A password will be e-mailed to you.

    Badai Florence, atau yang dikenal juga sebagai badai terkuat, telah menyerang pesisir timur Amerika Serikat.

    Badai Florence

    Hujan deras akibat Badai Florence, di New Bern, Carolina Utara, AS, 14 September. (Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)

    Sebelumnya Badai Florence telah diperkirakan akan menerjang pesisir timur Amerika pada hari Jumat (14 September 2018) waktu setempat. Dan benar saja, badai itu telah datang, memicu angin kencang, hujan, dan banjir yang meluluhlantahkan banyak bangunan dan infrastruktur.

    Para astronot di International Space Station (ISS) memotret pergerakan awan akibat badai ini.

    Jika di Bumi badai ini terlihat begitu ganas dan keras, dari luar angkasa badai ini terlihat sebagai pergerakan awan yang lembut dan sejuk. Mengagumkan sekaligus menakutkan. Semoga badai ini segera usai, agar warga Amerika yang sedang mengungsi bisa segera kembali.

    Hasil gambar untuk badai florence

    Hasil gambar untuk badai florence

    Hasil gambar untuk badai florence

    Ini adalah rekaman ketika para astronot mengambil gambar Badai Florence dari ISS, seperti yang telah diunggah oleh ESA Space Flight

    Foto-foto di atas ini diambil oleh para astronot yang sedang bertugas di ISS, dan juga citra yang diambil dari satelit milik NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) Amerika.

    Nah kalau begini, sebenarnya saya jadi makin bingung sama orang-orang yang masih ragu akan keberadaan satelit. Foto-foto dan citra yang sudah begitu jelas ini semoga bisa membawa mereka ke jalan yang benar untuk memahami kalau keberadaan satelit itu benar adanya.

    Sebenarnya hal-hal detail terkait keberadaan satelit ini sudah dijelaskan dengan gamblang di dalam buku Meluruskan Miskonsepsi Bumi Datarnya Saintif, nah kalau kamu masih bimbang atau ingin meluruskan temanmu yang masih ragu, sebaiknya kamu segera membeli buku itu di sini.

    Baca juga:  Begini kata fisika tentang kapal hantu

    Setelah melihat foto Badai Florence dari luar angkasa ini, saya juga jadi kepikiran tentang Planet Jupiter. Kamu pernah lihat foto Planet Jupiter?

    Kalau lupa, ini dia penampakannya.

    Badai Planet Jupiter

    Gambar: Universe Today

    Kamu lihat pola meliuk-liuk di permukaan planet Jupiter itu? Maka ketahuilah bahwa itu adalah badai yang sedang terjadi di permukaan Planet Jupiter.

    Hasil gambar untuk hurricane in jupiter

    Tidak terbayang betapa besarnya badai yang terjadi di Jupiter. Pasti kekuatannya jauh di atas efek dari Badai Florence.

    Dan memang, Jupiter dikenal sebagai planet yang memiliki badai paling besar di tata surya kita.

    Inti Jupiter diselimuti samudera Hidrogen cair dan atmosfirnya dipenuhi awan Hidrogen dan Helium. Tanpa permukaan berbatu yang menghadang angin, badai di Jupiter bisa berlangsung selama jutaan tahun. Mempelajari pergerakan gas di permukaan Jupiter bisa membantu manusia memahami sistem cuaca di Bumi.

     

    Referensi:

    No more articles