Tips dan Trik Cara Menghemat Listrik di Rumah

cara menghemat listrik
ilustrasi oleh dribbble.com

Cara menghemat listrik dapat dilakukan dengan merubah kebiasaan kita dalam menggunakan perangkat elektronik ataupun pemanfaatan energi listrik.

Apalagi selama masa pandemi ini kita diharuskan lebih banyak melakukan kegiatan di rumah. Mulai dari kerja hingga sekolah kini dilakukan di rumah.

Fenomena ini biasa menyebabkan listrik rumah kita membengkak. Penggunaan elektronik seperti laptop atau AC secara non-stop saat bekerja menjadi salah satu faktor penyumbang besarnya tagihan listrik kamu.

Namun tak bisa dipungkiri lagi bahwa, setiap orang membutuhkan energi listrik untuk melakukan kegiatan sehari-hari mulai dari memasak dan lainnya. Oleh karena itu diperlukan berbagai tips dalam menggunakan energi listrik baik di rumah ataupun di tempat kita sekolah maupun bekerja.

Ketika kamu merasa bahwa tagihan listrik di rumah sangatlah tinggi dari biasanya, kamu dapat melakukan berbagai kebiasaan yang dapat menangani hal tersebut. Beberapa tips berikut bisa kamu ikuti untuk menghemat konsumsi listrik kamu:

1. Cabut Colokan Elektronik Bila Tidak Digunakan

cara menghemat listrik mencopot kabel

Ternyata kabel-kabel yang masih tersambung dengan stop kontak listrik tetap mengalirkan arus listrik loh!

Seperti charger ponsel, laptop, yang dibiarkan tercolok, pemanas dispenser, maupun televisi yang dibiarkan hidup tanpa ditonton mempengaruhi konsumsi listrik rumah kamu.

Sebaiknya segera cabut alat-alat elektronik begitu selesai kamu gunakan untuk menghemat penggunaan listrik.

2. Nyalakan Lampu Seperlunya

cara menghemat listrik menyalakan lampu

Misalnya saja ketika kamu selesai menggunakan kamar mandi namun lupa mematikan lampunya.

Baca juga:  Apa itu KPR? Pertimbangan Mengambil KPR [LENGKAP]

Atau membiarkan lampu teras menyala pada siang hari. Ini merupakan kebiasan buruk yang keliatannya sepele namun harus dihilangkan.

Biasakan untuk memaksimalkan cahaya matahari sebagai penerangan alami untuk mengehmat energi listrik. Dan hanya hidupkan lampu jika sedang dibutuhkan.

3. Bijak Dalam Menggunakan AC

cara menghemat listrik AC

Salah satu yang cukup banyak membutuhkan konsumsi listrik adalah AC. Untuk mengurangi konsumsi berlebihan, maka pilihlah AC yang memiliki teknologi hemat energi.

Selain itu kamu juga bisa meminimalisir penggunakan AC hanya pada waktu tidur saja.

Untuk efektifnya lagi, kamu juga bisa mengatur timer 6-8 jam pemakaianselama tidur. Sementara pada siang hari maksimalkan lah penghawaan alami.

4. Pilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

cara menghemat listrik Mesin cuci

Kini mesin cuci sudah banyak menyediakan berbagai macam model, dan kapasitas yang berbeda.

Semakin besar kapasitas mesin cuci, maka konsumsi listriknya pun otomatis menjadi lebih banyak.

Oleh karena itu, pilihlah mesin cuci sesuai kebutuhan yang hemat energi maka akan lebih menghemat biaya perawatan mesin cuci dan juga biaya listrik bulanan.

5. Hindari Mengisi Daya Smartphone Sepanjang Malam

HP

Mengisi daya smartphone sepanjang malam saat kita tidur juga menjadi salah satu pemborosan karena membuat listrik terbuang sia-sia.

Karena pada dasarnya men-charger smartphone hanya memakan waktu 2-3 jam. Bila kamu tetap ingin memilih cara ini, ada baiknya gunakan kepala charger yang sudah dilengkapi timer technology, yang mana daya listrik akan terhenti otomatis menyesuaikan pengaturan waktu tersebut. 

6. Menghemat Listrik untuk Kulkas

Kulkas salah satu elektronik yang pemakaiannya cukup lama.

Maka untuk menghemat listrik, kamu bisa menurunkan suhu kulkas hingga suhu paling kecil ketika sedang berpergian. Bila memungkinkan, sebaiknya matikan kulkas ketika akan ditinggalkan.

Baca juga:  Sistem Informasi: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Aplikaisnya

7. Menghemat Listrik untuk Rice Cooker

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghemat listrik pada rice cooker. Saat memasak nasi, cobalah gunakan air yang telah mendidih bukan dengan air dingin, agar konsumsi listriknya tidak terlalu besar.

Dengan begitu, proses memasak akan lebih cepat dan listrik yang digunakan semakin hemat.

8. Gunakan Sumber Energi Alternatif

alternatif

Sumber energi terbaharukan yang bisa kita manfaatkan adalah energi matahari. Misalnya memasang panel surya pada atap rumah kamu.

Panel surya mengubah panas matari menjadi energi listrik. Dengan demikian, kamu bisa lebih menghemat biaya listrik.

9. Gunakan Meteran Listrik Sistem Pulsa

Salah satu program pemerintah untuk menghemat penggunakan listrik adalah dengan mewajibkan penggunaan meteran listrik dengan sistem pulsa bagi setiap rumah.

Meteran listrik dengan pulsa menggunakan sistem prabayar, sehingga besar kecilnya penggunaan listrik bisa ditentukan sendiri oleh pengguna di awal.

Penggunaan listrik dengan sistem pulsa secara tidak langsung memaksa pengguna agar lebih bijak dan menghemat pemakaian listrik di rumah.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat konsumsi listrik. Mari ubah kebiasaan boros listrik!

Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.