Bola Basket: Sejarah, Aturan Permainan, dan Teknik Dasarnya

Bola basket adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Bola basket adalah cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok dan dimainkan oleh dua tim yang berlawanan.

Masing-masing tim terdiri 5 orang anggota dan setiap tim harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Bola basket adalah

Permainan bola basket ini salah satu olahraga paling populer di Amerika Serikat, dengan NBA sebagai liga utamanya, bahkan olahraga ini mengalahkan kepopuleran sepak bola di negeri paman sam tersebut.

Sejarah Bola Basket

Permainan basket ini pertama kali diciptakan oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith di sekitar tahun 1891. Saat itu, James ingin membuat sebuah permainan yang bisa dimainkan oleh muridnya dalam ruangan tertutup selama musim dingin.

Dia menciptakan olahraga ini terinspirasi dari permainan masa kecilnya dulu. Namun seiring berjalannya waktu, pemainan ini terus berkembang dan mulai dinamakan sebagai basketball. Bahkan permainan ini menyebar di Amerika dan terus berkembang pesat sampai sekarang.

Pada tahun 1930-an, perkumpulan-perkumpulan basket mulai bermunculan di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, hingga Medan. Basket kemudian semakin berkembang pesat setelah Indonesia merdeka di tahun 1945.

Peraturan Bola Basket

Bola basket adalah

1. Pemain

Setiap tim terdiri dari 5 orang pemain dan beberapa cadangan.

Tim biasanya dibagi menjadi tiga, yaitu pemain depan, tengah, dan belakang. Pemain depan berperan untuk menyerang sekaligus menghalangi tim lawan menerobos pertahanan.

Pemain tengah berperan memberikan umpan dan menghalau serangan lawan. Sedangkan, pemain belakang tugas utamanya yaitu melakukan pertahanan sambil memberikan umpan kepada teman satu timnya.

2. Skor dan Durasi Pertandingan

Durasi permainan bola basket menurut Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) adalah 4×10 menit, sedangkan aturan National Basketball Association (NBA) adalah 4×12 menit. Tiap pergantian babak, ada jeda waktu istirahat selama 10 menit. 

Selama durasi tersebut, tim berlomba-lomba mencetak poin sebanyak mungkin. Sehingga diperoleh pemenang dalam pertandingan yaitu tim yang dapat mendapatkan skor lebih tinggi di akhir permainan.

Baca juga:  Rumus Luas Segitiga Sembarang [LENGKAP] Beserta Contoh Soalnya

3. Aturan Waktu Membawa Bola

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) mengeluarkan beberapa aturan tentang waktu penguasaan bola, diantaranya yaitu:

  • Peraturan 3 Detik

Saat tim sedang menguasai bola, pemain hanya boleh berada di dalam area terlarang lawan selama 3 detik. Bila lebih dari 3 detik akan dianggap sebagai pelanggaran.

  • Peraturan 8 Detik

Pemain boleh mempertahankan bola di daerah timnya sendiri, tetapi dibatasi waktu selama 8 detik. Jika melewati batas waktu tersebut, maka dianggap sebagai pelanggaran.

  • Peraturan 24 Detik

Pemain boleh melakukan serangan dalam waktu 24 detik sebelum bola menyentuh ring. Jika penyerangan dilakukan lebih dari waktu yang ditentukan, tim akan dinyatakan melakukan pelanggaran.

4. Aturan Main Lainnya

  • Pemain boleh melemparkan bola dengan teknik apa saja, tetapi dilarang memukul dengan cara meninju.
  • Pemain dilarang berlari sambil membawa/memegang bola. Pemain harus menggiring bola dengan cara men-dribble.
  • Pemain dilarang melakukan double dribble. Jadi, setelah menggiring dan berhenti di satu titik (bola sudah ditangkap/dipegang dengan kedua tangan), pemain dilarang kembali melakukan dribble.
  • Toleransi jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh setiap pemain adalah empat kali. Saat melakukan pelanggaran yang kelima, pemain bisa didiskualifikasi.

Teknik Dasar Bola Basket

15 Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya (Lengkap)

1. Teknik Menggiring (Dribble)

Teknik ini dengan memantulkan bola pada permukaan lapangan permainan menggunakan tangan agar posisi bola tetap pada posisi tangan pemain.

Ada dua jenis dribble pada permainan bola basket:

  • Dribble Tinggi: Dribble tinggi dilakukan dengan berlari atau berjalan cepat ketika pemain yang memegang bola berada jauh dari pemain lawan.hal ini dilakukan untuk menyerang daerah lawan dengan cepat.
  • Dribble Rendah: Teknik ini digunakan ketika pemain berhadapan langsung dengan lawan dan ingin mencari celah ketika lawan dalam keadaan  lengah atau tidak fokus.

2. Teknik Mengumpan (Passing)

Dalam permainan bola basket ada enam jenis passing yaitu:

  • Overhead Passing: teknik ini dilakukan dengan melempar bola dari atas kepala.
  • Chest Pass: teknik mengumpan bola dengan cara melempar bola di depan dada menggunakan dua tangan.
  • Baseball Pass: teknik melempar  bola yang secara cepat atau direct diarahkan kepada kawan.
  • Bounce Pass: teknik memantulkan bola ke bawah agar diterima oleh rekan satu tim yang digunakan untuk menghindari hadangan lawan.
  • Hook Pass: teknik mengumpan bola kepada kawan dengan satu tangan dengan posisi melipat di atas bahu.
  • Under Pass: teknik mengumpan bola kepada kawan dengan cara melempar bola  dari arah pinggang pemain kepada kawan.
Baca juga:  Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (+ Contoh Terbaik)

3. Teknik Pivot

Teknik pivot digunakan untuk menipu lawan sehingga gerakan kita tidak diduga oleh lawan. Caranya yaitu  pemain menggerakkan badan dengan bertumpu pada salah satu kaki sambil kedua tangan menjaga bola dari curian lawan.

4. Teknik Menembak (Shooting)

Teknik ini dilakukan dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan. Caranya yaitu diam di tempat kemudian melempar bola  kedalam ring lawan  dengan satu atau dua tangan.  Teknik ini ada dua macam yaitu  jump shoot (memasukkan bola dengan melompat), dan lay up (memasukkan bola dengan berlari lalu melompat).

5. Teknik Rebound

Teknik ini dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Rebound ofensif, lemparan yang gagal masuk kemudian dimasukkan lagi ke dalam ring oleh rekan tim dan jika berhasil masuk, tim mendapatkan dua poin.
  • Rebound defensif, teknik merebut bola yang gagal dimasukkan oleh lawan agar tidak ada lagi usaha untuk memasukkan bola ke ring.

6. Slam Dunk

Teknik ini termasuk teknik yang paling simple dan mudah yaitu lari dengan jarak satu atau dua meter menuju ring lawan kemudian melompat sambil memasukkan bola kedalam ring lawan.

Demikian penjelasan terkait bola tenis, baik dari aturan permainan serta teknik dasarnya. Semoga bermanfaat!

Sumber:

  • dosenpendidikan.co.id
  • gurupenjaskes.com
Tertarik dunia sains dan kepenulisan.