10 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

cara menghilangkan kantung mata
ilustrasi oleh dribbble.com

Cara menghilangkan kantung mata dapat dilakukan dengan berbagai cara yang relatif mudah serta menggunakan bahan yang mudah didapatkan.

Terkadang setiap orang memiliki tugas atau pekerjaan yang mengharuskan untuk tidak tidur di malam hari. Tentunya, hal tersebut tidaklah baik untuk kesehatan diri sendiri.

Selain itu, ketika terlalu sering begadang lama kelamaan mata akan terlihat menghitam dan mulai muncul kantung mata. Hal ini kadang dapat membuat kita merasa tidak percaya diri akan penampilan kita ketika berangkat sekolah atau bekerja.

Namun, kita tidak perlu khawatir karena kantung mata dapat dihilangkan dengan berbagai cara yang tergolong mudah.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata memanglah mengganggu penampilan kita, tapi tidak perlu khawatir. Kita dapat mengatasi masalah kantung mata dengan beberapa cara di bawah ini :

1. Sendok Beku

cara menghilangkan kantung mata

Cara termudah untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan sendok yang dibekukan. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Simpan 2 buah sendok stainless atau besi di dalam freezer satu malam.
  • Cuci muka dengan air di pagi hari.
  • Tempelken punggung sendok yang sudah dibekukan pada kedua mata yang tertutup.
  • Tahan posisi tersebut hingga sendok menjadi hangat.

2. Madu

cara menghilangkan kantung mata dengan madu

Seperti yang kita ketahui, madu memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat tersebut adalah untuk menghilangkan mata yang menghitam akibat kantung mata.

Madu dapat mengatasi masalah kantung mata dengan cara meregenerasi kulit di sekitar mata. Caranya adalah dengan mengoleskan madu tersebut ke daerah sekitar mata dan tunggu selama sekitar 30 menit.

Setelah 30 menit, bilaslah muka dengan air bersih dan lakukan dengan rutin sebelum tidur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga:  Penjelasan Tugas dan Wewenang DPD (Dewan Perwakilan Daerah)

3. Jeruk Nipis dan Lemon

Selain madu, jeruk nipis dan lemon juga memiliki berbagai khasiat dan salah satunya adalah menghilangkan kantung mata. Buah jeruk nipis dan lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat mengatasi berbagai masalah kulit.

Kalian dapat memotong lemon menjadi bulatan-bulatan tipis lalu tempelkan potongan tersebut ke mata. Tapi perlu diperhatikan agar cairan buah lemon atau jeruk nipis tidak masuk ke mata sebab hal tersebut akan membuat mata perih.

Apabila dilakukan secara rutin maka kantung mata akan perlahan menghilang.

4. Putih Telur

cara menghilangkan kantung mata dengan putih telur

Telur juga dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Kandungan dalam telur khususnya putih telur dapat mengencangkan kulit. Langkah yang perlu dilakukan juga mudah, kalian hanya perlu mengoleskan putih telur di area kantung mata. Selanjutnya, diamkan dan tunggu selama 20 menit hingga mengering lalu bilas dengan air hangat.

5. Kunyit

cara menghilangkan kantung mata dengan kunyit

Seperti yang kita ketahui, kunyit seringkali digunakan dalam suplemen makanan. Namun, ternyata kunyit juga memiliki khasiat dalam kecantikan kulit. Oleh karena itu, kunyit juga dapat digunakan dalam mengatasi masalah kantung mata.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan kunyit dalam mengatasi masalah kantung mata yaitu :

  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan beberapa buah kunyit atau ½ sendok teh bubuk kunyit dengan yogurt dan jus lemon secukupnya. Aduk merata.
  • Oleskan campuran masker pada seluruh permukaan wajah secara merata, tetapi hindari area mata dan bibir.
  • Diamkan selama 10 menit hingga masker mengering.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat.

6. Lidah Buaya

cara menghilangkan kantung mata dengan lidah buaya

Tanaman lidah buaya dapat ditemukan dengan mudah di berbagai daerah. Selain itu, lidah buaya memiliki khasiat untuk menghilangkan kantung mata. Langkah yang perlu dilakukan adalah :

  • Kupas lidah buaya terlebih dahulu.
  • Blender atau haluskan lidah buaya yang sudah dikupas.
  • Tempelkan hasil lidah buaya yang sudah dihaluskan di area mata.
  • Tunggu 10 menit dan bilas.
Baca juga:  Apa itu KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan Manfaatnya

7. Es Batu

Sejak zaman dahulu, es batu sering digunakan untuk meredakan peradangan. Seperti ketika seseorang jatuh dan lebam maka orang tersebut dikompres dengan es di bagian yang lebam.

Cara tersebut juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kantung mata. Kalian dapat mengompres kantung mata dengan es batu agar kantung mata kalian dapat menghilang.

8. Tomat

Seperti yang kita ketahui, tomat memiliki khasiat dalam merawat dan menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, tomat juga dapat digunakan untuk mengatasi kantung mata.

Untuk mendapatkan manfaatnya, tomat perlu diblender terlebih dahulu lalu usapkan ke area kantung mata. Tunggulah sekitar 10 menit sampai jus tomat tersebut mengering lalu bilas dengan air bersih.

9. Kantung Teh Dingin

Ternyata kantung teh juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kantung mata. Kita hanya perlu merendam kantung teh ke dalam air lalu dinginkan beberapa menit. Ambil kantung teh tersebut dan kompres ke area kantung mata.

10. Mentimun

cara menghilangkan kantung mata dengan mentimun

Kita mungkin tidak asing melihat seseorang yang tidur dengan mata ditutup mentimun. Hal tersebut dimaksudkan agar mata menjadi sehat dan membuat tubuh rileks.

Mentimun memiliki kandungan vitamin A, B dan C serta kadar air yang tinggi. Selain itu, mineral seperti kalium, magnesium dan silikon juga terkandung dalam mentimun. Zat-zat tersebut dapat menjadikan mata terlihat segar dan lebih sehat.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghilangkan kantung mata. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.