Maksud dan Arti Lambang ASEAN beserta Latar Belakangnya

arti lambang asean
Ilustrasi oleh dribbble.com

Arti lambang ASEAN mencerminkan latar belakang, gagasan, serta tujuan dari organisasi persatuan bangsa di wilayah asia tenggara.

Di dunia ini banyak sekali organisasi persatuan berbagai bangsa, organisasi tersebut diciptakan agar manusia di seluruh dunia berdamai dan bekerja sama.

Salah satu organisasi dunia terbesar yaitu PBB (persatuan bangsa-bangsa) yaitu bertujuan mengembangkan hubungan persahabatan antar bangsa atas dasar kesetaraan dan prinsip penentuan nasib sendiri.

Sama seperti PBB, organisasi ASEAN juga didirikan memiliki maksud untuk menjalin persahabatan antar negara dengan cakupan wilayah di Asia tenggara. ASEAN  dibentuk pada 8 Agustus 1967. 

Didirikanya ASEAN ditandai dengan adanya penandatanganan Perjanjian Bangkok oleh 5 menteri luar negeri pendiri ASEAN, yakni:

  • Adam Malik dari Indonesia
  • Narciso R. Ramos dari Filipina
  • Tun Abdul Razak dari Malaysia
  • S. Rajaratnam dari Singapura
  • Thanat Khoman dari Thailand.

Saat ini ada 10 negara ASEAN. 5 Negara ASEAN lainnya yang bergabung yakni Brunei Darussalam (8 Januari 1984), Vietnam (28 Juli 1995), Laos (23 Juli 1997), Myanmar (23 Juli 1997), dan Kamboja (30 April 1999).

arti lambang asean
Gambar 1. Logo ASEAN

Nah untuk mengenal lebih lanjut mengenai organisasi ini, berikut penjelasan mengenai arti lambang dan logo ASEAN!

Lambang 10 Padi Ikat

Dari gambar diatas, terlihat jelas padi mendominasi logo ASEAN tersebut hal ini dilatarbelakangi oleh mayoritas penduduk di Asia Tenggara memiliki kekuatan di bidang agraris.

Selain itu, digunakannya lambang padi untuk menjadi gagasan dasar dari ASEAN adalah karena keinginan dari pendiri ASEAN, yang selalu mau mewujudkan daerah Asia Tenggara, agar makmur dan damai, layaknya padi yang selalu bermanfaat bagi banyak orang, dan selalu dibutuhkan. 

Dulu, lambang ASEAN sendiri juga bergambar 10 padi yang diikat menjadi satu, mengingat karena dulu hanya ada 10 negara asia tenggara yang bergabung.

Baca juga:  Norma Hukum: Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh dan Sanksi

5 Negara pembentuk dan 5 negara yang tergabung yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Warna kuning pada padi 

Warna kuning pada padi di lambang ASEAN melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan 

Tulisan ASEAN

Tulisan ASEAN yang terletak dibawah padi ini sebagai identitas, Bentuk ini mewakili bahwa logo tersebut merupakan lambang resmi.

Lingkaran

Lingkaran warna biru melambangkan perdamaian dan keamanan. Warna tersebut digambarkan sebagai lingkaran dan kata ‘ASEAN’ pada logo.

Lingkaran warna putih melambangkan kesucian 

Lingkaran warna merah mewakili keberanian serta dinamika yang membentuk semangat perjuangan mencapai satu visi dan misi. Merah menjadi warna dasar dalam lambang ASEAN.

Demikian pembahasan mengenai arti lambang asean. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Referensi

  • dosenpendidikan.co.id