Analisis Adalah – Pengertian, Jenis, dan Tujuan [LENGKAP]

analisis adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Analisis adalah sebuah usaha penyelidikan, penjabaran, hingga pemecahan suatu masalah.

Teknik analisis dalam kehidupan sehari-hari tidak sekadar dipakai dalam konteks ilmu sosial. Melainkan analisis juga dipakai dalam semua ranah kehidupan hingga yang paling ilmiah sekalipun.

Guna memperoleh pemahaman yang tepat akan suatu masalah perlu dilakukan sebuah analisis. Hasilnya, akan dijabarkan untuk menyusun solusi terbaik. Dengan menerapkan ilmu tentang analisis, masalah-masalah dalam kehidupan selalu ada jalan keluar.

Menurut Para Ahli Analisis Adalah

Tahukah kamu, bahwa banyak reverensi yang bisa dipakai guna menjabarkan tentang analisis ini? Beberapa teori yang dikemukakan para ahli telah kami rangkum sebagai berikut.

1. KBBI V5

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi 5, analisis mempunyai beberapa pengertian.

  • Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya;
  • Analisis adalah penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya;
  • Analisis adalah pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.

2. Sugiono (2015)

Analisis adalah kegiatan untuk mencari pola, atau cara berpikir yang berkaitan dengan pengujian secara sistematis terhadap sesuatu untuk menentukan bagian, hubungan antarbagian, serta hubungannya dengan keseluruhan.

3. Komaruddin

Pengertian analisis adalah suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungan satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

Pengertian analisis lebih condong kepada sebuah kerangka berpikir sistematis guna menyelesaikan suatu masalah. Namun, dalam praktiknya, analisis juga dipakai dalam metode analitik pencarian data dalam suatu peristiwa.

analisis adalah

3 Jenis Analisis Secara Umum

Sebenarnya, jenis analisis ini diklasifikasikan berdasarkan teknik pengumpulan data. Misalnya, jenis analisis yang dipakai pada pendekatan penelitian kuantitatif tentu saja berbeda dengan penelitian kualitatif. Berikut beberapa jenis analisis secara umum.

Baca juga:  Globalisasi- Pengertian, Ciri-Ciri, beserta Contohnya [LENGKAP]

1. Jenis Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif adalah sebuah proses analitik yang dilakukan untuk mengetahui kecenderungan karakteristik suatu subjek. Maka dari itu, variabel dalam deskriptif selalu umum seperti rata-rata (mean), median, serta modus.

2.  Jenis Analisis Korelasi

Pengertian analisis korelasi merupakan metode analitik yang dipakai untuk menyatakan derajat kekuatan hubungan antara dua variabel penelitian. Analisis korelasi dibagi menjadi dua, yaitu korelasi pearson dan korelasi spearman.

3. Jenis Analisis Komparatif

Analisis komparatif adalah analisis perbandingan. Sering dipakai dalam pendekatan penelitian kuantitatif. Digunakan untuk mencari jawaban dari usaha mendasar seperti sebab-akibat, jadi dalam penelitian tersebut sampel bisa hingga diberi perlakukan.

Fungsi Analisis Terkait Pengumpulan Data

Sebagaimana telah dijelaskan dalam pengertian di atas, fungsi analisis adalah untuk mengumpulkan, mengolah, sampai penggunaan data yang didapatkan. Bisa untuk memecahkan masalah, memperjelas situasi, maupun dalam konteks yang lainnya.

Banyaknya jenis atau teknik melakukan analisis, tentunya masing-masing teknik tersebut dapat diterapkan dalam lingkungan serta keadaan kompleks yang berbeda. Sasarannya yaitu mengetahui data dari sebuah peristiwa atau permasalahan dalam lingkungan tersebut.

Tujuan Analisis

Perlu ditekankan bahwa tujuan analisis adalah tergantung dari apa yang dikehendaki pelaku analisis. Tujuannya dengan menganalisis data bisa berupa penyelesaian suatu masalah, mencari solusi yang tepat, membaca detail perkembangan, dan sebagainya.

  1. Memperjelas, klasifikasi, evaluasi, dan memperbaiki bagian yang kurang.
  2. Untuk kebutuhan masing-masing pelaku analisis.
  3. Melakukan uji coba, efisiensi, serta keamanan.
  4. Dipakai untuk perencanaan dan penentuan tindakan.
  5. Dll.

Ingatlah bahwa, tujuan akhir yang paling mendasar dalam sebuah analisis adalah kesimpulan. Semua proses sebelum hingga setelah analisis, merupakan sebuah upaya untuk mencapai tujuan yang disebut sebagai kesimpulan.

Sedang menyelesaikan studi di Kota Bandung

Be the first to comment

Leave a Reply