10 Alasan yang dapat gunakan saat melamar pekerjaan

alasan melamar pekerjaan
Ilustrasi oleh dribbble.com

Alasan melamar pekerjaan biaasanya menentukan seseorang untuk lolos di seleksi penerimaan pegawai. Berikut alasan yang bagus dan menarik dalam melamar pekerjaan.

Memiliki pekerjaan sepertinya menjadi impian semua orang, apalagi memiliki pekerjaan yang sesuai dengan keahlian. Biasanya dalam usaha memperoleh pekerjaan seseorang memerlukan beberapa proses antara lain melamar, interview hingga diputuskan diterima kerja. 

Proses dalam memperoleh pekerjaan tersebut sangat beragam, tergantung dari penyedia lapangan kerjanya. Namun ada satu proses yang tak jarang sebagai “eksekutor” dalam mendapat pekerjaan, pasalnya proses ini menjadi penentu apakah kamu diterima kerja atau malah ditolak. Proses ini dikenal dengan Interview. 

Nah dalam menjawab pertanyaan interview, Saintif sudah menyiapkan beberapa jawaban yang bisa kamu kembangankan ketika seorang HRD menanyai alasan kamu bekerja di perusahaanya. Simak jawabanya berikut ini!

Ketika melamar di perusahaan perbankan

 “Saya ingin bergabung karena perusahaan ini salah satu leading company perbankan.” dengan jawaban di atas dapat menandakan bahwa kalian paham akan dunia perbankan dan memiliki kesan baik bahwa kalian peduli dengan perusahaan yang kamu lamar. 

Ketika melamar di perusahaan startup 

 “Saya menyadari kalau perusahaan ini sedang berkembang dengan pesatnya Dan Saya ingin menjadi bagian dalam bisnis yang tengah berkembang” dengan memberikan pernyataan diatas berarti kamu siap berkomitmen dan berkembang dalam perusahaan. Jawaban tersebut juga memberikan kesan bahwa kamu pribadi yang optimis

Baca juga:  Fungsi Pajak Adalah: Fungsi, dan Jenisnya [LENGKAP]

Ketika melamar di perusahaan yang bergerak pada bidang kecantikan

“Saya telah banyak membeli produk-produk dari anda selama bertahun-tahun, saya khususnya selalu merekomendasikan produk “x” kepada teman-teman terdekat saya, jadi saya sangat senang saat ada peluang lowongan yang sesuai dengan kemampuan saya.

Saya percaya bahwa kunci untuk kesuksesan sebuah merek adalah kesenangan dari customernya, dan berdasarkan dari pengalaman, saya tahu bahwa hal tersebut merupakan prioritas bagi anda.” jawaban ini memberikan kesan bahwa kamu memiliki loyalitas pada perusahaan. 

Ketika melamar diperusahaan kreatif

“Saya ingin mencari tantangan yang baru, dengan tantangan yang baru maka otak saya akan dipaksa berpikir dan bertindak lebih kreatif” dengan jawaban ini menunjukan bahwa anda benar-benar berminat dan ini akan meyakinkan HRD

Perusahaan yang memerlukan kriteria mau ditempatkan dimana saja 

 “Saya ingin ikut ambil peran dalam pembangunan termasuk jika harus bertugas di daerah atau luar pulau Jawa.” dengan pernyataan ini berarti kamu sudah siap untuk ditempatkan dimana saja. Dan ini akan menjadi nilai plus dalam penilaianmu oleh HRD

Ketika melamar perusahaan yang berbasis target 

“Saya merupakan orang yang berorientasi pada target, sehingga saya akan bersemangat dan terpacu untuk mencapai target” dengan jawaban seperti ini mungkin HRD akan menyukaimu lebih jauh tentang target apa yang akan kamu capai namun kamu harus tenang dan kuasai diri ya…

Ketika melamar di perusahaan manufaktur

“Saya sendiri sebenarnya selalu mengagumi komitmen bisnis anda untuk terus melakukan usaha sumbangsih. Saat saya pernah baca bahwa perusahaan anda bekerja dengan partner manufaktur untuk memproduksi masker di fasilitas anda sendiri untuk para pekerja medis.

Saya berpikir bahwa itu adalah perusahaan dimana saya ingin bekerja di tempat tersebut, berbagi dengan sesama selalu menjadi filosofi hidup saya, oleh karena itu saya bersemangat untuk berkontribusi di tempat yang sama.” dengan jawaban meyakinkan ini HRD akan menilaimu sebagai orang yang memiliki empati dan kepedulian yang tinggi

Baca juga:  Resiko: Pengertian berbagai Ahli, Jenis dan Cara Manegement Resiko

Ketika melamar di perusahaan jasa 

“Saya sangat menyukai kegiatan berkomunikasi dengan sesama dan saya pikir dengan saya memberikan pelayanan terbaik maka pelanggan akan senang dan meningkatkan kepercayaan pada perusahaan ini” 

Ketika melamar di perusahaan otomotif

“Saya tertarik dengan bidang otomotif dan saya mau belajar di perusahaan ini. Saya juga pernah berpengalaman bekerja di bagian otomotif. Beberapa kemampuan yang saya miliki yaitu xxxx” 

Ketika melamar di perusahaan retail

“Saya tertarik dan mau belajar di perusahaan bapak/ibu, saya menyukai kerapian dan teliti pada apapun. Saya dengan kemampuan saya, saya dapat bekerja  di perusahaan ibu /bapak” 

Itu tadi merupakan beberapa jawaban yang bisa kamu pakai dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat dan semangat para pejuang kerja!

Referensi 

  • 99.co

Be the first to comment

Leave a Reply