Batas Wilayah Indonesia: Astronomis dan Geografis (LENGKAP) Beserta Penjelasan

batas wilayah indonesia

Batas wilayah indonesia secara astronomis adalah 6oLU-11oLS serta 95oBT-141oBT dan secara geografis terletak pada bagian timur, barat, selatan dan utara yang dijelaskan dalam artikel ini.


Ingat dengan aksi ibu Susi Pudjiastuti yang suka menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia? Pasti ingat banget kan, Ibu Susi tidak segan-segan menenggelamkan kapal asing yang masuk melewati batas negara kita dan dari segi hukum aktivitas ini memang illegal karena melanggar kedaulatan negara tanpa izin masuk terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, pentingnya mengenal batas wilayah Indonesia karena dengan memahami hal tersebut, secara langsung akan tumbuh sikap bela negara yang baik sebagai warga negara dan akan lebih mengenal lagi potensi sumber daya alam yang ada di wilayah Indonesia terutama yang ada di daerah perbatasan.

Indonesia adalah negara maritim yang sepertiga bagiannya adalah lautan dengan garis pantai wilayah Indonesia membentang sejauh 81.900 Km.

Selain memiliki batas maritim (laut), Indonesia juga memiliki batas daratan (kontinen). Luas wilayah daratan Indonesia sekitar 1.904.569 km persegi dan memiliki lebih dari 17 ribu pulau di dalamnya.

Batas laut Indonesia terhubung dengan 10 negara dan batas daratnya hanya terhubung dengan 3 negara saja. Nah, secara spesifik batas wilayah di bagi menjadi dua yaitu batas wilayah secara astronomis dan batas wilayah secara geografis.

Batas Wilayah Astronomis

Batas astronomis Indonesia dihitung berdasarkan letak Indonesia pada garis lintang dan garis bujur.

Garis lintang adalah garis khayal yang melingkari bumi secara horizontal sedangkan garis bujur adalah garis khayal yang melingkari bumi secara vertical dan menghubungkan kutub utara dan kutub selatan.

Letak negara Indonesia secara astronomis berada di antara 6 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan serta di antara 95 derajat bujut timur sampai 141 derajat bujur timur atau biasanya dalam penulisan batas Indonesia secara astronomis adalah 6oLU-11oLS serta 95oBT-141oBT.

Baca juga:  Apa itu SKS, IP dan IPK? Penjelasan Lengkapnya

Batas Wilayah Geografis

Secara geografis, batas wilayah Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia (benua terbesar di dunia) dan Benua Australia (benua terkecil di dunia) dan diantara dua samudera yaitu samudera pasifik dan samudera hindia.

Diapit oleh dua benua, Indonesia menjadi negara yang paling strategis karena menjadi lalu lintas perdagangan kapal di seluruh dunia.

Indonesia berbatasan langsung dengan wilayah negara tetangga. Batas ini mencakup batas darat dan laut.

Batas wilayah bagian utara

batas wilayah indonesia bagian utara

Di bagian utara, Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia melalui pulau Kalimantan. Ya, hal ini berarti Malaysia berbatasan dengan perbatasan darat wilayah Indonesia. Sedangkan di batas lautnya Indonesia berbatasan dengan lima negara yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina.

Batas wilayah bagian selatan

Batas wilayah darat di bagian selatan Indonesia berbatasan dengan Timor Leste dan batas lautnya yaitu perairan Australia dan Samudera Hindia.

Batas wilayah bagian barat

batas wilayah indonesia bagian barat

Dibagian barat, Indonesia berbatasan langsung dengan samudra hindia dan perairan negara india.

Nah, untuk batas daratnya indonesai tidak berbatasan dengan negara india ya, karena secara geografis jarak indonsia dengan india terlalu jauh. Oh ya, kedua negara memiliki batas wilayah pulau disekitar Samudera Hindia dan laut Andaman, pulau ini adalah pulau ronde terletak di Aceh dan Pulau Nicobat di India.

Batas wilayah bagian timur

Indonesia dan papua nugini telah menyepakati hubungan bilateral tentang batas-batas wilayah darat maupun laut. Batas wilayah sebelah timur yaitu Provinsi Papua dan batas wilayah Papua Nugini sebelah barat yakni Provinsi Barat (Fly), Provinsi Sepik Barat (Sandaun).

Di bagian timur Indonesia, melalui pulau papua. Papua berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini dan perairan samudra pasifik.

Baca juga:  Sifat Logaritma LENGKAP Beserta Contoh Soal dan Pembahasan

Demikian, penjelasan mengenai batas wilayah indonesia dari segi astronomis dan geografis. kalau dilihat sebagai negara maritim, memang benar wilayah laut indonesia lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratannya.

Hal ini juga diperkuat dengan bukti bahwa di batas laut, indonesia terhubung dengan 10 negara, sedangkan di batas daratnya hanya berhubungan dengan 3 negara saja. Semoga bermanfaat!

About Muhammad Mirza 82 Articles
Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*