Akomodasi Adalah – Pengertian dan Jenisnya [LENGKAP]

ilustrasi oleh dribbble.com

Akomodasi adalah sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian.

Ketika bepergian, apakah kamu pernah mendapat tawaran akomodasi terbaik? Atau ketika berlibur ke suatu tempat, akomodasi adalah sesuatu yang selalu ditawarkan kepada kamu. Jadi, sebenarnya akomodasi itu apa?

Dalam artikel berikut akan kami jabarkan pengertian dan jenis akomodasi. Pastikan kamu menyimak sampai selesai, jangan malas membaca ya. Supaya ketika ditanya tentang tawaran akomodasi, kamu tidak lagi bingung.

Pengertian Akomodasi Adalah

Dalam KBBI V5, akomodasi didefinisikan sebagai sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian. Penerapan dari definisi tersebut yang dimaksud ketika mendapat tawaran berlibur lebih condong ke tempat tinggal.

Namun sebenarnya yang dimaksud akomodasi tidak sekadar tempat tinggal saja. Hanya saja, lebih banyak menjurus ke situ. Kalau dalam konteks umumnya, akomodasi bisa berbentuk barang lain. Intinya dipergunakan sebagai penunjang kebutuhan orang bepergian.

Sedangkan dalam konteks sosial, akomodasi adalah sebagai penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan, sehingga tujuannya pun sudah berbeda. Kamu mesti memperhatikan konteks, penggunaan kata akomodasi dalam bidang apa.

Dalam konteks sosial tersebut akomodasi sebagai sesuatu untuk menciptakan keadaan stabil. Akomodasi berperan mempertemukan beberapa pihak yang saling bersitegang. Kemudian menyelesaikan masalah untuk menghindari konflik berkepanjangan.

Nah, berdasarkan dua pengertian akomodasi tersebut, memahami sesuatu mesti diperhatikan dalam konteks apa. Kalau saat terjadi konflik tertentu, tidak mungkin akomodasi diartikan sebagai pemenuhan kebutuhan seperti hotel. Melainkan sikap untuk melerai, penyesuaian, guna meredakan konflik.

akomodasi adalah

Jenis Akomodasi Adalah

Tahukah kamu bahwa akomodasi yang paling populer ditawarkan adalah hotel dan motel? Namun selain itu masih banyak jenis akomodasi yang dapat kamu dapatkan. Inilah daftar dari beberapa akomodasi tersebut.

1. Hotel dan Motel

Akomodasi jenis hotel dan motel sebenarnya hampir sama, namun memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Selain dari segi biaya, hotel tentunya lebih mahal.

Letak bangunan keduanya juga berbeda. Meski sama-sama merupakan penginapan, motel bisa dibilang versi mini dari hotel.

Hotel adalah akomodasi berbentuk bangunan banyak kamar yang disewakan untuk tujuan komersial, terdapat pelayanan, penginapan, dan fasilitas makan dan minum.

Sedangkan motel adalah penginapan yang sebenarnya dikhususkan bagi orang bepergian. Motel sendiri merupakan kependekan dari mobil hotel atau motor hotel.

2. Apartemen

Akomodasi berupa apartemen memiliki jangka inap cukup lama.

Berbentuk rumah yang tergolong mewah dengan beragam fasilitas seperti dapur, kolam renang, halaman hijau, pusat kebugaran, dan sebagainya. Posisi apartemen berada dalam salah satu lantai di bangunan bertingkat.

3. Mess, Indekos, dan Kontrakan

Ketika hendak melamar pekerjaan, fasilitas yang ditawarkan tentang akomodasi adalah mess, indekos, maupun kontrakan. Ketiganya mempunyai fungsi yang berbeda.

Mess sendiri dikhususkan bagi karyawan suatu perusahaan, bisa disebut indekos jika letaknya berpetak-petak (tanpa makan). Bisa disebut kontrakan jika diletakkan dalam satu rumah yang disewakan.

4. Losmen

Kamu ingin menginap dengan tenang tanpa diganggu fasilitas makanan yang datang? Yang cocok untuk akomodasi adalah losmen.

Di pinggiran kota besar, losmen disewakan dengan harga bersaing dengan motel. Tempat yang terjaga dan lebih rapi, akan menambah biaya sewa yang kamu alami.

5. Asrama

Akomodasi yang sering ditawarkan, khususnya bagi seorang pelajar atau mahasiswa adalah asrama. Perbedaan dengan indekos atau kontrakan, kalau asrama ini mempunyai aturan dan pengawas yang disebut sebagai kepala asrama.

Jadi setiap aturan harus dipatuhi seperti tidak boleh keluar lebih dari pukul 10 malam, tidak boleh menginapkan lawan jenis, dan sebagainya.


Kesimpulannya, akomodasi mempunyai beberapa arti tergantung pada situasi dan kondisinya.

Jenis akomodasi yang paling sering ditawarkan adalah penginapan, untuk hal lebih rinci bisa lihat pada uraian di atas. Sudah jelas kan sekarang, akomodasi adalah apa?

Artikel Terkait