan kutu rambut bukanlah sebuah hal yang sulit dan dapat dilakukan dengan berbagai bahan serta cara.

Kutu rambut adalah serangga berukuran kecil penghisap darah yang diambil dari kulit kepala. Karenanya, kulit kepala akan terasa sangat gatal dan tidak nyaman.

Kutu rambut mudah berpindah dari orang ke orang memalui kontak langsung kepala penderita. Selain itu, kutu rambut juga bisa berpindah melalui benda seperti sisir, helm, jepit rambut dan topi.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut ini sulit dibasmi namun bukan berarti hal itu tidak mungkin. Berikut beberapa panduan cara menghilangkan kutu rambut secara alami

1. Sisir Bergigi Halus

cara menghilangkan kutu rambut

Sisir bergigi halus atau disebut juga sisir serit. Susunan gigi sisir yang rapat cukup bagus untuk ‘menyaring‘ kutu-kutu yang bersembunyi pada rambut. Cara pakainya juga mudah dan banyak dijual dipasaran.

Cukup sisir perlahan rambut dari pangkal hingga keujung agar kutu dan telurnya terdorong. Jangan lupa bersihkan sisir serit setiap kali selesai digunakan.

2. Minyak Kelapa

cara menghilangkan kutu rambut dengan kelapa

Ternyata minyak kelapa juga cukup ampuh untuk megusir kutu rambut. Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang ditakuti oleh kutu.

Vitamin E pada minyak kelapa juga bermanfaat sangat baik untuk kulit dan rambut kepala.

3. Minyak Zaitun

cara menghilangkan kutu rambut minyak zaitun

Seperti minyak kelapa, minyak zaitun juga memiliki kandungan vitamin E. Cara menggunakannya adalah usapkan minyak zaitun ke seluruh bagian luar hingga dalam rambut setiap sehabis keramas.

Baca juga:  10+ Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Oles juga minyak zaitun secara merata pada kulit kepala kemudian pijat perlahan, lalu tutup dengan shower cap kemudian diamkan semalaman.

4. Minyak Lavender

cara menghilangkan kutu rambut lavender

Minyak lavender memiliki aroma harum yang juga cukup ampuh untuk menghilangkan kutu rambut.

Cara menggunakannya sama dengan minyak zaitun yaitu dengan dioleskan pada kulis kepala lalu diamkan semalaman. Keesokan pagi nya bilas dengan air dan sampo, lalu sisir dengan sisir serit agar kutu kutu terhempas.

5. Bawang Merah

cara menghilangkan kutu rambut bawang

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga bermanfaat untuk menghilangkan kutu rambut. Bau bawang yang menyengat ternyata tidak disukai oleh kutu.

Caranya adalah dengan mengupas bawang merah, tumbuk hingga halus, lalu campurkan sedikit minyak zaitun atau minyak kemiri. Kemudian adonan tersebut dibalurkan pada rambut dan kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Cuka

cara menghilangkan kutu rambut cuka

Bila tidak suka dengan aroma bawang, anda bisa menggantinya dengan cuka. Bisa menggunakan cuka putih ataupun cuka apel. Karena cuka menggandung asam asetat yang bisa melonggarkan ikatan yang kuat antara ktu dengan rambut.

Caranya campur cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan campuran ini pada rambut dan kulit kepala. Lalu diamkan selama 1- 3 jam sambil ditutup dengan shower cap atau handuk. Setelah selesai, sisir rambut menggunakan sisir serit. Kemudian bilas rambut hingga bersih.

7. Baking Soda

cara menghilangkan kutu rambut baking soda

Baking soda dikenal mampu membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Caranya yaitu dengan mencampurkan baking soda dan kondisioner dengan perbandingan 1 : 3.

Oleskan campuran ini pada kulit kepala dan rambut secara merata. Setelah itu sisir menggunakan sisir serit. Setelah selesai bilas rambut hingga bersih. cara ini bisa dilakukan beberapa hati berturut-turut.

Baca juga:  Daftar Merek dan Harga Wiremesh Terjangkau Berkualitas

8. Petroleum Jelly

Petroleum jelly yang dikenal berguna untuk melembutkan permukaan kulit, ternyata juga bisa membuat kutu dirambut mati.

Caranya cukup mudah, yaitu oleskan petroleum jelly pada rambut dan kulit kepala. Lalu diamkan semalaman. Esok paginya sisir dengan sisir serit lalu dibilas berkali-kali hingga bersih.

9. Lemon

Peras dua buah lemon lalu campur dengan air sebanyak 100 ml. Lalu tuangkan campuran tersebut ke permukaan kulit kepala hingga rata. Diamkan sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan asam dalam lemon juga tidak disukai oleh kutu.

10. Minyak Kayu Putih

Menurut Journal of Medical Entomology, minyak kayu putih adalah fumigan kuat yang bisa membunuh kutu secara efektif. Bahkan, ini telah terbukti bekerja efektif dalam melawan kutu yang resistan terhadap perawatan kimia.

Caranya yaitu campur minyak kayu putih dengan minyak zaitun atau minyak sayur. Lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Tutup dengan shower cap dan biarkan semalaman.

Esok paginya, sisir rambut untuk menghilangkan kutu yang telah mati dan kemudian cuci rambut seperti biasa. Ulangi cara ini setiap kali diperlukan.

Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

Be the first to comment

Leave a Reply